Kamis , 19 Mei 2022
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Bioskop Rakyat Filmaker Daerah Punya Kesempatan Sama untuk Berkreasi

Bioskop Rakyat Filmaker Daerah Punya Kesempatan Sama untuk Berkreasi

DKR, gelar prescon Bioskop Rakyat, Senin (18/5) di Jakarta. Foto: Buyil
DKR, gelar prescon Bioskop Rakyat, Senin (18/5) di Jakarta. Foto: Buyil

Jakarta, channelsatu.com: Momentum hari Kebangkitan Nasional yang jatuh hari ini, Rabu, 20 Mei, jadi waktu yang tepat untuk bangkitnya industri kreatif, khususnya perfilman yang berpihak pada rakyat. Maka dibuatlah terobosan untuk membuat Bioskop Rakyat yang dilakukan Dewan Kreatif Rakyat (DKR).

Sekjen DKR, Dedeh Kurniasih dalam keterangan persnya, Senin (18/5) di Jakarta, menargetkan 1000 bioskop rakyat dalam priode 1 tahun akan hadir. “Untuk memulainya, DKR telah mengadakan pemutaran perdana di Bioskop Rakyat, bertepatan dengan hari baik, Isra Mi’raj di Pondok Pesantren Daarul Istiqomah, Cileungsi Jawa Barat. Sementara film yang diputar, adalah Captain Jihad dan film musik, One Love for All,” terang Dedeh.

Dengan slogan dari rakyat Untuk Rakyat, penasehat DKR, Lily Wahid menegaskan Bioskop Rakyat hadir bertujuan, memberdayakan para pemuda di berbagai wilayah Indonesia untuk menjadi pelaku industri kreatif lewat film. Dan, sekaligus pelopor perjuangan membuka perubahan ke arah yang lebih baik.

“Sesuai aturan main film yang diputar harus lolos sensor dan film-film yang akan diputar di Bioskop Rakyat, bukan hanya karya yang didominasi sineas Jakarta. Tapi juga harus memberi peluang bagi pelaku industri kreatif di daerah. Khususnya, para sioneas muda. Harapannya agar film mereka bisa diterima masyarakat seluruh Indonesia dan film nasional bisa benar-benar jadi tuan rumah di negeri sendiri,” papar sutradara Damien Dematra yang juga salah satu penasehat DKR.

“Intinya, kami ingin mengembalikan film dalam posisinya yang sebenarnya sebagai pembentuk budi pekerti bangsa, dan tidak hanya dikuasia kepentingan segelintir pemegang modal untuk keuntungan finansial semata,” sambung Damien.

Dikesempatan yang sama Damien juga mengumumkan, DKR pertama kalinya meluncurkan Festival film Internasional yang mengambil tema Keluarga, Pelyanan Publik, Anti narkoba dan Trafficking. Atau International Film for Family, Public Service, Againts Drug Absue and Tarfficking (IFFADAT).

“Telah terkumpul lebih dari 100 film dengan tema-tema di atas, yang berasal dari 30 negara dan telah dipilih 20 film yang akan diputar dalam festival tersebut 4-15 Juni di Jakarta. Serta beberapa film pilihan dari ajang ini, akan juga diputar di Bioskop Rakyat,” tandas Damien. (ibra)

About ibra

Check Also

Peluncuran 4 film Kolaborasi Starvision. Foto Ibra

Yuk, ke Bioskop Menikmati 4 Film Kolaborasi Starvision

Jakarta, channelsatu.com: Hampir 2 tahun bioskop ditutup akibat wabah Covid 19. Maka industri film pun …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *