Rabu , 21 April 2021
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Usmar Ismail Awards 2017 Akan dibuat Lebih Baik, Lebih Menarik dan Berbeda Dari Festival Film Lainnya

Usmar Ismail Awards 2017 Akan dibuat Lebih Baik, Lebih Menarik dan Berbeda Dari Festival Film Lainnya

Panitia dan Juri UIA 2017. Foto: Muler
Panitia dan Juri UIA 2017. Foto: Muler

Jakarta, channelsatu.com: Usmar Ismail Awards (UIA) 2017 siap akan kembali digelar, dimana acara puncaknya akan disiarkan secara langsung oleh Trans 7, Sabtu, 22 April 2017 di Jakarta.

Ada sekitar 136 judul film nasional yang tayang di bioskop dan telah lulus sensor sepanjang tahun, mulai 3-Maret-2016 hingga 23-Maret-2017, akan dinilai  yang melibatkan  40 wartawan yang menjadi juri diajang ini. Selain memilih film terbaik di UIA 2017, para juri juga akan menilai untuk katagori: Unsur Sutradara Terbaik, Unsur Penata Kamera Terbaik, Unsur Aktor Utama Terbaik, Unsur Aktris Utama Terbaik, Unsur Aktor Pendukung Terbaik, Unsur Aktris Pendukung Terbaik, Unsur Penulis Skenario Terbaik, Unsur Penata Musik Terbaik, Unsur Penggubah Musik Terbaik, Unsur Penata Suara Terbaik, Unsur Penata Artistik Terbaik, dan Unsur Penyunting Gambar Terbaik.

Tim Perumus UIA 2017, yang terdiri dari 10 orang dan diketuai oleh Wina Armada Sukardi, serta Ketua Panitia Penyelenggara UIA, Sonny P Sasono, dan Ketua Pengarah UIA, Adisurya Abdi, dalam rapat Akbar bersama wartawan, dalam siaran persnya, Senin (30/1/2017) kemarin, lebih jauh menjelaskan, menetapkan penjurian dalam dua tahap tanpa melalui mekanisme unggulan. Yaitu Tahapan Pemilahan dan Pemilihan serta Tahapan Penjurian.

Tahapan Pemilahan dan Pemilihan maksudnya adalah seperti yang dituturkan Wina Armada, Tahapan ini dilakukan oleh Dewan Juri Awal yang bertugas memilah dan memilih 30 film pilihan peserta untuk dinilai oleh Dewan Juri Akhir, yang akan menilai secara keseluruhan maupun unsur-unsur, tanpa melalui mekanisme unggulan untuk menjadi yang terbaik.

Rapat akbar panitia dan juri UIA 2017. Senin (30/1/2017) di Jakarta. Foto: Muler.
Rapat akbar panitia dan juri UIA 2017. Senin (30/1/2017) di Jakarta. Foto: Muler.

Wina menegaskan, seluruh anggota Dewan Juri, dilarang keras menerima imbalan (Gratifikasi) dalam bentuk apapun dari pihak peserta UIA atau uang yang terafiliasi dengan peserta UIA, untuk memenangkan atau tidak memenangkan karya film, atau unsur film tertentu. “Jika ada anggota Dewan Juri yang dinyatakan bersalah melanggar etika berat, akan dikenakan sanksi berat sesuai aturan dalam buku Pedoman Penjurian dan Penilaian UIA,” ujar Wina.

“Kami ingin membuat UIA 2017 yang kedua ini, jauh lebih baik serta lebih menarik dari yang pertama dan berbeda dari festival film lainnya,” tambah Sonny. (Ibra)

About ibra

Check Also

Andini dan Satvika Iswara. Foto: ist.

Penyanyi Andini dan Satvika Iswara Siap Dirikan Yayasan

Jakarta,channelsatu.com: Sudah semestinya, anak muda ikut berperan aktif dalam membantu persoalan bangsa. Seperti yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *