Kamis , 20 Januari 2022
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO X HARAPKAN FFI 2012 HIBUR MASYARAKAT YOGYA

SRI SULTAN HAMENGKUBUWONO X HARAPKAN FFI 2012 HIBUR MASYARAKAT YOGYA

Yogyakarta, channelsatu.com: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengharapkan Acara
Puncak FestivaL Film Indonesia  tanggal 8 Desember 2012 mendatang, dapat menghibur masyarakat luas di Yogyakarta.

Sultan mengusulkan agar jalur kirab FFI atau Pawai Artis diperluas.  Jika sebelumnya pawai artis hanya dari Keraton Yogya langsung ke Benteng Vredeburg melalui alun-alun Utara dan Jalan Malioboro, Sultan mengusulkan bisa memutar sedikit melewati jalan-jalan Brigjen Katamso, Jalan Mataram, baru berbalik menelusuri Jalan Malioboro menuju Benteng Vredeburg.

Hal itu disampaikan Sultan Hamengkubuwono X ketika menerima Panpel FFI 2012 bersama Dirjen
Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya (EKBSB) Kementrian Parekraf Ukus Kuswara, di Kantor
Gubernur, Senin (4/11) siang.    

“Kalau bisa rakyat juga ikut menyaksikan secara langsung. Bisa dekat dengan artis-artis. Walau pun sebentar tetapi mereka bisa terhibur,” kata Sultan.

Sebelumnya Ketua Panpel FFI2012 Duto Sulistiadi memaparkan rencana acara Malam Puncak FFI 2012 yang akan berlangsung di Benteng Vredeburg Jl. Malioboro Yogyakarta.

Dalam pemaparannya, Duto menjelaskan seluruh artis dan pengisi acara rencananya akan bergerak dari Keraton Yogya, usai makan malam, ke lokasi acara.

Berikutnya rombongan akan bergerak ke Utara menempuh jarak sekitar 500 meter dari keraton
melewati alun-alun, Gedung BNI lama dan langsung berbelok ke Benteng Vredeburg.  Artis-artis para nominator FFI 2012 dan pengisi acara lainnya akan naik andong berhias.

Acara itu bisa disaksikan langsung oleh masyarakat Yogya melalui layar-layar yang disediakan, atau lewat siaran televisi.

Selain mengusulkan perluasan rute pawai, Sultan juga mengusulkan agar dinding Gedung BNI lama berita poster-poster artis yang terkait dengan FFI, jauh sebelum acara puncak berlangsung. Hal itu untuk mengingatkan masyarakat bahwa FFI 2012 akan berlangsung di Yogyakarta.

“Saya kira masyarakat akan senang, artisnya juga senang. Tapi minta ijin sama BNI. Dan untuk rute pawai, jangan lupa koordinasi dengan Walikota dan kepolisian, karena jalur yang digunakan itu lalulintasnya padat,” pinta Sultan, yang berjanji akan meminjamkan andong milik Kraton Yogya untuk pawai artis.

Acara puncak FFI 2012 akan disiarkan langsung oleh sebuah televisi  swasta. Selain pemberian Piala Citra kepada para pemenang, Acara Puncak FFI ini juga akan dimeriahkan oleh artis-artis terkenal seperti Dewi Yull, dan Penata Musik Djaduk Ferianto. Yogyakarta terakhir menjadi tuan rumah FFI tahun 1984. Foto: Dok Humas FFI 2012. (ibra)

About ibra

Check Also

Kelompok Shivaband 20. Foto: Ist.

Shivaband 20 Sudah Punya 40 Stock Lagu dan Siap Diluncurkan

Jakarta, channelsatu.com:Pendatang baru grup musik, Shivaband 20 siap meramaikan industri musik Indonesia diawal 2021 ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *