Senin , 21 Agustus 2017
Home / Talk / Gado-Gado / Singapura Mendominasi Investasi Sektor Pariwisata Indonesia

Singapura Mendominasi Investasi Sektor Pariwisata Indonesia

salah satu objek wisata di Bandung. Foto: Ilustrasi.
salah satu objek wisata di Bandung. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com. Realisasi investasi sektor pariwisata Indonesia pada Januari –September 2016 sebesar US$ 1.094 juta atau tumbuh 23 % dibanding periode yang sama tahun 2015, demikian penjelasan yang tertuang dalam rilis Kementerian Pariwisata Indonesia, diterima channelsatu.com akhir Desember 2016.

Realisasi investasi periwisata tersebut terdiri atas Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar US$ 594,59 juta dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar US$ 139,06 juta. Untuk PMA terbesar masih di hotel bintang sebesar 56 %, kegiatan konsultasi manajemen 27 % dan restoran 7 %.

Sedangkan PMDN untuk hotel bintang sebesar 65 %, wisata tirta 21 %, kegiatan tama bertema hiburan 4 %. “Para investor (PMA) didominasi dari Singapura  51 %, British Virgin Island 14 %, dan Luxemburg 8 %,“ kata Menteri Pariwisata Indonesia Arief Yahya seperti yang tertulis dalam rilis tersebut.

Sementara dalam rilis yang diterima channelsatu.com, akhir Desember 2016, juga membeberkan jumlah pergerakan wisatawan nusantara dari Januari hingga 23 November 2016 sebanyak 288.178.646 atau 110,84 %  di atas target tahun 2016 sebesar 260 juta. Jumlah wisatawan nusantara ini dihitung dari penyediaan data wisatawan nusantara real time, dashboard wisatawan nusantara, di tujuh titik, yakni Sumatera, Utara, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan.

“Dari dashboard wisatawan nusantara, terlihat pergerakan wisatawan nusantara hingga November 2016 sebanyak 288.178.646 dan sebagian besar wisatawan nusantara berkunjung ke Jawa Barat yang mencapai 78.036.327 wisatawan nusantara. Ini artinya, Jawa Barat menjadi destinasi teratas  untuk wisatawan nusantara pada tahu 2016,“ ujar Arief Yahya sebagaimana tertulis dalam rilis Kementerian Pariwisata Indonesia. (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com)

About ibra

Check Also

Sutradara Albiner Sitompul, (mantan Kepala Biro Pers Media dan Informasi Istana Negara), paling kiri, bersama Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, dan istrinya, Triwatty. Didampingi Albert Indra (Produser), dan Eddie Karsito (Supervisor Produksi) paling kanan, saat beraudiensi di kediaman mantan Kepala Badan Intelijen Negara ini, di Jakarta, Jum’at (16/10/2015). Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, selaku Tokoh, Pelindung dan Penasehat Gabema (Perkumpulan Besar Masyarakat Tapanuli Tengah) Sibolga – Foto Istimewa.

Pementasan Drama “Jambar Ni Parsubang” Dengan Konten Kearifan Lokal Segera digelar di TIM

Jakarta, channelsatu.com: Sejarah bangsa sejak era Kebangkitan Nasional, Kemerdekaan, hingga Reformasi selalu tumbuh bersama ‘anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *