Senin , 6 Desember 2021
Home / Showbiz / Sinopsis / MENJAJAL WISATA ALTERNATIF DENGAN MEMANDIKAN SAPI

MENJAJAL WISATA ALTERNATIF DENGAN MEMANDIKAN SAPI

Bogor, channelsatu.com: Musim liburan sudah tiba. Lantas apa yang harus dilakukan, berkunjung ke Jakarta lagi ? Kira-kira begitulah pikiran yang muncul dibenak keluarga Kurniawan, berasal dari Surabaya,  Keluarga Kurniawan memang tidak berminat untuk melakukan perjalanan wisata keluar negeri. Bukan karena bosan,namun menurutnya banyak tempat rekreasi di luar negegeri yang biasa saja.
Justru tempat rekreasi di negara kita, celoteh Kurniawan, nggak kalah bagus. Bahkan dalam banyak hal tempat rekreasi di negara kita malah lebih baik. Lalu Kurniawan memberikan ilustrasi mengenai tempat wisata di Hongkong, seperti Disneyland, yang sesungguhnya tempat rekerasi semacam itu di Bandung atau  di Jakarta, malah menjajikan.

Di Jakarta banyak tempat wisata yang murah meriah. Coba berkunjunglah ke sejumlah museum, Anda cukup mengeluarkan biaya transport, makan, belanja, dan hotel (apabila diperlukan). “Saya sekeluarga tinggal di rumah saudara,“ cetus Kurniawan tersipu.

Tike masuk ke museum di Jakarta nyaris gratis. Kalaupun membayar, itu tidak lebih dari sepuluh ribu rupiah. Jauh lebih murah dibandingkan tiket masuk bioskop. Untuk museum saja, di Jakarta memiliki lebih dari 60 museum. Karenanya jika Anda mengunjungi seluruh museum, setidaknya diperlukan waktu lebih dari dua hari.

Untuk liburan pertengahan tahun 2013 ini, keluarga Kurniawan mencari tempat wisata alternatif, bahasa kerennya wisata teroboson. Bagaimanapun keluarga Kurniawan ingin liburannya atau perjalanan wisata yang bakal dilakukan menjadi berkesan.

Sebelum ke Jakarta, Kurniawan memang mencari informasi selengkapnya. Semuanya ini dipersiapakn dengan matang. Supaya mendapat tempat tujuan yang menarik sekaligus memiliki keunikan di banding tempatt wisata lain. Di samping mendidik, lantaran keluarga Kurniawan  membawa ketiga anaknya – yang paling besar masih kelas enam di Sekolah Dasar.

Keluarga Kurniawan akhirnya memilih berlibur ke Cisarua, Bogor, yang menurutnya tidak jauh dari Jakarta. Walau bila ke sana mesti melawan kemacetan, bisa-bisa empat jam waktu yang mesti ditempuh, dan hal itu sudah diperhitungan serta bagian dari resiko. Karenanya Kurniwan memilih hotel yang nyaman, tenang serta yang bisa menghilangkan rasa penat. Keluarga Kurniawan tidak ingin dalam berwisata akhirnya menjadi capek, lelah  dan letih. Tentulah  Kurniawan ingin berwisata secara fun dan membahagiakan.

Tempat wisata (di Cisarua) yang dipilih untuk dikunjungi keluarga Kurniawan adalah Erif Farm Cisarua. Apa tidak salah? Sengaja Kurniawan mencari tempat wisata alternatif dan yang mempunyai nilai pendidikan bagi anak-anaknya. “Biar anak-anak tahu sapi perah. Juga biar tahu susu yang diminum berasal dari mana“ ujar Kurniawan.

Seperti diketahui Erif Farm Cisarua tercatat sebagai salah satu peternakan sapi perah tertua dan berprestasi di Jawa Barat. Peternakan sapi perah ini dirintis Haji Erif Kemal Syarif pada 1986. Awalnya jumlah sapi perah yang dipunyai sebanyak 6 ekor. Dengan kerja keras serta keuletan, maka populasi sapi perah yang dimiliki kian bertambah, yang saat ini berjumlah lebih dari 200 ekor (tahun 2013), diperkirakan sekarang jumlahnya 300 ekor, termasuk anak sapi perah.

Ternyata pilihan berwisata ke Erif Farm Cisarua tidak salah. Apa yang dilakukan Kurniawan untuk menyenangkan ketiga anaknya, sekaligus memberikan pengetahuan yang bermakna, sungguh memenuhi sasaran. Tepat sekali, berlibur sambil menimba ilmu.

Misi Erif Farm Cisarua termasuk mulia. Ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mengkonsumsi susu sertamerata mensejahterakan peternak sapi perah. Juga memberikan motivasi kepada kaum muda untuk mau dan tidak ragu menggeluti dunia peternakan.

Tidaklah diragukan bahwa Erif Farm Cisarua benar – benar tempat wisata alternatif keluarga,  yang mesti dikunjungi. Anda sekeluarga  bisa melihat sapi sembari menikmati segarnya susu murni dan yoghurt. Sesungguhya tidak hanya minum susu maupun menyeruput yoghurt Anda ke sana, namun dengan biaya Rp. 25.000,00  anak-anak bisa mengikuti pemerahan yang sesuai waktu pemerahan. Jadwal pemerahan, pagi pukul 06.30-07.00 WIB dan sore pukul 15.30-16.00.

Asyik lho melakukan pemerahan, dan sama asyiknya memandikan sapi serta memberikan pakan pada sapi. Ternyata berkunjung ke Erif Farm penuh manfaat. Kita dapat pengetahuan mengenai sapi  dan hal itu dipandu oleh dokter hewan, jika dokter hewan berada di lokasi.

Sungguh tidak sia-sia keluarga Kurniawan memilih pergi berlibur ke tempat wisata alternatif, yakni bertandang ke pertenakan sapi perah di Cisarua. Keluarga Kurniawan ini menginap di  Resort Prima Cisarua yang jaraknya dari lokasi Erif Farm hanya lima menit, ditempuh dengan kendaraan umum yang ongkosnya dua ratus perak. Bila perlu pun dengan jalan kaki , yang pada pagi hari udaranya demikian bersih serta bebas dari polusi. 

Berangkat dari Jakarta pagi hari, sampai di hotel siang hari. Serta menginap satu hari, kiranya cukup untuk melakukan liburan yang membahagiakan. Menginap di Resort Prima Cisarua juga memberikan kenyamanan, apalagi anak- anak di tempat resort itu bisa beraktivitas, salah satu di antara kegiatannya adalah renang. Esok harinya Anda bisa dengan jalan kaki, sambil berolahraga, bisa ke Erf Farm.

Ya, tidak usah liburan ke luar negeri. Anda sekeluarga cukup ke Cisarua, meski hanya ke perternakan sapi perah, dan di tempat itu Anda sekeluarga bakal merasakan suatu kenangan, serta kebahagiaan, yang tidak bisa dilupakan sampai kapan pun. Anak-anak pasti fun berada di Erif Farm, karena melakukan praktek lapangan. Mereka berlibur, bersenang-senang sekaligus menyerap ilmu. Itulah kebahagian sendiri bagi anak-anak dan keluarga (Syamsudin Noer Moenadi, jurnalis dan gemar berwisata keluarga).

About ibra

Check Also

Ketum Pafindo dan Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan, Prof Agus Suradika

Ketum Pafindo Gion Prabowo, “Ini Bukan Pepesan Kosong”

Jakarta, channelsatu.com:”Kantor kita di Jakarta. Cari makan di Jakarta. Rumah kita di Jakarta. Tentu sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *