Jumat , 22 Oktober 2021
Home / SPORT / All Sports / HIDUP SEHAT MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA

HIDUP SEHAT MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA

Lari atau jogging, olah raga sehat dan murah. Foto: ilustrasi,
Lari atau jogging, olah raga sehat dan murah. Foto: ilustrasi,

Jakarta, channelsatu.com: Sehat itu pilihan. Sehat itu murah. Jargon tersebut bukanlah mengada-ada. Justru merupakan nasehat yang patut diresapi dengan pikiran jernih, mengingat pula tidak sedikit orang yang merenungi dan menghargai pentingnya kesehatan, sebelum akhirnya tidak lagi sehat. Malah mengeluarkan biaya tinggi, sertamerta kualitas hidup pun menjadi terganggu.

Ada banyak cara supaya kesehatan tetap terjaga. Mulai cara yang termudah dan tidak membutuhkan biaya. Kegiatan berjalan kaki, joging dan lari jika dilakukan secara rutin adalah jenis olahraga murah meriah, namun sehat. Dengan melakukan secara rutin serta disiplin jenis olahraga tersebut, niscaya akan menjadi sehat. Tentunya harus dibarengi dengan pola makan yang baik sesuai kebutuhan gizi, nutrisi dan asupan kalori.

Sejatinya untuk hidup sehat merupakan tanggungjawab bersama. Tidak sekadar menjaga keseimbangan antara apa yang dimakan dan yang dikeluarkan pada setiap induvitu. Melainkan terdapat pihak lain yang terlibat secara nyata. Misal apa yang dilakukan komunitas Indo Runners, sebagai contoh, jelas membuahkan nilai kemuliaan dan membuat masyarakat menyadari tentang hidup sehat.

Demikianpun apa yang diperbuat Brand’s saripati ayam, sekadar menyebut salah satu merek suplemen, adalah langkah nyata yang tidak dipungkiri menyebarkan virus sehat. Begitu juga Indo Runners yang dibentuk tahun 2009 adalah komunitas lari terbesar di Indonesia, sesungguhnya banyak komunitas lain yang memiliki visi sama yakni mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan menjadi gaya hidup.

Seiring berjalannya waktu, Indo Runners dengan olahraga lari yang termasuk olahraga terjangkau, mudah diterima dan bisa dilakukan siapa saja, mampu menularkan virus sehat, serta mengajak masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan tubuhnya, alih –alih olahraga lari itu tergolong olahraga efisien. Kita sangat tercengang jika anggota Indo Runners di facebook menjapai 15.000 dan 20.000 an di twitter.

Sebaliknya suplemen Brand’s saripati yang sudah diproduksi 180 tahun ialah suplemen kesehatan alami dalam kemasan sekali minum. Khasiat saripati ayam ini telah terbukti serta diulas lebih dari 35 jurnal ilmiah internasional perihal manfaat saripati ayam terhadap kesehatan.

Bagi yang meminum suplemen tersebut secara rutin, terbuktilah keampuhannya, yaitu membantu memelihara kesehatan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi kelelahan, juga dapat mempercepat suatu proses penyembuhan setelah sakit dan meningkatkan konsentrasi.

Tidaklah berlebihan dengan olahraga lari dan rutin meminum saripati ayam serta menjaga pola makan, maka tubuhpun sehat. Tentang apa yang kita makan, terdapat ungkapan yang menarik untuk distabilo, bahwa tidak dimungkiri, gizi yang terkandung di makan yang kita konsumsi sehari-hari menentukan kesehatan raga, jiwa dan pikiran kita.

Pada suatu sisi jika ingin sehat dan bugar setiap hari maka bergeraklah. Ada nasehat yang dilontarkan Hippocrates, filsuf yang hidup 400 tahun sebelum Masehi, patut kita renungkan yang beginilah katanya: Apabila kita bisa memberi setiap individu makanan dan latihan dalam jumlah yang cukup, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak, niscaya kita menemukan cara paling aman untuk sehat.

Pada sisi yang lain, di zaman hiruk pikuk lantaran jagat komunikasi saling berseliweran dan tumpang tindih, kenyataannya banyak ragam perilaku yang belum jadi gaya hidup sehat. Tidak gampang menjadi sosok yang sehat sepanjang usia dan hal itu jelas-jelas dambaan setiap manusia.

Keinginan seperti itu sering tidak sejalan dengan perilaku sehari-hari. Banyak orang ingin sehat, tetapi masih gemar makan serampangan atau makan bernilai gizi rendah alias makanan junk, gemar olahraga.

Sehari kita membutuhkan 2.500 kilokalori. Dalam persoalan lain, kita sering meremehkan sarapan. Saat ini masih ada anggapan sarapan dianggap sepele. Padahal sarapan punya pengaruh besar terhadap metabolisme tubuh. Layak diingatkan sepertiga dari 2500 kilokalori rata-rata kebutuhan setiap orang dewasa sehari idealnya diperoleh dari sarapan.

Sekarang ini juga muncul jargon yang berdengung di masyarakat, bahwa sehat itu mahal. Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai. Sesungguhnya kesehatan itu, apabila dalam menjalani kehidupan secara seimbang dan melakoni sikap hidup tertib dalam pola makan, kiranya kesehatan bakal menjadi lebih murah dan tidak dililit oleh berbagai penyakit serta stres.

Untuk menjaga harta yang tidak ternilai itu, kita akui mencoba berusaha dengan beragam cara. Namun andaikata kita sanggup mengelola hidup, bukan tidak mungkin sehat itu murah. Kesehatan adalah anugerah yang tidak bisa diukur harganya. Hidup sehat memang sesuatu yang tercerahkan. Kita perlu merawat, kita perlu merasa syukur, dan semua itu demi kesehatan.

Sebagai dampak perubahan gaya hidup, kita musti mencegah sakit sebelum terlambat. Gaya hidup yang amburadul, termasuk pola makan yang cenderung rendah serat, tinggi lemak, banyak garam, gula dan kurang aktivitas.

Segala sesuatunya tentulah memperlukan adanya solusi. Brands’ saripati ayam adalah bagian dari satu solusi. Tidak terkecuali komunitas Indo Runners yang juga menawarkan solusi. Mereka sama-sama menularkan virus sehat. Dalam masalah ini makin jelas, betapa hidup sehat merupakan tanggung jawab bersama. (Dewi Mayasari, ibu rumahtangga, mantan jurnalis)

About ibra

Check Also

Teks foto: Nelwan Rompis (tengah) bersama cucunya, Lovely.(ist)

Kejuaraan Karate Nasional NARA CUP VII/2018 Siap Digelar

Jakarta, channelsatu.com: Kejuaraan Karate Nasional NARA CUP VII/2018 siap digelar pada Sabtu (22/12) dan Minggu …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *