Jumat , 22 Oktober 2021
Home / PELUANG / Inspirasi Usaha / Delapan Titik Kedai Martabak Manis Terenak di Jakarta

Delapan Titik Kedai Martabak Manis Terenak di Jakarta

martabakJakarta, channelsatu.com: Tentu sangat gampang jika Anda mencari camilan bernama martabak. Pada setiap pojok jalan, terutama dekat pasar (termasuk pasar kaget) atau pusat keramaian , mudah menjumpai kedai yang menjajakan jajanan yang tergolong populer di Indonesia. Umumnya kedai martabak menawarkan dua jenis, yakni martabak basah yang biasa disebut martabak telur dan martabak manis.

Jenis martabak manis inilah yang paling banyak omzetnya ketimbang martabak telur, tapi sebenarnya itu tergantung wilayahnya. Berdasarkan pantauan ChannelSatu.com, kedai martabak di wilayah Pecenengon, Jakarta Pusat, martabak manis yang menjadi pilihan.

Sejumlah kawasan di lima wilayah Jakarta, paling tidak memilik kedai martabak manis maupun martabak telor yang menjadi favorit penikmat cemilan yang sebetulnya seperti pancake, karena menggunakan adonan kue. Di Pecenongan, Jakarta Pusat terdapat kedai martabak yang paling top yaitu Martabak 65A.

Martabak 65A Bandung Asli Pecenongan sudah menjadi legenda. Dinamakan 65A lantaran nomor tempat mangkalnya yang berada di daerah Pecenongan, tidak jauh dari Hotel Red Top. Daerah Pecenongan ini merupakan salah satu sentra kuliner di ibukota Republik Indonesia, selain kawasa kuliner Tanah Abang, Kelapa Gading, Ancol dan daerah Kota.

Bagi yang suka menjelajah sekaligus yang doyan makan, tentu tidak asing dengan wilayah Pecenongan yang sudah menjadi pasar malam khusus menjajakan makanan sejak tahun 1970-an. Sekarang ini berderat atau sejumlah warung tenda saling menawarkan makanan dengan menu andalannya. Tidak terkecuali Martabak 65A Bandung Asli Pecenongan berdasarkan isi dengan porsi spesial atau reguler.

Ada martabak telor isi hanya sayuran, ayam, tuna, jamur, jamur sapi, corned, sapi dan jamur ayam. Sedang martabat manis pilihannya sangat beraneka ragam mulai dari isi keju, kacang, pisang, kismis dan coklat. Dari dua jenis martabak yang ditawarkan di Martabak 65A, para penggemar camilan itu, mengakui bahwa martabak manis yang paling enak ketimbang martabak telor. Mereka memesan dengan rela mengantre.

Di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, martabak manis biasa disebut kue terang bulan. Bolehjadi karena bentuknya yang bunder dan dijajakan hanya pada malam hari, sehingga mendapat julukan demikian. Kedai Martabak 65A juga bukanya pada malam hari. Tidak terkecuali tujuh kedai martabak yang berada di Jakarta, di lima wilayah : Pusat, Selatan, Utara, Barat, Timur .

Delapan kedai martabak manis yang terenak di Jakarta versi ChannelSatu.com, baiklah disebut :

1. Martabak Gendut,Jalan Wolter Monginsidi (Santa), Jakarta,
2. Martabak AA di Jalan Minangkabau (Manggarai), Jakarta Selatan.
3. Martabak 65A yang baru buka pukul 18.00,
4. Martabak Erwin di Jalan Raya Hankam (TMII),
5. Martabak Alim, Jalan Cipinang Jaya, Jakarta Timur,
6. Martabak ala RM Indo Gaya Raya berada di Jalan RS. Fatmawati, Jakarta Selatan,
7. Martabak Bandung Jala , Jalan Pluit Sakti (Pluit) , Jakarta Utara.
8. Martabak Rudy Jalan Kelapa Nias (Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara.

Menyebut kata martabak yang punya akar kata mutablag, berarti dilipat dalam Bahasa Arab. Asal martabak dari Yaman, kabarnya. Namun camilan ini juga kondang di India, Arab Saudi, sampai menyeruak ke Thailand, Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

Delapan kedai martabak manis di lima wilayah Jakarta yang terenak versi ChannelSatu .com adalah martabak legendaris. Para pemilik kedai martabak itu , rata-rata sudah 30 tahun berdagang. Jadi, hafal betul selera pembeli maupun penggemar camilan ini. Proses pembuatan martabak tidak berbeda jauh dengan adonan kue, yang sudah siap masak, lantas dituangkan secara merata ke cetakan yang sudah panas.

Apabila adonan yang sudah matang, lalu diangkat dan diolah kembali dengan menambahkan sejumlah topping alias isi martabak yang beraneka ragam. Di beberapa kedai martabak manis menawarkan pula menu toblerone dan nutella. Pembuatan martabak kedua menu tersebut sama saja.

Jika nutella adalah cokelat hazelinut dalam entu selai. Dan toblereno yang aslinya berbentuk batang sehingga dipotong hingga menjadi kecil. Kedua bahan itu dicampurkan sebagai tropping terakhir, setelah keju dan susu kental manis. Sungguh, benar-benar baunya merasuk hidung, begitu harum serta wangi.

Hampir semua kedai martabak manis mengambil konsep Bandung, Jawa Barat, yaitu ketebalan martabaknya (seperti daging) tidak terlalu manis. Sejatinya rasa dari delapan kedai martabak, daging martabak terasa sekali lembut dan tebal, tetapi tidak terlalu padat.

Sementara rasa martabak toblerone maupun nutella tidak dipungkiri berasal dari topingnya. Biasanya martabak toblerone menggunakan jenis cokelat putih dan cokelat susu, makanya terasa kuat baunya. Sedang mengenai rasa, jelas berbeda dengan rasa cokelat meses, termasuk tanpa rasa manis yang seperti menusuk tenggorokan.

Apabila Anda melewati jalan yang menjadi tempat mangkal kedai martabak manis terenak versi ChannelSatu .com di lima wilah Jakarta, janganlah lupa mampir untuk membeli dan membawa pulang. Sangat istimewa martabak manis pilihan ChannelSatu.com. Harga satu porsi (reguler atau spesial), dipotong menjadi 16 potong, antara 85 ribu rupiah sampai seratus ribu perak.

Satu porsi bisa untuk satu keluarga, lima orang. Ya, janganlah pandang masalah harga, tapi rasakan nikmatnya yang istimewa. Benar-benar terenak, karenanya cobalah. (Syamsudin Noer Moenadi, jurnalis dan pemerhati kuliner).  Foto: Ilustrasi.

About ibra

Check Also

Wong-Hang-Tailor-bersama-generasi-ke-tiga-dan-empat-foto-Ist

Ini Rahasia Kesuksesan Wong Hang Tailor, Ampuh Pakai Resep Kuno

Jakarta, channelsatu.com: 88 tahun sudah Wong Hang Tailor berdiri kokoh. Dari sejak tahun 1933 Wong …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *