Jumat , 17 September 2021
Home / Hot News / Nasional / Pendaptaran Mudik Gratis Tahap II Kapal Laut Masih Dibuka

Pendaptaran Mudik Gratis Tahap II Kapal Laut Masih Dibuka

Jakarta, channelsatu.com: Pendaftaran mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan kapal laut memasuki tahapan kedua. Data Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub menyebutkan, hingga Senin (13/8) pendaftar gelombang tahap II Kapal KRI Banda Aceh tujuan ke Semarang untuk pemberangkatan 18 Agustus 2012, telah mencapai 179 motor, dengan penumpang 360 orang.

Sementara pendaftar mudik gratis dengan KRI Banda Aceh Tahap I, sebanyak 955 motor dan penumpang 1.788 orang siap diberangkatkan 16 Agustus 2012.

Kahumas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Sindu Rahayu mengungkapkan, selain data tersebut, pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut juga dibuka melalui TNI AL. Berdasarkan data, jumlahnya mencapai 100 motor dan 200 orang calon penumpang.

“Jadi, jumlah sementara yang sudah mendafatar adalah 282 motor dan calon penumpang 560 orang,” ujarnya di Jakarta, Senin (13/8).

Sesuai rencana, lanjut Sindu, mudik gratis dengan kapal laut ini akan dilepas oleh Menhub EE Mangindaan bersama Dirjen Perhubungan Laut, Leon Muhammad berserta pejabat terkait.

Sementara untuk arus balik, gelombang pertama akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2012 pukul 10.00 WIB dari Pelabuhan Tanjung Emas-Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok-Jakarta dengan jadwal kedatangan pada 24 Agustus 2012 pukul 06.00 WIB.

Sedangkan untuk gelombang kedua, akan menggunakan kapal yang sama pada 25 Agustus 2012 pukul 17.00 WIB dari pelabuhan Tanjung Emas-Semarang dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 26 Agustus 2012 pukul 13.00 WIB.

Penyelenggaraan mudik gratis dengan kapal laut ini dimaksudkan untuk membantu memfasilitasi warga masyarakat yang akan berlebaran di kampung halaman, sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya terutama para pengguna sepeda motor.

Kemenhub hingga kini masih membuka pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut, untuk angkatan kedua. Kapal KRI Banda Aceh berkapasitas 1.000 sepeda motor dan 1.500 penumpang diberangkatkan dua kali pelayaran karena antusias dan animo yang tinggi dari masyarakat.foto: ilustrasi (ip/ch1)

About ibra

Check Also

Deklarator menuju wisata dunia. Foto: Ist.

FORUM DEKLARATOR TAMAN WISATA DUNIA USULKAN “INDONESIA,THE WORLD PARK” SEBAGAI BRAND NATION INDONESIA

Jakarta, channelsatu.com: Koordinator Forum Deklarator Taman Wisata Dunia (FD – TWD) Daniel Kumendong menyampaikan, Surat: …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *