Jumat , 22 Oktober 2021
Home / Talk / Gado-Gado / Peringatan Puncak HUT ke-49 Dharma Pertiwi

Peringatan Puncak HUT ke-49 Dharma Pertiwi

Jakarta, channelsatu.com:  “Ungkapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi disampaikan atas segala dedikasi dan kesetiaan para ibu-ibu dalam mendampingi serta mendukung keberhasilan para suami dalam melaksanakan tugas mulia demi kejayaan bangsa dan negara tercinta”, demikian disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. selaku Pembina Utama Dharma Pertiwi dalam Peringatan Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Dharma Pertiwi tahun 2013, di Balai Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2013).

Turut hadir dalam acara tersebut para Kepala Staf Angkatan Selaku Pembina Utama Unsur Organisasi Dharma Pertiwi, para Ketua Unsur Organisasi Dharma Pertiwi, para Asisten Panglima TNI dan para Sesepuh Dharma Pertiwi serta segenap anggota Dharma Pertiwi.

Dalam HUT ke-49 Dharma Pertiwi tersebut, Panglima TNI menyampaikan beberapa harapan, antara lain : Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan kepribadian wanita Indonesia, sehingga mampu mengemban peran sebagai istri prajurit dan peran ibu dalam mengantar anak-anak menjadi pemuda dan pemudi harapan bangsa.

Kedua, tingkatkan kualitas dan kapasitas diri dalam rangka membangun keluarga yang sehat, cerdas dan sejahtera, menuju TNI yang kuat dan berkesejahteraan. Ketiga, tingkatkan peran kepeloporan di tengah-tengah masyarakat, untuk meningkatkan kebersamaan dan kepedulian sosial kepada sesama warga yang memerlukan uluran tangan, sehingga merasakan manfaat dari keberadaan ibu-ibu, baik sebagai warga masyarakat maupun sebagai anggota Dharma Pertiwi.

Sementara itu, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Tetty Agus Suhartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa setelah hampir setengah abad organisasi Dharma Pertiwi didirikan oleh para pendahulu, dengan segala dinamika yang harus dihadapi hingga saat ini, maka sebagai anggota organisasi yang selalu ingin berbuat yang terbaik.

Oleh karena itu, Ny. Tetty berharap agar momen ini dijadikan sebagai kesempatan untuk melakukan introspeksi dan evaluasi tentang program-program kegiatan yang telah, sedang dan akan kita laksanakan, supaya selalu berfokus kepada tujuan organisasi Dharma Pertiwi, yaitu meningkatkan peranan wanita Indonesia melalui pengembangan kualitas sumber daya manusia dan kemandirian dalam segala bidang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta memberikan semangat dan motivasi kepada suami dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai bagian dari kekuatan pertahanan negara maupun sebagai salah satu komponen pembangunan bangsa.

Mengacu kepada tujuan organisasi Dharma Pertiwi tersebut, maka peringatan HUT ke-49 Dharma Pertiwi bertema “Dilandasi dengan kebersamaan, Dharma Pertiwi bertekad meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan dan kreatifitas serta cinta lingkungan guna mewujudkan kesejahteraan prajurit beserta keluarganya”.

Tema tersebut mengandung makna yang dalam, karena hampir di setiap momen HUT Dharma Pertiwi selalu mengangkat tema yang berlandaskan kebersamaan. Hal tersebut dikarenakan “kebersamaan” merupakan hal yang sangat penting dalam suatu organisasi. Dengan adanya semangat kebersamaan, maka setiap anggota Dharma Pertiwi akan saling menghormati, menyayangi, hingga timbul rasa kepedulian terhadap sesama. Dengan kebersamaan, tugas berat akan menjadi ringan. Dengan kebersamaan, maka kita akan selalu menjaga hati dan pikiran kita untuk tidak egois, rendah hati, serta rela berkorban demi tercapainya tujuan organisasi. “Memang, kebersamaan itu sungguh indah, dan mari kita selalu menjaga kebersamaan di antara kita”, ungkap Ny. Tetty.

Lebih lanjut Ny. Tetty menyampaikan beberapa pesan dan harapannya, yaitu : Pertama,   tingkatkanlah selalu keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME. Kedua, teruslah pupuk dan tingkatkan rasa kebersamaan dan kepedulian sosial baik antar sesama anggota keluarga, sesama keluarga besar Dharma Pertiwi di lingkungan kita, maupun kepada masyarakat, khususnya kepada anggota Dharma Pertiwi yang mana suaminya sedang mendapat penugasan di daerah yang rawan konflik, marilah kita saling menguatkan dengan doa dan mengisi waktu dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Ketiga, jadikanlah rumah tempat tinggal kita masing-masing sebagai kampus pertama bagi putra-putri kita dalam hal pembentukan karakter dan penanaman nilai-nilai positif bangsa antara lain nilai religius, budi pekerti, kepedulian sosial dan cinta lingkungan. Keempat, jangan pernah berhenti dalam menggali ilmu, wawasan, keterampilan dan kreatifitas. Kelima, jalanilah multi peran ibu sebagai istri, ibu rumah tangga, anggota organisasi, anggota masyarakat,dan wanita mandiri secara proporsional dan penuh keikhlasan.

Mengakhiri Peringatan HUT ke-49 Dharma Pertiwi, Ketua Umum Dharma Pertiwi memberikan tali asih kepada Warakawuri dan karyawan Dharma Pertiwi, dilanjutkan dengan penampilan dari masing-masing unsur Dharma Pertiwi diantaranya Tarian Nusantara, Campur sari dan Parodi. (ibra)

 

About ibra

Check Also

Pasar Baru. Foto: ist.

Jalan-Jalan ke Pasar Baru, Menguak Perjalanan Masa Lalu

Jakarta, channelsatu.com: Bisajadi jalan-jalan sekaligus belanja ke Pasar Baru yang terletak di Jakarta Pusat dianggap …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *