Selasa , 4 Oktober 2022
Home / Showbiz / Sinopsis / MAKANAN YANG MENYEHATKAN VERSI JEPANG

MAKANAN YANG MENYEHATKAN VERSI JEPANG

Jakarta, channelsatu.com:Bila Anda ingin sehat, tirulah pola makan orang Jepang. Orang Jepang senang makanan ikan segar sebagai sumber protein. Masyarakat negeri Sakura  memang memperbanyak makan ikan segar, pasalnya menyakini bahwa protein mampu menghindarkan seseorang dari pembuntuan pembuluh darah.

Selain doyan menyantap ikan segar, juga mengkonsumsi sayuran jenis cruciferea, seperti brokoli dalam jumlah lebih banyak dibanding jenis lain. Rebus atau kukus sebentar saja, supaya tidak merusak senyawa kandungan di dalamnya. Penelitian ilmiah membuktikan, sayuran jenis ini bisa mencegah  terjadinya kanker.

Jangan lupa makan nasi secara teratur. Nasi merupakan sumber karbihidrat yang baik dan berkadar lemak rendah. Barulah kemudian minum teh hijau tanpa gula. Teh hijau ini kandungan zat antioksidannya sanggup mencegah kerusakan sel yang menyebabkan gangguan penyakit jantung.

Terus terang makanan Jepang bukan lantaran lezat, melainkan kandungannya sudah teruji secara ilmiah untuk menunjang kesehatan. Para pakar Farmakognosi dan Fitokimia membenarkan  mengenai makanan Jepang,  di antaranya Teh Hijau, Nori dan Endarmame yang memiliki banyak protein serta gizi tinggi.

Minum teh adalah tradisi masyarakat Jepang yang sudah lama berlangsung dan mempunyai sejarah panjang. Saking kuatnya menjadi tradisi, sampai ada upacara minum teh untuk menghormati tamu. Demikian pula untuk sara bersosialisasi Teh Jepang yang populer disebut Nihoncha, merupakan penggabungan antara kata Nihon berarti Jepang  dan cha yang artinya teh.

Mengenai teh hijau Jepang, tergantung dari daerah asal, dan cara mengolahnya. Sementara penanaman teh di Jepang pun bervariasi. Salah satunya ditanam di daerah yang teduh untuk menurunkan katechin, agar rasa pahit berkurang. Perihal rasa pahit, orang Jepang tidak pernah menambahkan pemanis.

Kandungan utama dalam daun teh ialah kafein, theanin, di samping katechin yang bekerja  sebagai antioksida. Kandungan lain flavonoid, dan berbagai senyawa polifenol. Penelitian pada hewan  diperoleh hasil, senyawa polifenol teh hijau berguna bagi kesehatan pembuluh darah dan pencegahan kanker.

Penelitian buat manusia dilakukan untuk menyelidiki pengaruh teh hijau  terhadap macam-macam penyakit, termasuk penderita jantung koroner, dan kanker. Bagaimana hasilnya ?  Ternyata mengonsumsi teh hijau bisa menurunkan  kematian akibat berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, tapi tidak pada kanker.

Manfaat teh hijau, berbeda dengan nori yang tidak lain ganggang merah dari jenis Parhyra. Nori kaya akan kandungan, serat yodiun, serat, iodium, karoten, vitamin A,B,C, E. Selain ada iodium, ada zat besi serta zat besi yang dalam jumlahnya cukup signifikan.  Biasanya nori diolah menjadi bentuk lembaran warna hijau dalam berbagai ukuran. Salah satu bentuk olahan nori ialah onigiri, yang mirip dengan jajanan lemper dari Indonesia.

Lantas tentang edamame yakni kacang kedelei hijau yang masih muda. Tanaman ini dikenal masyarakat Asia Timur sejak 200 tahun lalu. Tanaman bernama ilmiah Glycine soya dari suku Fabaceae biasanya direbus atau dikukus untuk camilan, dan kerap pula digunakan  untuk campuran bahan pembuatan sup, sebagai sayur dan manisan.

Edamame kaya akan unsur protein nabati, serat, karbohidrat dan mikronutrien. Mengandung juga vitamin B1, B5, B6,B9, C, K , kalsium, zat besi  serta fosfor. Kandungan lainnya asam lemak, omega 3 dan omega 6, vitamin K,  mangan, dan asam folat. Di Indonesia,edomame banyak dijual. Tapi umumnya dijual dalam wujud kemasan dan beku.

Ada teknik dalam merebus edamame beku, diperlukan waktu 4-5 menit saja. Untuk edarmame segar, juga cukup direbus dalam waktu tiga menit. Supaya lezat, tabur garam secukupnya. Tambahkan pula saus, saat Anda menyantap Itulah tiga makanan : Edomame, nori ditambah teh hijau, yang menyehatkan serta menjadi makanan sehari-hari yang disantap masyarakat Jepang.  (Syamsudin Noer Moenadi, jurnalis  dan pemerhati kuliner)

About ibra

Check Also

Ketum Pafindo dan Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Kebudayaan, Prof Agus Suradika

Ketum Pafindo Gion Prabowo, “Ini Bukan Pepesan Kosong”

Jakarta, channelsatu.com:”Kantor kita di Jakarta. Cari makan di Jakarta. Rumah kita di Jakarta. Tentu sudah …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *