Jumat , 17 September 2021
Home / Showbiz / Sinopsis / Bupati Wamena Jamin Jalan-Jalan ke Papua Aman

Bupati Wamena Jamin Jalan-Jalan ke Papua Aman

Jakarta,channelsatu.com:Sebentar lagi, Festival Budaya Lembah Baliem 2012 segera dimulai di Wamena Papua,Irian Jaya.

Tepatnya, pesta budaya yang didukung Merpati Airlines, akan dilaksanakan, 8-11 Agustus mendatang di desa Wosi, distrik Wosilimo, kabupaten Jayawijaya Wamena.

Terkait belakangan santer berita adanya kerusuhan di Papua, Bupati Jayawijaya, Wamena-Wimpi Wetipo menegaskan:

“Saya jamin kalau mau jalan-jalan ke Papua, datang selamat dan pulang selamat serta aman,” ucap Wimpi pada wartawan, Jumat (27/7) di Jakarta.

Ia pribadi merasa heran, ketika ada kerusuhan di Papua, ada media memberi judul “Papua Membara.”

“Padahal peristiwa yang terjadi hanya di satu titik bukan di seluruh Papua. Contoh Jakarta, kan terbagi beberapa wilayah. Lalu, ada keributan di satu tempat dan ga mungkin kita mengatakan seluruh Jakarta membara,” kritiknya.

“Sekali lagi saya katakan kalau mau jalan-jalan ke Papua saya jamin aman,” ucapnya serius.

Statmen ini sekaligus ditegaskan Wimpi, bagi para wisatawan lokal dan internasional untuk tak perlu takut datang ke Papua, khususnya bagi yang ingin menikmati Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) Agustus ini.

Penyelenggaraan FBLB yang sudah digelar sejak 1991 ini, kali ini dikatakan Wimpi, akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, karena akan dikuti oleh seluruh lapisan masyarakat dari 40 distrik di kabupaten Jayawijaya yang terkenal ke unikan dan keindahan panorama alamnya hingga ke penjuru dunia ini.

Jelasnya, atraksi yang bisa diikuti secara interaksi langsung oleh para pengunjung ini, diantaranya : perang-perangan, tari-tarian. karapan babi, bakar batu, melempar sege atau melempar tongkat ke sasaran, memanah dengan menggunakan kostum berupa koteka dan berbagai acara menarik lainnya.

Para tamu juga nantinya akan bisa menikamti berbagai khas kuliner dari Wamena.

“Semuanya akan tersaji sangat memikat yang tidak akan ditemui di daerah lain, bahkan dipenjuru dunia sekalipun. Dan, sekaligus untuk mengapresiasi kebudayaan suku Dani yang bermukim di Lembah Baliem pegunungan Jayawijaya, serta upaya untuk melestarikan budaya Papua yang masih asli agar tidak punah.

Inilah yang membuat setiap tahunnya turis asing selalu meningkat jumlahnya yang datang ke acaranya,” sambung Wimpi senang yang disaat bersamaan diacara ini juga akan menggelar pameran pembangungan yang menampilkan potensi ekonomi kreatif masyarakat setempat.

Dari acara ini masyarakat pun secara ekonomi jadi terbantu. “Lewat acara ini masyarakat kami sudah paham bahwa dari parawisata mereka punya penghasilan yang bertambah. Makanya mereka selalu antusias menyambut setiap kali acara ini digelar,” paparnya.

“Kita mendukung kegiatan ini dengan publikasi dan promosi agar FBLB diketahui masyarakat luas serta menarik kunjungan wisnus dan wisman ke Wamena dalam agenda pariwisata nasional dan dimasukan dalam buku promosi pariwisata dalam berbagai bahasa ke berbagai negara,” timpal Wakil Menteri Kemenparekraf Sapta Nirwandar di tempat yang sama.

“Kita berharap para wisatawan yang datang ke daerah ini tidak saja meningkat saat ada event ini tapi bisa mendongkrak mereka datang di hari-hari lainnya. Karena di sini banyak objek wisata yang unik dan eksotis yang tak kalah menariknya dari tempat lainnya,” tambah Director of Center for Public Comumnucation Kemenparekraf, Ngurah Putra. (ibra)

About ibra

Check Also

Ketum Pafindo dan Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan, Prof Agus Suradika

Ketum Pafindo Gion Prabowo, “Ini Bukan Pepesan Kosong”

Jakarta, channelsatu.com:”Kantor kita di Jakarta. Cari makan di Jakarta. Rumah kita di Jakarta. Tentu sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *