Sabtu , 31 Juli 2021
Home / Talk / Gado-Gado / Satgas Kizi TNI di Kongo Survey Pekerjaan Jembatan

Satgas Kizi TNI di Kongo Survey Pekerjaan Jembatan

Kongo, channelsatu.com: Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-J/MONUSCO (Mission de I’Organisation de Republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) dengan Komandan Satgas (Dansatgas) Letkol Czi Irfan Siddiq, melaksanakan survey/peninjauan ke daerah-daerah yang akan menjadi tugas Kontingen Garuda kedepan selama melaksanakan tugas di Republik Demokratik Kongo, Rabu (16/1/2013).

 

Salah satu kegiatan peninjauan yang dilakukan Satgas Kizi TNI adalah melakukan survey jembatan Nzorro di desa Nzopi, Kongo yang terletak sekitar 200 km dari base camp kontingen Indonesian Engineering Company  (Indo Eng Coy) Bumi Nusantara Dungu.

 

Menurut Perwira Konstruksi Indo Eng Coy Kapten Czi Nur Rizki, pelaksanaan survey dilaksanakan bersama dengan staf PBB lainnya yang berasal dari Engineer Section (ES), diketuai oleh Mr. Himalaya Gautama (Water and Sanitation Section Log Ops MONUSCO), dengan pengawalan dari Morbatt (Morocco Batalyon).

 

Lebih lanjut dikatakan, jembatan Nzorro merupakan jenis jembatan bailley yang menghubungkan desa Durba dengan desa Nzopi, dan merupakan jalan utama untuk pendistribusian logistik dari Kampala, Uganda ke daerah-daerah di Kongo. Jembatan ini mengalami kerusakan dibeberapa bagian struktur yang mengakibatkan terhambatnya pasokan logistik ke daerah-daerah di Kongo  termasuk di Dungu, dimana base camp Indo Eng Coy berada.

 

Dari hasil survey tersebut diidentifikasi bahwa banyak bagian jembatan yang hilang dan rusak, sehingga memerlukan renovasi dan penggantian material agar jembatan dapat berfungsi dengan baik kembali. Selanjutnya, hasil survey ini akan dilaporkan ke MONUSCO untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi kepentingan kegiatan perbaikan dan pemeliharaan di masa yang akan datang. (ibra)

About ibra

Check Also

Pasar Baru. Foto: ist.

Jalan-Jalan ke Pasar Baru, Menguak Perjalanan Masa Lalu

Jakarta, channelsatu.com: Bisajadi jalan-jalan sekaligus belanja ke Pasar Baru yang terletak di Jakarta Pusat dianggap …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *