Selasa , 18 Januari 2022
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / FFI 2014 Temanya,”Bangga Film Indonesia”

FFI 2014 Temanya,”Bangga Film Indonesia”

logo ffi 2014 okJakarta, channelsatu.com: Festival Film Indonesia (FFI) kembali akan dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan Industri Perfilman, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tahun ini pelaksanaan bekerjasama dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI).

Surat Keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan No. KM.22/HM.304/MPEK/2014 tertanggal 16 Juni 2014, tentang Panitia Pelaksana Festival Film Indonesia Tahun 2014, menetapkan Ketua Pengarah sekaligus sebagai ikon FFI 2014, adalah Christine Hakim dan Ketua Pelaksana  Kemala Atmojo.

Dalam surat keputusan tersebut juga menetapkan Provinsi Sumatera Selatan sebagai Tuan Rumah puncak penyelenggaraan FFI 2014 yang diperkuat dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama.

Sebagai sebuah indicator dalam menggambarkan dinamika perkembangan perfilman di tanah air, FFI 2014 ini, akan kita selenggarakan dengan tema “Bangga Film Indonesia.”

“Dengan kesatupaduan niat dan kerja para pemangkukepentingan, termasuk Pemerintah, pemerintah daerah, serta insan perfilman, kita yakin bahwa kita akan mampu menyukseskan penyelenggaraan Festival Film Indonesia yang tahun ini akan kita pusatkan di Palembang,” jelas Kemala pada channelsatu.com disekretariat FFI 2014 di Gedung Film MT. Haryono Jakarta, Selasa (7/10).

Lebih jauh Kemala menuturkan, rangkaian pelaksanaan FFI 2014, akan diawali dengan launching yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 2014, sementara Malam puncak akan dilakasanakan di Palembang pada tanggal 6 Desember 2014.

Adapun rangkaian kegiatan FFI tahun ini:

1.Peningkatan Apresiasi dan Promosi Film Indonesia antara lain   Workshop, Diskusi dan Roadshow.
2.Kompetisi Film Bioskop, Film Pendek, Film Animasi, Film   Dokumenter, Film Televisi
3.Launching/Konferensi Pers
4.Malam Pengumuman Nominasi
5.Malam Anugerah Piala Vidia
6.Malam Anugerah Piala Citra

“Tahun ini, sistem penjurian FFI 2014, untuk film bioskop diubah dengan melibatkan sebanyak mungkin insan film dan nonfilm untuk menjadi Dewan Juri. Total Dewan Juri film bioskop sekitar 100 orang. Sedangkan Dewan Juri Film Pendek, Film Animasi, Film Televisi, dan Film Dokumenter masing-masing berjumlah minimal 5 (lima) orang,’ akunya.

Lanjut Kemala lagi, hasil Penilaian Dewan Juri film bioskop dikirim langsung kepada Akuntan Publik untuk dilakukan rekapitulasi,” sambungnya.

“Lalu, Akuntan Publik menyerahkan hasil rekapitulasi Tahap Pertama kepada Panitia FFI 2014 pada saat acara Pengumuman Nominasi. Film yang masuk Nominasi dikirim kembali kepada seluruh anggota Dewan Juri untuk dinilai kembali guna menentukan Pemenang Akhir,” terang Kemala.

“Berikutnya Dewan Juri mengirim hasil peniliannya lagi kepada Akuntan Publik yang ditunjuk Panitia Pelaksana. Akuntan Publik menyerahkan hasil rekapitulasi Tahap Kedua kepada Panitia FFI 2014 pada saat acara Malam Puncak. Dengan demikian maka tingkat obyektivitas penjurian sangat tinggi,” jamin Kemala.(ibra)

About ibra

Check Also

Peluncuran 4 film Kolaborasi Starvision. Foto Ibra

Yuk, ke Bioskop Menikmati 4 Film Kolaborasi Starvision

Jakarta, channelsatu.com: Hampir 2 tahun bioskop ditutup akibat wabah Covid 19. Maka industri film pun …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *