Rabu , 26 Juli 2017
Home / Talk / Gado-Gado / Boleh Percaya Boleh Tidak? Ini Tulisan Tangan Si Pitung

Boleh Percaya Boleh Tidak? Ini Tulisan Tangan Si Pitung

tulisan tangan PitungJakarta, channelsatu.com: Di wikipedia jawara Betawi Si Pitung yang kesohor di tahun 1831 di sebutkan lahir di daerah Pengumben di sebuah kampung di Rawabelong Jakarta. Babenya bernama Bang Piung dan Emaknya bernama Mpok Minah. ia sendiri punya nama Salihun atau Salihoen.

Pitung yang menjadi musuh utama penjajah Belanda karena suka membela kaum yang lemah dengan caranya sendiri, konon adalah anak yang baik dan soleh lagi cerdas. Ia pun sempat masuk pesantren milik gurunya Haji Naipin asal Banten.

Selain sakti, kecerdasan Si Pitung bisa dikatakan tak perlu diragukan. Ia pandai menulis dan membaca. Tulisan tangannya yang diperlihatkan pada channelsatu.com pada Rabu (16/10) malam boleh dipercaya boleh juga tidak. Jelasnya tulisan yang dimediasih melalui titisannya Firman Pitung, begini bunyinya : “Muhamad Udin..Pitung Bin Ahmad.”Firman Pitung

Dan tulisan tangan ini, dimaksudkan kalau ia mengaku bisa menulis dan membaca.

Keterangan ini di sisi lain mungkin maksudnya menjelaskan kalau dirinya bernama asli Muhamad Udin dan ayahnya bernama Ahmad. Sementara di Wikipedia, jagoan Betawi ini dituliskan bernama Salihun atau Salihoen. Sedang babenya bernama Piung.

Mana yang benar, rasanya biarlah waktu yang menjawabnnya..?

Namun populeritas Si Pitung dan keharuman namanya tak akan pernah luntur bagi masyarakat Betawi. Karena terus menjadi legenda yang banyak menyimpan misteri.

Kisah perjalanan hidupnya pun sempat di layar lebarkan dari 1970 – 1989, diantaranya:

About ibra

Check Also

Aksi berani anak-anak di Taro Rangers Camp. Foto: ist.

Taro Rangers Camp 2016, Dukung Pembentukan Karakter Anak Indonesia

Jakarta, channelsatu.com: Melanjutkan kesuksesan Taro Rangers Camp 2015 dan merepon antusiasme yang muncul, Taro Rangers …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *