Kamis , 2 Februari 2023
Home / Hot News / Megapolitan / Penanaman Pohon dan Bakti Sosial Hari Bakti Rimbawan 2013

Penanaman Pohon dan Bakti Sosial Hari Bakti Rimbawan 2013

Jakarta, channelsatu.com: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menghadiri acara Penanaman Pohon dan Bakti Sosial dalam rangka Hari Bakti Rimbawan di Hutan Kota Waduk Sunter Utara, Kelurahan Papanggo, Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/3). 

 

Turut hadir dalam acara ini Menteri Pekerjaan Umum  Djoko Kirmanto  dan Deputi Gubernur DKI Bidang Pengendalian Kependudukan dan Pemukiman serta beberapa pejabat di lingkungan Kemenhut.

 

Dalam sambutannya Menhut menyatakan bahwa “Kebijakan Hutan Kota di beberapa pemerintah kota mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat yang ditunjukkan dengan meningkatnya semangat menanam pohon yang tinggi.

 

Menurut Menhut Penanaman pohon di wilayah DKI Jakarta ini perlu untuk dilakukan sehingga Ruang Terbuka Hijau akan bertambah. Hutan Kota yang dibangun, seperti yang saat ini kita lakukan di areal waduk dan pemukiman, menjadi tipe perlindungan sekaligus rekreasi.

 

Sebelum melaksanakan penanaman pohon Menhut menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba penanaman pohon Hari Bakti Rimbawan Tahun 2008 dan 2012 serta pemberian  bantuan kepada masyarakat  dan sekolah yang ada disekitar wilayah Kelurahan Papanggo yang diberikan secara simbolis.

 

Setelah penanaman, Menhut menyempatkan diri untuk meninjau pelaksanaan pengobatan gratis dari Poliklinik Kementerian Kehutanan bagi masyarakat sekitar wilayah Kelurahan Papanggo.

 

Selain hutan kota dan program tanam dan pelihara pohon Indonesia, Menhut juga menyatakan bahwa DKI Jakarta sudah bakat banjir, dikarenakan 3 DAS (Citarum, Cisadane dan Ciliwung) seluar sekitar 200.000 ha menggelontorkan aliran air pada DKI Jakarta seluas 65.000 ha.  Adapun rincian neraca air DAS Ciliwung ke DKI Jakarta, berikut kegiatan konservasi tanah dan air yang nyata dapat meningkatkan kualitas pengelolaan DAS Terpadu. (ibra)

About ibra

Check Also

IMG-20210820-WA0068

Ayu Azhari, Wabah Covid 19 Musuh Kita Bersama

Lebak, Banten- Channelsatu.com: Prihatin dengan kondisi rakyat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19, Ayu …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *