Sabtu , 3 Desember 2022
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Katagori Film Animasi Baru Pertama Kali dilombakan di FFI 2013, Peminatnya Langsung Membludak

Katagori Film Animasi Baru Pertama Kali dilombakan di FFI 2013, Peminatnya Langsung Membludak

Jakarta,channelsatu.com: Hingga jelang hari terakhir pendaftaran film yang turut serta di Festival Film Indonesia (FFI) 2013 pada Kamis (31/10) siang, antusias para sineas film terus meningkat untuk menyertakan karya terbaiknya.

Untuk katagori Film Bioskop misalnya,yang mendaftarkan filmnya ke sekretariat panitia pelaksana FFI 2013 sudah mencapai 44 film, Lalu katagori Film Dokumenter Pendek ada 55 film, Berikutnya di katagori Film Televisi ada 65 film. Selanjutnya Film Pendek ada 68 film. Dan, untuk katagori Film Animasi yang baru pertama kali dilombakan di FFI 2013 di luar dugaan pesertanya ternyata membludak, hingga mencapai 81 film.

“Ini langkah awal yang baik sekaligus menjadi tantangan. Baru sekali dibuka pesertanya langsung tinggi,” jelas Menparekraf Mari Elka Pangestu ketika meninjau kegiatan FFI di Gedung Film, Jl. MT Haryono, Jakarta, Kamis (31/10) dan mengaku senang dan mengapresiasi tingginya minat masyarakat yang mengikutsertakan film animasi di FFI tahun ini, pada awak media.

“Dengan meningkatnya karya animasi kita harapkan ke depan film karya anak-anak Indonesia bisa dijual ke manca negara,” lanjut Mari yang kedatangannya siang itu didampingi Sekjen Kemenparekraf Ukus Kuswara, Direktur Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Dan Budaya Prof. Dr. HM. Ahman Sya dan Direktur Pengembangan Industri Perfilman Ir. Armein Firmansyah, MT.

Dikatakannya, kategori film animasi memang baru dibuka tahun ini. Hal ini untuk melengkapi penilaian katagori film bioskop, film dokumenter pendek, film pendek dan film televisi yang sudah ada. Dan sekaligus diharapkan mampu merangsang kreativitas di kalangan animator film.

Ia juga merasa puas karena film yang ikut serta di FFI 2013 secara kualitas cukup baik. “Juri-jurinya juga kredibel,” puji Mari yang optimis film yang keluar sebagai pemenang nantinya adalah yang terbaik.

“Film-film yang nantinya keluar sebagai pemenang di FFI 2013 akan kita ikut sertakan di ajang festival film internasional dan akan diputar kembali di bioskop-bioskop,” janji Ketua Umum Pelaksana FFI 2013, HM Firman Bintang.

Acara puncak FFI 2013 sendiri akan digelar di Semarang pada 7 Desember 2013 dan akan disiarkan langsung oleh SCTV. (ibra) Foto: Elson Banurea.

 

About ibra

Check Also

Poppy Kelly. Foto: Ist.

Lewat “Trust Me Up” Poppy Kelly Cari Peruntungan di Jalur Musik

Jakarta, channelsatu.com: Selebritas Poppy Kelly baru saja menuntaskan single terbarunya dalam bahasa Inggris, dengan judul …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *