Kamis , 2 Februari 2023
Home / Talk / Gado-Gado / Prajurit TNI Rehab Penjara di Kongo

Prajurit TNI Rehab Penjara di Kongo

Kongo, channelsatu.com: Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni TNI (Satgas Kizi TNI) Kontingen Garuda (Konga) XX-J/MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo), baru-baru ini mendapat tugas untuk merehab bangunan penjara yang terletak di Dungu Town sekitar 10 Km dari Bumi Nusantara Camp yang merupakan Markas Indonesian Engineering Company Konga XX-J/MONUSCO di Republik Demokratik Kongo.

 

Bangunan penjara yang dihuni sekitar 50 orang narapidana, kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak layak huni. Kapasitas sel penjara yang tidak sesuai dengan jumlah tahanan, terbatasnya persediaan sarana air bersih serta tidak adanya klinik untuk para narapidana yang sakit membuat Pemerintah Otoritas Dungu meminta bantuan kepada Indonesian Engineering Company melalui MONUSCO untuk melakukan rehab penjara.

 

Untuk melakukan pekerjaan tersebut, Konga XX-J/MONUSCO mengerahkan 20 personel dibawah pimpinan Kapten Czi Nur Rizki selaku Perwira Konstruksi dan Cimic (Civilian and Military Coordination), “Perbaikan bangunan penjara ini merupakan bagian dari Program CIMIC, yang diperkirakan akan berlangsung selama 3 (tiga) bulan”, kata Czi Nur Rizki dimana para prajurit TNI  juga punya tugas pokoknya yang diberikan oleh Brigade Ituri MONUSCO seperti membangun jalan dari Dungu menuju Ngilima sepanjang 40 Km yang saat ini masih dalam proses penggarapan.

 

Sementara itu, Dansatgas Kizi TNI Letkol Czi Irfan Siddiq kepada anggotanya yang bertugas mengatakan, perhatikan faktor keselamatan dan keamanan kerja karena penjara bukan merupakan tempat yang aman untuk bekerja, terlebih lagi di penjara tersebut terdapat banyak residivis yang sewaktu-waktu bisa mengancam keselamatan para prajurit.

 

Disamping melakukan rehab penjara, Tim Medis Satgas Kizi TNI dipimpin Kapten Kes Halim Perdana Kusuma selaku Dokter Satgas juga menyediakan pelayanan kesehatan kepada para narapidana. (ibra)

About ibra

Check Also

Pempek. Foto: ilustrasi.

Seruas Jalan di Kemayoran, Jakarta, Berderet Kedai Pempek Yang Menggoda Rasa

Jakarta, channelsatu.com: Semua pasti tahu dan bisajadi makanan favorit Anda, bahwa Pempek atau Empek-empek adalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *