Jumat , 19 Juli 2024
Home / Hot News / Pilpres Amerika Antara Joe Biden Ataukah Donald Trump, Pertarungan Duel Petahana Berebut Tahta
Joe Biden dan Donald Trump. Foto/Pontus/Britannica
Joe Biden dan Donald Trump. Foto/Pontus/Britannica

Pilpres Amerika Antara Joe Biden Ataukah Donald Trump, Pertarungan Duel Petahana Berebut Tahta

Jakarta, Channelsatu.com-Pertarungan Pilpres di Amerika Serikat (AS) Kembali mempertemukan dua sosok yang pernah menjabat Presiden AS. Keduanya yakni Joe Biden dan Donald Trump. Bedanya, Donald Trump lengser dari tampuk kursi Presiden AS setelah digusur Biden.

Biden menjabat sebagai Presiden AS ke-46. Setelah mengalahkan Donald Trump yang merupakan petahana saat Pilpres 2020, dia dilantik sebagai Presiden AS ke-46 pada 20 Januari 2021 Bersama Wakil Presiden (Wapres), Kamala Harris. Sedangkan Donald Trump menjabat sebagai Presiden AS ke-45 dengan mengalahkan Hillary Clinton

Kini keduanya kembali bertarung di Pilpres AS 2024. Dari segi umur, keduanya disebut-sebut sebagai sosok tua. Joe Biden kelahiran 20 November 1942 yang berarti saat ini berusia 81 tahun. Tak jauh berbeda dengan Trump, meski sedikit lebih muda, sosok kelahiran 14 Juni 1946 ini berusia 78.

Trump ada figur dari Partai Republik, sementara Biden dari Partai Demokrat. Pertarungan kedua partai ini sudah menjadi aturan baku di negeri Paman Sam ini.

Biden pernah menjabat sebagai Wapres AS dari tahun 2009-2017 di bawah Presiden Barack Obama. Perjalanan karier politik Joe Biden berawal pada tahun 1970, dia terpilih menjadi anggota Dewan Daerah New Castle dan terpilih menjadi Senat AS pada tahun 1972.

Sebagai senator, Biden terlibat merancang berbagai undang-undang (UU), di antaranya untuk meloloskan UU Pengendalian Kejahatan Kekerasan dan Penegakan Hukum serta UU Kekerasan Terhadap Perempuan.

Sementara Trump dalam karier politiknya digambarkan sebagai populis, proteksionis, isolasionis, dan nasionalis. Ia mengikuti Pilpres 2016 sebagai calon dari Partai Republik dan berhasil mengalahkan calon dari Demokrat Hillary Clinton.

Trump memulai kariernya di perusahaan ayahnya, The Trump Organization yang berkonsentrasi di bidang penyewaan rumah kelas menengah. Salah satu proyek pertamanya adalah merenovasi komplek apartemen Swifton Village di Cincinnati, Ohio.

Perjalanan Pilpres AS 2024 masih berjalan saat ini. Lalu siapakah yang akan terpilih Joe Biden atau Donald Trump. Atau ada sosok lain yang muncul di antara keduanya. Kita tunggu tanggal mainnya! (Fjr)

About Channelsatu.com

News and Entertainment

Check Also

Pegi Setiawan. Foto/ANTARA/Raisan Al Farisi

Praperadilan Dikabulkan, Penetapan Tersangka Pegi Setiawan di Kasus Vina Cirebon Batal

Jakarta, Channelsatu.com-Gugatan praperadilan yang diajukan Pegi Setiawan terhadap status tersangkanya di kasus pembununan Vina Cirebon …

Hasyim Asy'ari sebagai Ketua KPU. Foto/Dok KPU

Nafsu Birahi Hasyim Asy’ari Berujung Pemecatan Dari Jabatan Ketua KPU

Jakarta, Channelsatu.com-Nafsu birahi dari Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy’ari terhadap anggota PPLN Den …

menteri-siti-klh-oslo

Menteri LHK Tindak Lanjuti Kerja Sama RI-AS Untuk Penguatan Kebijakan Perubahan Iklim

Oslo, Channelsatu.com– Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menghadiri forum internasional “Oslo Tropical …

Ayu dan Axel Sama- Jadi Caleg 2024. Foto: Ist.

Ayu Azhari dan Anaknya Axel Sama-Sama Nyaleg di 2024

Jakarta, channelsatu. Com: Baru-baru ini artis senior Ayu Azhari bersama putra sulungnya Axel Djodi Gondokusumo …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *