Minggu , 25 September 2022
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Senyum Indah Buat Pemenang FFI 2012 di Benteng Vredeburg, Jogyakarta

Senyum Indah Buat Pemenang FFI 2012 di Benteng Vredeburg, Jogyakarta

Jogyakarta, channelsatu.com: Hajatan besar bagi insan film nasional di Festival Film Indonesia (FFI) 2012 Sabtu (8/12/12) malam di Benteng Vredeburg, Yogyakarta berakhir dengan manis.

Senyum Indah terpancar buat para insan film, khususnya buat para mereka yang memenangkan piala Citra. Dan, senyum itu pun ikut mengembang di hati Sri Sultan Hamengkubuwono X  selaku tuan rumah, Menparekraf Mari Elka Pangestu, Sekjen Kemenparekraf Ukus Kuswara, Ketua Panpel Duto Sulistiadi dan juga tamu istimewa lainnya yang hadir malam itu.

Pesta akbar bagi orang film ini juga jadi hiburan tersendiri buat masyarakat Jogyakarta yang bisa menatap dari dekat bintang-bintang idola mereka malam itu dan juga siang harinya, saat dilakukan kirab naik adong yang membela jalan Malioboro.

“Tahun ini tingkat partisipasi peserta FFI meningkat. Film sebagai bagian dari produk budaya yang dikerjakan oleh orang-orang kreatif, itu sangat tepat dilaksanakan di Yogyakarta sebagai kota budaya,” kata Mari Pangestu

Yang menarik lagi, Piala Citra Festival Film Indonesia katagori Film Terbaik 2012 kini punya pendamping berupa Piala Citra Emas yang diberikan untuk film Tanah Surga…Katanya. Film produksi PT Demigisela Citra Sinema dan PT Gatot Brajamusti Films ini memborong 6 Piala Citra dalam perhelatan FFI 2012.

“Piala Citra selama ini terbuat dari bahan tak bernilai. Insan film yang berjasa dalam mengembangkan perfilman seharusnya diberi penghargaan piala yang tinggi nilai filosofisnya, dan tinggi secara komersial,” aku Aa Gatot Brajamusti pada awak media, usai menerima Piala Citra dan Piala Citra Emas di Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Sabtu (8/12/12) malam.

Lanjut Aa Gatot, Piala Citra Emas ini nantinya akan dijadikan piala pendamping Piala Citra, yang diberikan secara bergilir untuk film terbaik setiap tahunnya. “Saya tidak memperkirakan sebelumnya kalau ternyata Piala Citra Emas ini saya juga yang menerimanya,” ujar Aa Gatot seraya tertawa khas.

Berikut hasil lengkap pemenang FFI 2012 yang bertemakan Film Kita Wajah Kita :

Film Bioskop Terbaik: Tanah Surga… Katanya

Sutradara Terbaik : Herwin Novianto (Tanah Surga… Katanya)

Pemeran Utama Pria Terbaik: Donny Damara (Lovely Man)

Pemeran Utama Wanita Terbaik: Acha Septriasha (Test Pack: You’re My Baby)

Pemeran Pendukung Pria Terbaik: Fuad Idris (Tanah Surga… Katanya)

Pemeran Pendukung Wanita Terbaik: Mak Gondut (Demi Ucok)

Penulis Skenario Terbaik: Jujur Prananto (Rumah di Seribu Ombak)

Penulis Cerita Asli Terbaik: Danial Rifki (Tanah Surga… Katanya)

Sinematografi Terbaik: Yudi Datau (Dilema)

Pengarah Artistik Terbaik: Ezra Tampubolon (Tanah Surga… Katanya)

Penyunting Gambar Terbaik: Cesa David Luckmansyah (Rumah di Seribu Ombak)

Penata Suara Terbaik: Satrio Budiono (Rumah di Seribu Ombak)

Penata Musik Terbaik: Thoersi Argeswara (Tanah Surga… Katanya)

Film Pendek Terbaik: Wan-An karya Yandy Laurens

Film Dokumenter Terbaik: Di Batas Kekuasaan karya Nur Fitriah Napiz .

Penghargaan Khusus Dewan Juri untuk Pemeran Anak-anak: Dedey Rusma (Rumah Di Seribu Ombak). (ibra/kf). Foto : Dudut Suhendra Putra.

About ibra

Check Also

Poppy Kelly. Foto: Ist.

Lewat “Trust Me Up” Poppy Kelly Cari Peruntungan di Jalur Musik

Jakarta, channelsatu.com: Selebritas Poppy Kelly baru saja menuntaskan single terbarunya dalam bahasa Inggris, dengan judul …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *