Minggu , 17 Oktober 2021
Home / Hot News / Nasional / Pemerintah Tetapkan Lebaran Jatuh Hari Minggu, 19 Agustus 2012

Pemerintah Tetapkan Lebaran Jatuh Hari Minggu, 19 Agustus 2012

Jakarta, channelsatu.com: Hasil sidang istbat, Pemerintah melalui Kementerian Agama, Suryadarma Ali,  menetapkan lebaran atau hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah, jatuh pada hari Minggu, 19 Agustus 2012.

“Sidang istbat memutuskan dan menetapkan 1 Syawal 1433 H bertepatan dengan hari Ahad tanggal 19 Agustus 2012. Tidak ada keraguan sedikit pun hilal terlihat jelas dan meyakinkan,” tegas Menteri Agama Suryadharma Ali pada wartawan, Sabtu (18/8) malam di Jakarta.

Suryadharma menyampaikan harapannya agar penetapan hari raya yang akan datang dapat seragam agar umat tidak merasa dibingungkan.

Sejumlah perwakilan negara sahabat antara lain Brunei Darussalam, Malaysia, dan beberapa negara timur tengah seperti Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Irak turut menghadiri sidang istbat ini.

Selain itu tampak hadir undangan dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Front Pembela Islam (FPI), PB Nahdlatul Ulama, dan Majelis Ulama Indonesia. Muhammadiyah, sebagaimana sidang istbat penentuan awal Ramadhan, absen dari sidang ini.

Keputusan ini tentu saja menyejukan umat Islam di Indonesia, karena hari Raya kali ini bisa dinikmati secara bersama-sama.”Gak seperti sebelumnya ada yang lebaran duluan, ada yang belakangan. Ini menyejukkan kita semua sebagai umat Islam,” komentar Achmad Baqi tokoh masyarakat di Tangerang pada channelsatu.com. (bbc/ibra)

 

About ibra

Check Also

Acara Bela Negara. Foto: ist.

Puisi Bela Negara

Jakarta, channelsatu.com: Ingat, besok adalah Hari Bela Negara. Sekadar mengingatkan, penetapan Hari Bela Negara tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *