Kamis , 20 Januari 2022
Home / SPORT / Bola / ‘Kemenangan Barca untuk Tito’

‘Kemenangan Barca untuk Tito’

Barcelona mampu bangkit dari ketertinggalan dan memenangkan laga melawan Villarreal yang berakhir dengan skor 3-2 di Stadion El Madrigal, Minggu 27/4. Lionel Messi dan kawan-kawan mempersembahkan kemenangan tersebut untuk  mantan pelatih mereka, Tito Vilanova, yang baru saja meninggal dunia akibat kanker.

 

 

Tito boleh bangga melihat prestasi bekas anak asuhnya. Dalam situasi yang diliputi duka akibat berpulangnya Tito di usia 45 tahun, Barca mampu mengejar defisit gol 0-2 dan mempersembahkan kemenangan untuk pelatih yang sebelumnya berjuang melawan penyakit kanker tenggorokan selama dua setengah tahun tersebut.

Dalam pertandingan tersebut, tuan rumah Villarreal unggul 2-0, lima menit sebelum turun minum. Gol pertama dibukukan Cani, tepat di menit 45. Hanya berselang lima menit kemudian, Manuel Trigueros, menggandakan skor The Yellow Submarine

Namun, di awal babak ke dua, para pemain belakang tuan rumah melakukan kesalahan hingga posisi menjadi imbang 2-2. Gabriel Paulista menyarangkan si kulit bundar ke gawangnya sendiri di menit ke-64. Kesalahan serupa juga dilakukan Mateo Pablo Musacchio di menit 77.

Gol penentu kemenangan Barca dicetak Messi tujuh menit sebelum pluit panjang berbunyi. Sergio Busquet mencoba menyorongkan bola yang kemudian langsung diterima Cesc Fabregas melalui kepalanya. Sundulan bola Fabregas diterima Messi yang langsung menyarangkan bola dengan kaki kanannya dan tak mampu dibendung kiper Villarreal, Sergio Asenjo. Situasi pun berubah menjadi 3-2 bagi keunggulan tim tamu.

Tidak mudah bagi Barca untuk melakoni pertandingan malam tadi. Menjelang bertanding,  terutama saat semua yang hadir tertunduk dan berdoa bersama untuk Vilanova, Busquet tak henti-henti menitikkan air mata. Walau bisa mendominasi jalannya pertandingan di babak pertama, nyatanya anak-anak Blaugrana justru tertinggal 0-2.

Saat masih menjadi pemain yunior, baik Fabregas maupun Messi sama-sama merasakan dinginnya tangan Tito. Bagi mereka, selain pelatih Tito juga seorang mentor dan figur ayah bagi anak asuhnya di La Masia.

Namun, setelah tertinggal dari tuan rumah, tepatnya menjelang babak ke dua, mereka kembali mengiangkan kata-kata Tito, ‘Seny, Pit i Collons’ (Akal sehat, Kekuatan dan Keberanian). Mereka berjuang, seperti dia, dan melalui kesulitan, mereka menang.

Setelah pertandingan usai, Javier Mascherano menangis sambil berlutut. “Kemenangan ini untuk keluarga Tito. Kami akan berjuang sampai akhir, seperti yang dia lakukan,” tandas Mascherano. (CHA/sumber: Goal.com internasional)

About ibra

Check Also

Tevez Pahlawan Juve. Foto: Ilustrasi.

Tevez Pahlawan Juve, Sikat Madrid 2-1

Turin, Itali, channelsatu.com: Carlos Tevez jadi pahlawan Juventus, di semifinal leg pertama liga champions 2014-2015, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *