Selasa , 18 Januari 2022
Home / SPORT / All Sports / Gary Connery Manusia Pertama Terjun Dari Helikopter Tanpa Parasut

Gary Connery Manusia Pertama Terjun Dari Helikopter Tanpa Parasut

London, Channelsatu.com: Stuntman Gary Connery pada Rabu (23/5/2012) berhasil melompat keluar dari helikopter untuk menjadi manusia pertama yang melompat dari 700 m tinggi tanpa parasut.

Pria asal Inggris ini, sebelum terjun bebas dari udara, harus menunggu dengan sabar, untuk melihat kondisi cuaca sempurna atau tidak.

Akhirnya Gary Connery  berhasil melakukan misinya dengan mulus di atas lapangan di Henley on Thames dekat London, melompat dari helikopter, kemudian meluncur menuju lapangan menggunakan wing suit atau setelan khusus yang disesuaikan agar dirinya dapat melayang di udara.

Beberapa saat sebelum mencapai tanah, ia mengaktifkan flare (tanda) pada perlengkapan yang ia gunakan untuk memperlambat dan mendarat dengan aman di sebuah landasan. Landasan ini telah disusun dan ditempati oleh sekitar 18 ribu kardus.

Untuk mempersiapkan aksi yang menegangkan itu, Gary telah melakukan pelatihan intensif di Swiss dan Italia. Pada latihan itu, dirinya melompat dari gunung dan tebing untuk menyempurnakan aksi meluncurnya menggunakan wing suit tersebut.

Pria pemberani itu akan mendekati landasan targetnya pada rasio luncur yang disebut two-to-one. Rasio tersebut berarti, Gary akan melompat atau melayang ke depan sepanjang dua meter.

Landasan yang tempat ia mendarat memiliki panjang 350 kaki, lebar 40 kaki dan kedalaman 12 kaki. Akan tetapi, bila dirinya salah mengkalkulasi pendekatannya, maka ia memiliki sepersekian detik untuk membatalkan lompatannya dan menggunakan parasut darurat.

“Saya 100 persen yakin bisa mencapai lompatan ini. Saya tahu saya bisa melayang (dengan wing suit) dan saya tahu saya bisa mencapai target,” tuturnya pada Sky Sport.

Gary memulai penerjunan parasut perdananya ketika berusia 23 tahun, setelah ia bergabung sebagai anggota tentara. Kemudian, ia menjadi stuntman profesional yang telah mencatatkan rekor sebanyak 880 kali aksi terjun payung (skydives) serta 450 lompatan dasar.

Pria penantang maut ini juga bertindak sebagai stuntmant untuk orang-orang seperti Gary Oldman, John Hurt dan Rowan Atkinson. Aksinya kerap muncul dalam film The Beach, Die Another Day, Batman Begins and Indiana Jones.

Dia juga pernah melompat dari menara Eiffel, Nelson’s Column, Tower Bridge serta London Eye. Akrobat ‘Batman’ menetapkan rekor melompat Gary Connery  keluar dari helikopter untuk menjadi manusia pertama yang melompat dari 700 m tinggi tanpa parasut.(ss/ray)

About ibra

Check Also

Karateka cilik Azzura Zahara Harahap berhasil meraih medali perak dalam Kejuaraan Karate Nasional MENPORA Cup I/2018 Seinkaido Championship Serie 2 yang digelar selama 3 hari,  Jumat (26/10) sampai Minggu (28/10) di GOR Ciracas Jakarta Timur. Foto: Ist.

Karateka Cilik Azzura Zahara Harahap Bikin Kejutan, Raih Medali Perak

Jakarta, channelsatu.com: Karateka cilik Azzura Zahara Harahap berhasil meraih medali perak dalam Kejuaraan Karate Nasional …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *