Jumat , 22 Oktober 2021
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Merpati Terjunkan Anggota Direksi, Mengajar di sejumlah SMA di Jawa dan Bali

Merpati Terjunkan Anggota Direksi, Mengajar di sejumlah SMA di Jawa dan Bali

Jakarta, channelsatu.com: Dalam rangka memperingati hari kebangkitan nasional yang jatuh pada tanggal  20 Mei 2013, jajaran manajemen PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) menyadari, pendidikan merupakan salah satu modal utama untuk pembangunan dan kemandirian sekaligus kebangkitan bangsa.

Karena itu sebagai  bagian dari  masyarakat, Merpati merasa perlu ambil bagian dan berpartisipasi aktif dalam memajukan dunia pendidikan di tanah air. Selain menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan tinggi di tanah air, menyediakan tempat untuk magang para mahasiswa lembaga pendidikan tinggi tersebut,  cara lain yang dilakukan Merpati adalah dengan menerjukan para anggota direksinya, mengajar  langsung ke berbagai  Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tersebar di pulau Jawa dan Bali.

“Kami terjunkan  pimpinan kami, anggota Direksi Merpati untuk mengajar langsung ke sejumlah Sekolah Menengah Atas  dalam rangka memperingati  hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas dan hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas serta sebagai bagian dari kepedulian dan perhatian kami kepada dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini sesuai anjuran dari Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, agar jajaran Direksi BUMN mau berbagi Ilmu dengan cara mengajar ke berbagai lembaga pendidikan di Indonesia,” ujar  vice president corporate secretary Merpati, Herry Saptanto kepada pers, kemarin di Jakarta.

Lebih lanjut Herry Saptanto menjelaskan,  sebagai tahap awal, Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo pada hari Senin, 20 Mei bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional secara bergantian akan mengajar di SMA Negeri 3 Bandung yang berlokasi di Jln. Belitung No. 8 Bandung, Jawa Barat. Dipilihnya SMA tersebut, karena Rudy Setyopurnomo merupakan lulusan dari SMA yang terkenal favorite di Kota Kembang itu.

Sementara  Direktur Operasi Merpati, Denny Satrio Trihandoko, pada saat yang sama dijadwalkan mengajar di SMA Angkasa I  yang beralamat di Jalan Trikora Raya Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Sedangkan  Direktur Teknik Merpati Priharyono akan mengajar di SMA Negeri 1 Denpasar, Bali yang berlokasi di Jalan. Kamboja 1 Denpasar.

“Tahap awal, para anggota Direksi Merpati mengajar di Sekolah almamaternya dahulu. Tahap berikutnya, kami akan cari Sekolah mana yang membutuhkan. Tentu waktunya disesuaikan dengan jadwal dan kesibukan dari para anggota direksi Merpati,” jelas Herry.

Dipilihnya SMA sebagai tempat mengajar, menurut Herry karena lembaga pendidikan tinggi seperti Universitas, sudah sering dijadikan tempat mengajar para anggota Direksi. Sebagai contoh, Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo selain lulusan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), juga lulusan pertama dari Magister Manajemen Universitas Indonesia (MMUI) disamping Harvard University. Rudy Setyopurnomo sering diminta menjadi dosen tamu  dan sering  diminta memberikan kuliah umum  di almamaternya maupun di perguruan tinggi lain. Disamping itu, Merpati sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik dalam hal penyediaan tempat praktek kuliah secara langsung maupun tempat magang. Sementara dengan lembaga pendidikan menengah masih sangat jarang.

“Di SMA nantinya para anggota Direksi akan berbagi pengalaman dalam menempuh ilmu sejak SMA hingga pendidikan terakhir baik jenjang strata satu (S1)  maupun strata dua (S2). Selain itu akan berbagi ilmu bagaimana memenangi persaingan di tingkat nasional dan internasional dengan cara yang jujur. Berbagi pengalaman mendalami bidang yang kita geluti sekaligus  menekuni  keahlian  saat ini sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Yang tidak kalah pentingnya adalah  memberikan motivasi dan semangat juara kepada para siswa SMA,” papar Herry Saptanto.

Herry menambahkan, selama ini Direksi BUMN banyak yang sudah mengajar di perguruan tinggi. Atau sebaliknya, banyak anggota Direksi BUMN yang berasal dari kalangan pengajar atau dosen di berbagai perguruan tinggi negeri. Tapi Direksi BUMN mengajar dan berbagi pengalaman di SMA masih sangat jarang. Apalagi Direksi BUMN yang berasal dari kalangan guru di SMA.

“ Kami berharap apa yang dilakukan Merpati, dengan menerjunkan anggota direksinya mengajar di SMA, dapat diikuti oleh BUMN lainnya. Selain itu dapat terjadi kemitraan yang baik antara kalangan sekolah menengah atas dengan industri, sehingga terjadi link and macth yang baik sejak di lembaga pendidikan menengah. Karena remaja remaja yang tengah menuntut ilmu di bangku SMA itu sedang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Juga semangat yang luar biasa. Kalau kita beri wadah yang baik semangat dan rasa keingintahuan yang tinggi, akan lebih bernilai positif dan lebih matang lagi saat memasuki dunia perguruan tinggi dan dunia kerja nanti,” tambah Herry. (Ibra)

 

About ibra

Check Also

Perancang busana Samuel Wongso. Foto: Ist.

Selama Wabah Covid 19, Samuel Wongso Akui Order Wong Hang Turun Drastis Hingga 85%

Jakarta, channelsatu.com: Perancang busana  ternama Samuel Wongso dari Wong Hang Tailor, akui sejak wabah Covid …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *