Kamis , 20 Januari 2022
Home / Hot News / Nasional / Hari ini Rabu, SBY Menanam Pohon Manglid di Cengkareng

Hari ini Rabu, SBY Menanam Pohon Manglid di Cengkareng

Jakarta, channelsatu.com: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama dengan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II serta para pejabat tinggi negara dan duta besar negara sahabat akan menanam pohon pada puncak acara HMPI dan BMN tahun 2012 di Kawasan Hutan Kota, Komplek Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Rabu, 28 November 2012.

Seperti diketahui peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap tanggal 28 November  dan Bulan Menanam Nasional (BMN) bulan Desember ditetapkan dengan  Keputusan Presiden RI No. 24 tahun 2008.

Tema peringatan HMPI dan  BMN tahun ini adalah “Hutan Kota Mendorong Terwujudnya Indonesia Hijau”.

“Pemilihan tema ini dimaksudkan bahwa Indonesia konsisten melaksanakan pembangunan  berkelanjutan dengan memanfaatkan sumberdaya hutan sebagai salah satu inti penggerak perekonomian, penyediaan lapangan kerja bagi rakyat, pengentasan kemiskinan dan ramah lingkungan,” kata Kepala Pusat Humas Kehutanan S u m a r t o dalam siaran persnya yang diterima channelsatu.com, Selasa (27/11).

Pada peringatan HMPI tahun ini Presiden SBY akan menanam pohon  Manglid (Manglieta glauca), Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono menanam Sempur (Dillenia SP), Wakil Presiden Boediono menanam Tanjung (Mimusops elengi), Ibu Wakil Presiden Hj. Herawati Boediono menanam Kenari (Canarrium S), dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanam Cempaka (Michelia champaca) serta Ibu Menteri Kehutanan Soraya Zulkifli Hasan menanam Sawo Kecik (Manilkara kauki).Pada kesempatan tersebut juga turut menanam pohon para pimpinan MPR RI, DPR RI dan DPD RI.

Dijelaskan Sumarto lebih jauh, Pada peringatan HMPI kali ini Presiden RI beserta Menteri Kehutanan berkenan memberikan penghargaan kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota pemenang Lomba Penanaman Satu Milyar Pohon tahun 2011 Tingkat Nasional. Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo mendapat peringkat Platinum Gold karena berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jawa Tengah tiga kali berturut-turut sebagai juara I.  

Selanjutnya Juara I tahun 2011 diterima oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo berhasil menggerakkan seluruh komponen masyarakat Jatim melakukan penanaman pohon dengan jumlah terbanyak. Juara II dan III masing-masing diraih oleh provinsi Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Untuk tingkat Kabupaten masing-masing diterima oleh Bupati Grobogan H. Bambang Pudjiono, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, dan Bupati Minahasa Utara Drs. Sompie S.F Singal, MBA. Sedangkan tingkat Kota masing-masing diterima oleh Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini, MT, Walikota Balikpapan H.M. Rizal Effendi, SE dan Walikota Metro H. Lukman Hakim, SH, MM.  

Kementerian Kehutanan juga memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang turut berpartisipasi dalam Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon tahun 2011 diantaranya kepada para pelaku usaha non kehutanan; PT. Astra Internasional Tbk, PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT. Adaro Energy, Tbk, Pt. Indominco Mandiri, dan PT Jarum. Untuk pelaku usaha sektor kehutanan, penghargaan diberikan kepada PT. Sarmiento Parakantja Timber (Kalteng), PT. Erna Juliawati (Kalbar), dan PT. Korintiga Hutani (Kalteng).

Salah satu keberhasilan Penanaman I Milyar Pohon tahun 2011 juga karena didukung oleh  kelompok masyarakat pelaku usaha yang bermitra dengan industri perkayuan. Yang mendapat penghargaan tahun ini adalah Asosiasi Petani Hutan Rakyat (APHR) Wonosobo Jateng, Koperasi Serba Usaha Sengon Agung Bersama Jombang Jawa Timur, Asosiasi Petani Hutan Rakyat (APHR) Purwo Lestari Purworejo Jateng.

Disamping itu penanaman juga berhasil dilakukan  di kawasan konservasi, tahun ini diterima pelaku usaha konservasi PT. Murindra Karya Lestari (Taman Wisata Alam Angke Kapuk Jakarta), PT. Adhiniaga Kreasinusa-Artha Graha Peduli (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Lampung), dan PT. Trimbawan Swastama Sejati (TN Bali Barat).

Yang cukup besar juga partisipasinya dalam gerakan penanaman pohon ini adalah pergurun tinggi dan LSM serta perorangan yang concern dengan pelestarian alam dan lingkungan hidup.

Penghargaan tahun ini diberikan kepada Universitas Diponegoro Jateng, Universitas Andalas Sumbar, dan WWF DKI Jakarta. Sedangkan penghargaan perorangan diberikan kepada Tosca Santoso (Green Radio Jakarta), Sahabat Alam (Jakarta), Prof. Dr. Sudijono Sastroatmojo (Rektor UNS Jateng), TGH. Hasanai Juaini, LC (Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada, NTB), Mayjen Lodewijk Fredrick Paulus (Pangdam I Bukit Barisan Sumut). (ibra)

About ibra

Check Also

Ayu Azhari n perempuan1

Ayu Azhari dan Aliansi Wartawati Indonesia, Kobarkan Semangat Mencerdaskan Perempuan Indonesia

Jakarta, channelsatu.com: Hari Perempuan Internasional yang biasa diperingati setiap 8 Maret, mengobarkan semangat artis serba …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *