Kamis , 26 November 2020
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Ayu Azhari Dukung Kuliner Indonesia Agar Mendunia

Ayu Azhari Dukung Kuliner Indonesia Agar Mendunia

Ayu Azhari. Foto: Ist.
Ayu Azhari. Foto: Ist.

Jakarta, channelsatu.com: Kuliner Indonesia bukan hanya beragam jenisnya tetapi mempunyai rasa yang setiap daerah ada khasnya masing-masing. Sama-sama gudeg misalnya, tetapi gudeg orang Sunda dan Jawa beda rasanya. namun tetap sama lezatnya untuk dinikmati.

Atau pempek Bangka dan Palembang juga bisa kita kenali, bahwa yang ini pempek Palembang dan ini pempek Bangka. Tentu masing masing punya kelebihan untuk disantap, karena pempek Bangka bahan memggunakan ikan laut dan Palembang lebih banyak menggunakan ikan sungai.

Nah, dengan beragam jenis makanan khas Indonesia, kuliner kita menurut artis serba bisa Ayu Azhari layak menjadi Culinary Diplomacy atau yang kita kenal Gastronomy Diplomacy. “Dengan pendekatan budaya akan lebih mudah serta mengena untuk lebih mengenal dan dekat di hati. Dari mana datangnya cinta..? Dari mulut turun ke perut. Jadi Makanan Indonesia semua ada kisah dan sejarahnya dan ini menarik dan bisa menjadi salah satu aset kita yg berbasis budaya serta kearifan lokal,” tutur Ayu Azhari yang turut mengucapkan selamat untuk IGC atas virtual launchingnya dan lagu Ayu  “Sega Jamblang” juga masuk dalam pilihan untuk memeriahkan dan menghibur acara virtual launching kegiatan tersebut.

“Sebab, sangat potential dan perlu perhatian khusus dari pemerintah untuk membantu mengembangkannya sampai merajai kuliner dunia,” dukung Ayu yang kemarin hadir dipertemuan daring yang diselenggarakan Indonesian Gastronomy Community (IGC) atau Komunitas Pencinta Gastronomi Indonesia dengan tema “Gempita Cita Rasa” ini.

Tepatnya 27 Maret 2020 yang lalu, sebuah komunitas pencinta makanan Indonesia telah terbentuk. Komunitas non-profit ini memiliki visi untuk memajukan Indonesia dengan segenap usahanya, menjadi pelestari makanan dan minuman Indonesia, dengan budayanya guna memajukan Indonesia. Komunitas ini dinamakan Perkumpulan Pencinta Gastronomi Indonesia atau Indonesian Gastronomy Community (IGC).

Suasana peluncuran virtual IGC. Foto: Ist.
Suasana peluncuran virtual IGC. Foto: Ist.

IGC memiliki motto “Selera Indonesia Untuk Dunia.” Jelas tersirat bahwa komunitas ini siap untuk mendukung cita rasa Indonesia di panggung dunia, melalui misinya Melestarikan, memajukan, menguatkan dan memberdayakan
yang terkandung didalamnya guna menguatkan Indonesia dalam segala bidang.

Menjadikan makanan dan minuman Indonesia sebagai daya ungkit untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Menjadikan kekayaan khasanah makanan dan minuman Indonesia yang tersebar di pelosok Nusantara sebagai medium perekat dan pemersatu bangsa dan negara Indonesia.

Gastronomi sendiri, adalah seni makan yang baik, yang mempelajari hubungan makanan dalam kaitannya dengan pengetahuan sejarah dan budaya suatu daerah, sebagai kearifan lokal masyarakat setempat. Hal ini berarti setiap insan yang memiliki minat terhadap makanan dan minuman Indonesia dapat berkontribusi bersama di
komunitas ini. Tidak perlu menjadi seorang ahli memasak untuk dapat bergabung memajukan gastronomi Indonesia beserta kisah-narasi kebudayaannya. IGC membuka diri untuk mereka yang memiliki passion dalam bidang makanan dan minuman Indonesia, baik yang tinggal di Indonesia maupun di mancanegara untuk menjadi anggota IGC.

Ria Musiawan, Ketua Umum Indonesian Gastronomy Community berujar bahwa, “Visi dan misi besar IGC ini tentunya tidak akan mudah terwujud tanpa dukungan maupun partisipasi dari berbagai pihak untuk memajukan Indonesia dengan memberdayakan makanan dan minuman Indonesia dengan berkarya dan bergabung bersama IGC.”

Meskipun digelar secara virtual, acara ini turut diramaikan oleh sejumlah tokoh. Selain Ayu Azhari hadir menunjukkan kemampuannya berkreasi menunjukkan kemampuannya berkreasi membuat blekutak, Ada Agus Marsudi membacakan puisi berjudul Kangen, dan Bertha tampil memberi kehangatan suasana acara lewat lantunan suara merdunya. Ditambah beberapa tokoh masyarakat juga turut memberikan ucapan selamat. Beberapa di antaranya Bambang Soesatyo, Teten Masduki, Rosan P. Roeslani.

“Selamat atas terbentuknya IGC (Indonesian Gastronomy Community) sebagai upaya untuk menduniakan masakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke ke seluruh dunia,” pesan Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI) dalam video klip ucapan selamatnya. (Ibra)

About ibra

Check Also

Samuel Wongso. Foto: ist.

Traveling Tailor Terobosan Baru Cara Desainer Samuel Wongso Memanjakan Pelanggang

Jakarta, channelsatu.com: Wong Hang Tailor (WHT) yang didirikan tahun 1933 atau 87 tahun lalu oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *