Sabtu , 18 November 2017
Home / Talk / Gado-Gado / Inilah Asupan Bergizi Sebelum Makan Pagi

Inilah Asupan Bergizi Sebelum Makan Pagi

Pisang. Foto: Ilustrasi.
Pisang. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com: Usai manggung di The Ritz Carlton Jakarta, pertengahan Januari 2017, pelantun tembang “ (Everything I do) I Do It For You“, yakni Bryan Adams ditanya jurnalis tentang kiat menjaga stamina, sehingga mampu tampil atraktif dan sanggup menyanyikan 20 lagu tanpa kelelahan selama pementasan.

Apa kata Bryan Adams, “Saya menjaga pola makan. Saya vega, tidak memakan daging merah. Sebelum makan pagi, secara rutin saya memakan buah-buahan serta salad, terutama buah pisang dan brokoli.” Pernyataan Bryan Adams bukanlah mengada-ada. Justru para ahli gizi, pakar nutrisi mengiyakan, sependapat dan sepakat bahwa buah pisang dan sayuran brokoli adalah asupan sehat dan memang mengandung banyak gizi.

Sebelum mengupas perihal buah pisang, sayuran brokoli ditambah dua jenis asupan lain yaitu wortel dan buah mangga yang merupakan asupan sehat sertamerta lebih bagus disantap menjelang sarapan, perlulah diinfokan Bryan Adams kondang lantaran lagu “(Everything I do) I Do It For You“ yang menjadi soundtrack film bertajuk Robin Hood: Prince of Thieves, dibintangi Kevin Costner pada tahun 1991.

“Brokoli asupan makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rutin, saya menyantap sayuran itu. Sebelum sarapan, saya makan salad dulu, baru buah pisang dan terkadang anggur, “cetus Bryan Adams. Tidak dipungkiri sayuran Brokoli dijuluki sayuran super food. Hal ini karena memiliki banyak nutrisi penting untuk metabolisme tubuh.

Brokoli  memiliki peran multifungsi, sebagai sumber energi atau karbohidrat, sumber serat yang baik, serta mengandung  vitamin dan mineral. Serat pada brokoli dipercaya baik untuk kesehatan jantung sebab mampu mengendalikan penumpukan kolesterol dalam darah. Sedangkan kandungan vitamin A yang terdapat di brokoli berguna mendukung kesehatan mata.

Vitamin C di dalam brokoli juga mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Vitamin C ini juga berperan sebagai sumber antioksidan yang membantu tubuh memerangi radikal bebas. Lantas vitamin K dan potassium pada brokoli membantu kerja jantung dan otot lebih baik. Studi ilmiah membuktikan, rutin mengasup brokoli mampu mengurangi resiko terkena kanker berkat kandungan sulforaphane.

Mengenai buah Pisang yang mempunyai kandungan nutrisi tinggi seperti kalsium, asam folat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, fosfor, zat besi dan magnesium. Kekayaan nutrisi di dalam buah pisang membantu tubuh untuk membangun dan meregenerasi jaringan tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan kalsium pada pisang membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh. Pisang juga membantu mengatasi kekuarangan sel darah merah atau anemia, berkat kandungan zat besi yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja percernakan.

Selain itu, buah pisang pun bisa membantu menyehatkan tulang, lantaran mengandung kalsium yang cukup tinggi. Sekadar diketahui, pisang matang berwarna  kuning dengan bercak cokelat mengandung serat yang mudah larut dalam tubuh. Pisang jenis ini bisa  mengatasi sembelit dan diare, serta kaya potassium, sehingga membantu memberikan energi lebih, teristimewa pada anak-anak.

Bagaimana dengan buah mangga? Memiliki betakaroten lebih banyak dari buah-buah lain. Semakin gelap warna dagingnya semakin tinggi kandungan betakaroten di dalamnya. Nutrisi inilah yang menjadi sumber antioksidan yang kuat. Mangga juga kaya vitamin A yang baik untuk mendukung penglihatan, meningkatkan imunitas, menyehatkan kulit serta mendukung pertumbuhan tulang, alih-alih pada bayi.

Mangga pun mengandung vitamin C yang terbuti membantu mempercepat penyembuhan luka, memelihara kesehatan dan menjaga fungsi otak. Banyaknya serat di dalam buah mangga, juga membuatnya baik dikonsumsi untuk mencegah sakit pencernakan dan penambah nafsu makan.

Terus, soal sayuran Wortel? Wortel dikenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk menyehatkan mata. Vitamin A pada wortel juga dapat membentu mencegah diare dan penyakit saluran nafas. Masih banyak kebaikan yang didapat dari sayuran wortel untuk kesehatan.

Setidaknya sayuran wortel mampu melancarkan sistem pencernakan dan menguatkan sistem imunitas. Pasalnya vitamin C di dalam sayuran wortel dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Wortel bisa pula menjadi sumber serat yang bagus, sehingga dapat mengatasi sumber sembelit. Tidaklah lupa wortel pun baik untuk mencegah asma, sebab asupan betakaroten di dalamnya telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi serangan asma.

Itulah asupan makanan sehat : Buah pisang, mangga, sayuran brokoli dan wortel, yang perlu Anda konsumsi sebelum sarapan. Penyanyi Bryan Adams secara rutin menyantap buah-buahan segar dan sayur dalam menu harian. Tidak heran dalam usia yang senja , berusia 57, penyanyi asal Kanada tetap prima penampilannya.

Kiranya Anda pun bisa melakukan dan hendaknya setiap pagi dipastikan  mengasup  buah dan sayuran terlebih dulu. Setelah itu barulah mengonsumsi menu karbohidrat seperti nasi.  Ya, itulah  asupan makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem  kekebalan tubuh. Ayo, mulai sekarang menyantap asupan makanan sehat tersebut. (Syamsudin Noer Moenadi, Jurnalis, Pemerhati Kuliner dan Redaktur channelsatu.com)

About ibra

Check Also

Sutradara Albiner Sitompul, (mantan Kepala Biro Pers Media dan Informasi Istana Negara), paling kiri, bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, dan istrinya, Triwatty. Didampingi Albert Indra (Produser), dan Eddie Karsito (Supervisor Produksi) paling kanan, saat beraudiensi di kediaman mantan Kepala Badan Intelijen Negara ini, di Jakarta, Jum’at (16/10/2015). Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, selaku Tokoh, Pelindung dan Penasehat Gabema (Perkumpulan Besar Masyarakat Tapanuli Tengah) Sibolga – Foto Istimewa.

Pementasan Drama “Jambar Ni Parsubang” Dengan Konten Kearifan Lokal Segera digelar di TIM

Jakarta, channelsatu.com: Sejarah bangsa sejak era Kebangkitan Nasional, Kemerdekaan, hingga Reformasi selalu tumbuh bersama ‘anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *