Jumat , 22 Oktober 2021
Home / Showbiz / LOMBA MUSIK DAN PENYANYI GAMBANG KROMONG

LOMBA MUSIK DAN PENYANYI GAMBANG KROMONG

gambang kromongJakarta, channelsatu.com: Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, tengah berupaya melestarikan musik tradisional Gambang Kromong.

Amat disayangkan memang, Gambang Kromong yang merupakan aset kebudaya asli negeri ini, tengah terancam kelestarianya. Permasalahan kian parah, ketika para generasi muda tak terlalu peduli dengan keberadaan seni musik tradisional ini.

Dengan rendahnya tingkat kesadaran generasi muda tersebut, jangan heran jika suatu saat kesenian musik Gambang Kromong ini bakal punah.

Berangkat dari rasa keperihatinan tersebut, Disparbud DKI Jakarta, menyelenggarakan Lomba Musik dan Penyanyi Gambang Kromong tingkat pelajar SLTA/Sederajat.

Acara yang digelar dari 7-8 November ini, dipusatkan di Perkampungan Betawi Setu Babakan, Serengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, ditujukan untuk melestarikan kembali kesenian musik Gambang Kromong.

Lomba yang diperuntukan bagi pelajar ini, juga dimaksudkan untuk merangsang generasi penerus untuk kembali mencintai, mempelajari serta menghargai aset kesenian negerinya. Tak sampai disitu, lomba ini juga bertujuan untuk mendokomentasikan perkembangan musik Gambang Kromong di era modern.

Melalui acara lomba musik dan penyanyi Gambang Kromong tingkat pelajar ini, diharapkan seni pertunjukan Gambang Kromong kedepanya dapat kembali hidup dan mampu bersaing dengan seni hiburan modern lainya.(Ibra)

About ibra

Check Also

Kado Ultah Kim Soo Hyun. Yang spesial dapat Roma Kelapa. Foto: Ist.

Kim Soo Hyun Ultah. Banjir Ucapan dan Dapat Kado Roma Kelapa

Jakarta, channelsatu.com: Siapa tak kenal dengan Kim Soo Hyun? Pecinta Korea pasti tidak asing dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *