Senin , 6 Desember 2021
Home / SPORT / All Sports / Sungailiat Triathlon 2017, Agenda Wajib Tahunan Atlet Triathlon Indonesia

Sungailiat Triathlon 2017, Agenda Wajib Tahunan Atlet Triathlon Indonesia

Foto: Ilustrasi.
Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com: Sungailiat Triathlon pertama kali digelar tahun 2013, dan pada waktu itu pelaksanaannya belumlah segebyar sekarang ini, yang pada tahun 2017 akan diadakan tanggal 23 April mendatang. Dan, sudah terdaftar sebanyak 532 peserta, berasal dari 15 negara dan 16 provinsi di Indonesia.

Dari tahun ke tahun pelaksanaan Sungailiat Triathlon memperlihatkan kegairahan, teristimewa di bidang pariwisata di  Kabupatan Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pembenahan selalu selalu dilakukan, mulai dari bandara, jalan, obyek wisata, hotel, hingga pasokan listrik.

Memang Kabupaten Bangka berambisi sekali menjadi the next Indonesia sport tourism melalui Sungailiat Triathlon ini. Tahun 2017, jika digabung dengan jumlah official serta pendukung, maka Kabupaten Bangka akan dikunjungi 1000 lebih orang wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang menghadiri Sungailiat Triathlon. Perlu dicatat sosialisasi Sungailiat Triathlon 2017 yang diluncurkan sejak setahun lalu melalui webnya, sudah diakses alias page view sebanyak 45.907 dari 75 negara.

Sungailiat Triathlon tidak lain kegiatan wisata minat khusus, yaitu berwisata dipadu dengan olahraga renang, bersepeda dan lari. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Sungailiat dan bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Sungailiat Triathlon 2017 berlokasi di Kota Sungailiat dengan rute melewati berbagai obyek wisata unggulan antara lain Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung dan Pantai Air Anyir serta jalan utama Kota Sungailiat. Sungailiat Triathlon 2017 memperlombakan tiga kategori, yakni kategori Long Distance terdiri 1,9 kilometer renang, 90 kilometer sepeda, dan 21,1 kilometer lari.

Kategori Standart Distance, atlet musti melakukan kegiatan 1,5 kilometer renang, 40 kilometer sepeda, dan 10 kilometer renang. Sedangkan kategori Sprint,  atlet harus berenang  750 meter, 20 kilometer sepeda, dan 5 kilometer lari.

Tidak dipungkiri Sungailiat Triathlon mendapat respon yang baik dari komunitas triathlon di Indonesia dan dari berbagai negara. Bahan tahun ini tagline Sungailiat Triathlon adalah “Lebarannya penggiat triathlon se Indonesia.” Karena telah dianggap agenda wajib tahunan atlet triathlon di Indonesia.

Sekadar info, Kota Sungailiat berada di Kabupaten Bangka, Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pulau Bangka termasuk luas sekitar 11.693, 54 kilometer persegi dan terbagi dalam empat kabupaten serta satu Kotamadya. Kabupaten Bangka dengan ibukota kabupaten Sungailiat, Bangka Barat (Mentok), Bangka Tengah (Koba), Bangka Selatan (Toboa) dan Kotamadya Pangkalpinang yang juga menjadi Ibukota Provinsi Bangka Belitung. (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com)

About ibra

Check Also

Azzura. Foto: Ist.

Azzura “Ushiro” Harahap Raih Medali Emas Lagi

Jakarta, channelsatu.com: Biasanya liburan sekolah selalu dimanfaatkan untuk bersenang-senang seperti pulang kampung mengunjungi saudara atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *