Kamis , 20 Januari 2022
Home / Hot News / Nasional / Mulai 2013,Kemdikbud Akan Laksanakan PUAD Berbasis di Masjid di Seluruh Indonesia

Mulai 2013,Kemdikbud Akan Laksanakan PUAD Berbasis di Masjid di Seluruh Indonesia

Jakarta, channelsatu.com: Mulai tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan laksanakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berbasis masjid.

Mendikbud, Mohammad Nuh mengatakan, penyelenggaraan PAUD membutuhkan fasilitas yang besar. Di sisi lain keberadaan sarana ibadah seperti masjid, gereja, dan pura dapat dimanfaatkan untuk menyelenggarakan PAUD.

“Rumah-rumah ibadah tidak 24 jam dipakai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pendidikan terutama PAUD,” terangnya usai penandatanganan MoU dengan Ketua DMI, Jusuf Kalla, terkait Penyelenggaraan PAUD di masjid-masjid seluruh Indonesia di gedung Kemdikbud, Jakarta, Selasa (20/11).

Guna memuluskan program ini, Kemdikbud langsung menggandeng Dewan Masjid Indonesia (DMI). Nantinya, DMI diharapkan melakukan pendampingan dalam pengembangan mutu layanan PAUD kepada masjid-masjid di seluruh Indonesia.

Mendikbud beralasan bahwa tugas kementerian bukan semata-mata sebagai penyelenggara pendidikan tunggal. Pihaknya mendorong partisipasi dari masyarakat, sehingga basisnya lebih kuat.

Dalam program ini, sambung Nuh,  tidak semua masjid akan digunakan untuk PAUD. Kriterianya, masjid memiliki halaman dan ada ruang yang bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Setelah memenuhi syarat, Kemdikbud akan mengeluarkan izin pendidikan di lokasi itu.

Dijelaskan Nuh, kerja sama serupa akan dilakukan dengan komunitas Nasrani, Hindu, dan Budha. Secara legal, program ini disiapkan dalam waktu enam bulan, mulai pertengahan Juni 2013. Sehingga institusi penyelenggara PAUD berstatus resmi dan calon gurunya akan dilatih secara khusus.(ip/ch1). foto: ilustrasi.

 

About ibra

Check Also

Ayu Azhari n perempuan1

Ayu Azhari dan Aliansi Wartawati Indonesia, Kobarkan Semangat Mencerdaskan Perempuan Indonesia

Jakarta, channelsatu.com: Hari Perempuan Internasional yang biasa diperingati setiap 8 Maret, mengobarkan semangat artis serba …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *