Senin , 22 Juli 2019
Home / PELUANG / Inspirasi Usaha / Menikmati Keindahan Batik Pada Sebuah Hotel

Menikmati Keindahan Batik Pada Sebuah Hotel

Batik di Hotel. Foto: Ist.
Batik di Hotel. Foto: Ist.

Jakarta, channelsatu.com: Semangat untuk menghadirkan kain tradisional Indonesia, di antaranya Batik, dalam kehidupan sehari-hari kini semakin meningkat. Tidak hanya untuk busana semata, kain tradisional juga dapat digunakan sebagai aksen yang mempercantik berbagai ruangan, termasuk kamar hotel.

Penggunaan kain tradisional Batik misalnya, tentulah akan membuat suasana kamar hotel semakin hangat dan menarik. Sehingga tamu dibuat betah, kendati dalam urusan bisnis yang mengandalkan ikonik waktu adalah uang, dan akhirnya menjadi lama menginap. Sertamerta tidak hanya tinggal dalam sehari, bisajadi menambah satu hari atau dua lagi untuk berlibur.

Itulah kesan yang terpatri begitu memasuki The Bellevue Suites, hotel bisnis yang terletak di lokasi strategis, tepatnya di Jalan Haji Nawi No. 1, Radio Dalam, Jakarta 12420. Hanya lima sampai sepuluh menit menuju mal Pondok Indah 1 dan 2, dan tidak jauh dari lapangan golf Pondok Indah.

Di sekitar hotel memang banyak gedung perkantoran, juga berbagi tempat makan, kafe  maupun tempat hangout favorit. Sementara di hotel sendiri, jika ingin mengadakan rapat, tersedia ruang meeting, yaitu ruang Anjani dengan kapasitas 79 orang, Srikandi 79 orang, dan ruang Manohara 86 orang. Ketiga ruangan tersebut yang nyaman itu, selain bisa didesain untuk rapat, pun dapat memenuhi kebutuhan untuk seminar, acara ulang tahun, bahkan pernikahan.

The Bellevue Suites sengaja menghidupkan nuansa etnik pada publik area hotel, dan hal itu jelas sekali memberikan kesan tentang suatu tempat persinggahan yang demikian lekat dengan budaya. Berada di lobi hotel, seperti ada di toko butik Batik , terasa betul sentuhan motif Batik dari pillow case hingga lantai. Lebih-lebih pada background of receptionis, himpunan mold batik cap dijadikan ornamen dengan berbagai motif.

Pilar-pilar yang terdapat di ruangan lobi, dibungkus dengan metal metal cutting bermotif parang. Konon dibuat oleh perajin asal Yogyakarta. Tidak diingkari hotel ini didesain dengan memadukan desain modern dan interior tradisional Jawa.  Ya, tidak semua ruangan yang didesain Batik, sekitar 20-20 % , khususnya public area.

Pintu ruang meeting, Anjani, Srikandi dan Manohara, didekorasi Batik. Nama-nama ruangan meeting itupun menguatkan kesan sentris Jawa. Motif Batik juga ada di dinding kaca guest room. Tidak luput pula  pada business center yang melampirkan ornamen Batik pada backgroundnya. Juga di pintu masuk Kedaton Terrece, kesan etnik  mencuat antara eksterior dan interior.

Dalam menikmati keindahan Batik di The Bellevue Suites tidak melulu di ruang terbuka publik, tetapi juga di male rest room, sebagai detil penguat kesan tradisional. Di hotel ini ada 156 kamar dengan tiga macam tipe, yaitu Superior, Deluxe dan Junior Suites. Setiap kamarnya dilengkapi fasilitas moden, termasuk mini bar dan safe deposit box.

Khusus kamar Junior Suites, setiap unit terdiri dari dua kamar, satu master bedroom dengan king size bed dan satu second bedroom dengan single bed, living room kitchen dan dining table. Ya, pastilah hotel ini memiliki fasilitas kolam renang semi open air, gym dan spa yang terletak di lantai tiga.

Mengenai makanan minuman, Anda sekeluarga tidak perlu susah pacah keluar hotel. Kecuali sengaja mencari tempat hangout favorit di sekitar hotel. Di Hotel ini ada The Angsana dan Kedaton Terrace yang bersuana modern dan cozy. Di dua tempat itu  berbagai makanan minuman Indonesian dan Western bisa dinikmati yang rata-rata rasanya enak, teristemewa Nasi Goreng Nusantara.

Singkatnya The Bellevue Suites adalah hotel bisnis yang berorientasi pada kepuasan, kenyamanan serta keamanan bagi tamu-tamunya. Apa yang dilakukan pengelola hotel tersebut dijalankan secara professional. Maklum pengelola berlatar belakang  hospitality industry yang loyal dan bekerja dengan hati.

Tidak diingkari The Bellevue Suites merupakan persinggahan yang lengket khususnya dengan budaya  Jawa. Lagu-lagu bertemakan tradisonal selalu berkumandang di area restoran lobi hotel dan di setiap kamar, ketika waktu sarapan pagi. Sejatinya Batik sudah menjadi bagian sentral dari hotel bisnis ini, dan bagaimanapun merupakan suatu upaya yang patut diberi ucapan oke dalam melestarikan budaya bangsa.

Sejarah Batik Indonesia adalah sejarah warisan leluhur dari generasi ke generasi. Istilah Batik berasal dari amba, ucapan bahasa Jawa, yang artinya menulis dan nitik. Kata Batik sendiri merujuk pada teknik pembuatan corak, menggunakan canting atau cap, dan pencelupan kain dengan menggunakan bahan perintang warna corak, bernama malam alias lilin yang diaplikasikan di atas kain sehingga menahan masuknya bahan pewarna.

Jadi, kapan mernginap di The Bellevue Suites?  Ditunggu kedatangannya. (Syamsudin Noer Moenadi, Jurnalis, Pemerhati Pariwisata dan Redaktur channelsatu.com).

About ibra

Check Also

Lea Elfara Sekjend Kadin Fashion Desaigner of Indonesia. Foto: ist.

Lea Elfara Yakin Kadin Fashion Designer of Indonesia, Optimis Mampu Bersaing Merebut Pasar Nasional

Jakarta, channelsatu.com: Di salah satu catwalk di Jakarta Covention Center (JCC), Rabu (27/3/2019) kemarin para …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *