Jumat , 22 Oktober 2021
Home / Hot News / Setelah Disatukan, Presiden Ingin Perijinan Investasi Dipercepat dan Disederhanakan

Setelah Disatukan, Presiden Ingin Perijinan Investasi Dipercepat dan Disederhanakan

jokJakarta, channelsatu.com: Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat di Kantor BKPM, Senin (26/1). Pada sambutannya Presiden RI mengapresiasi 22 Kementerian yang telah mendelegasikan wewenang penerbitan perizinan kepada Kepala BKPM dengan menugaskan pejabatnya pada PTSP Pusat di BKPM.

Tidak puas hanya dengan menyatukan perizinan disatu pintu, Presiden meminta kedepannya pelayanan perizinan dapat dipercepat, disederhanakan dan diintergrasikan dengan PTSP Daerah. Penyatuan Perizinan ini untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, serta meningkatkan daya saing bangsa. Untuk itu antar Kementerian/Lembaga diminta menghilangkan egosektoral serta diminta dapat bekerja sama, bersinergi memberikan pelayanan terbaik kepada para Investor.

Terbentuknya PTSP Pusat ini adalah instruksi Presiden Joko Widodo atas hasil blusukan-nya pada tanggal 28 pada tanggala 28 Oktober 2014 ke Kantor BKPM. Presiden menginstruksikan bahwa investor dalam mengurus perizinan tidak perlu keluar masuk Kementerian/Lembaga, melainkan hanya datang ke PTSP Pusat yang ada di BKPM.

Saat ini PTSP Pusat telah siap untuk melayani proses perizinan seluruh bidang usaha. Investor akan dipermudah disisi layanan perizinan.

PTSP Pusat juga mendukung transparansi pelayanan perizinan, yaitu dengan telah dibangunnya layanan monitoring secara online, yang dapat dimanfaatkan investor untuk memantau perkembangan permohoan yang diajukan dan memastikan tenggat waktu penyelesaian perizinan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Disisi lain “Monitoring online” ini dapat dimanfaatkan Bapak Presiden untuk memantau proses layanan perizinan yang ada, maupun para menteri dapat memonitor langsung kinerja pejabat yang menjadi perwakilan pada PTSP Pusat di BKPM. (ibra)

About ibra

Check Also

Furi Hasan dan 7 Koleksi Bonekanya. Foto: Ibra

Ketika Furi Harun Memilih Mengadopsi Mahluk Astral

Jakarta, channelsatu.com: Kisah mengadopsi anak manusia atau binatang, tentulah sudah menjadi hal biasa. Tapi jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *