Rabu , 4 Agustus 2021
Home / Showbiz / Selebriti / Finalis Lomba Cipta lagu Anak Nusantara didominasi Nama Tenar di Dunia Musik

Finalis Lomba Cipta lagu Anak Nusantara didominasi Nama Tenar di Dunia Musik

Jakarta, channelsatu.com: Dari 10 grand finalis Lomba Cipta Lagu Anak Nusantara, ternyata didominasi sejumlah nama tenar di dunia musik. Sebut saja misalnya, ada  mantan penyanyi cilik Chiquita Meidy, bassist Emerad, Roedyanto, pemusik campursari Koko Thole, pencipta lagu senior Sam Bobo, dan Udin Sedunia.

Hal ini terungkap di Ajang ‘Festival Lagu Anak Nusantara’ saat panitia memberikan keterangan persnya, Selasa (28/11) di Jakarta.

Sedang Juri ajang tersebut Elsa Sigar mengaku tak mudah menyaring 10 finalis dari dua kategori yang dilombakan. Sebelumnya, ada 434 lagu dan 94 penyanyi anak dari seluruh kota di Tanah Air yang bersaing di kompetisi itu.

“Kita ada penilaian terhadap lagu, harus ada pesan positif yang disampaikan. Bisa soal lingkungan, pendidikan, dan lain-lain. Lagu anak itu bukan sekadar lucu, easy listening. Tapi harus ada pesannya, moral, dan sebagainya,” jelas Elsa.

Ketua Panitia acara Bens Leo meminta dukungan masyarakat akan perhelatan tersebut. Ia berharap masyarakat ikut meramaikan Grand Final acara itu, yang akan digelar di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Jumat (30/11) mendatang karena tidak dipungut biaya alias gratis.

“Ini acara gratis untuk siapa saja pecinta musik anak Indonesia.Yang pasti jangan sampai bolos sekolah. Karena digelarnya mulai jam dua siang. Kompetisinya dimulai jam tiga. Akan ada banyak acara dan hiburan,” sahutnya.

Grand Final ajang itu nantinya akan menghadirkan dewan juri seperti Purwa Caraka, Trie Utami, Dian HP, dan Gilang Ramadhan. Mereka akan menentukan deretan juara satu hingga sepuluh dari masing-masing katagori lomba.

Acara itu juga akan diramaikan oleh band The Dance Company, JA Country Kids, girlband anak Swittins, Gilang Ramadhan Youth Percussion, dan Pangudi Luhur Youth Choir yang meraih juara 2 di ajang ‘Barcelona Youth Choir 2012’,

Mantan artis cilik Chiquita sendiri merasa kaget satu lagu ciptaannya ‘Anak Indonesia’ bisa masuk 10 besar. Ia mengaku mengirim empat lagu dalam ajang yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu.

“Nggak nyangka ya. dari 4 lagu yang aku kirim, cuma masuk satu, lagu ‘Anak Indonesia’ itu,” ungkapnya dalam jumpa pers di Gedung E Ruang Sidang Terpadu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (27/11/2012)

“Meski begitu aku antusias dengan adanya festival ini, dan aku sudah ngirim empat lagu ciptaan aku untuk ikut lomba,” paparnya.

Sementara yang membuat Chiquita  terlibat dilomba ini, ia mengaku punya alasan tersendiri. “Anak-anak sekarang gampang untuk nonton atau melihat lagu di media internet, YouTube misalnya, karena teknologi sekarang berkembangnya begitu pesat,” ungkapnya.Berangkat dari keprihatinan tersebut, Chiquita pun menyambut baik digelarnya ajang ‘Festival Lagu Anak Nusantara 2012.”

Kasubdit Pembinaan Pertunjukan Kesenian kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Edi Irawan menambahkan, acara semacam ini akan digelar setiap tahun. Karena dinilai lewat lagu anak banyak membawa nilai edukatif yang positif. “Dari lagu pula anak-anak Indonesia bisa belajar tentang sejarah, pengetahuan umum, budi pekerti dan masih banyak lagi yang bisa dipetik,” terangnya.(ibra). Foto: Dudut Suhendra Putra.

About ibra

Check Also

Andini dan Satvika Iswara. Foto: ist.

Penyanyi Andini dan Satvika Iswara Siap Dirikan Yayasan

Jakarta,channelsatu.com: Sudah semestinya, anak muda ikut berperan aktif dalam membantu persoalan bangsa. Seperti yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *