Kamis , 19 Mei 2022
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / In-Cosplay dan Seni Pertunjukan Meriahkan Hari Film Nasional ke 64

In-Cosplay dan Seni Pertunjukan Meriahkan Hari Film Nasional ke 64

Jakarta, channelsatu.com: In-Cosplay atau main Kostum ala Indonesia, serta Seni pertunjukan bertemakan film oleh kalangan Komunitas Film, memeriahkan puncak peringatan Hari Film Nasional (HFN) ke 64, di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta , Kamis (27/3).

 

 

Ratusan anggota komunitas film yang dihimpun Sekretariat Nasional Kine Klub Indonesia (Senakki) memeriahkan acara ini penuh suka cita. Tepatnya, Hajatan HFN ke 64 hari itu, selain tampil ikut kontes Cosplay, sejumlah komunitas film tampil dalam seni pertunjukan bertema film. Antara lain berupa akting Multimedia Performance Art, Operet Gending Sriwijaya, Operet Sangkuriang, Sendratari Jabang Tetuka, Movie Dance Golden Girls, Kolaborasi Musik Pantomin, serta penyanagan film Impression of film Indonesia.

 

Tampak sejumlah tokoh perfilman, seperti Slamet Rahardjo, Ketua BPI Alex Komang, Aa Gatot, Rea Sita Supit, serta para pejabat Kemnedikbud hadir dalam acara sakral buat orang film yang jatuh pada 30 Maret ini.

 

Di tempat yang sama juga berlansung Pameran Poster Jejak Perfilman Indonesia yang telah berlangsung lebih awal. Tepatnya pameran ini sudah dibuka buat umum mulai 25 Maret.

 

“Cosplay yang sedang mewabah sebagai ikon pop culture di Asia, kami adopsi untuk menjadi instrument bagi aktualisasi budaya Indonesia di kalangan remaja anggota komunitas film,” kata Ketua Senakki Akhlis Suryapati yang jadi pemrakarsa kegiatan ini dalam siaran persnya.

 

“Permainan kostum yang diinspirasi dari karakter film dan legenda di Indonesia ini, kita harapkan menjadi ekspresi yang menyimbolkan moralitas budaya Indonesia masa kini,” lanjut Akhlis yang membuat tag line Hari Film Nasional 2014, dengan dengan kalimat yang tepat, yaitu : “Kokohkan Film Sebagai Karya Budaya.”

 

Menurut Akhlis yang juga dikenal sebagai penggiat dan sutradara film, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kemendikbud. Seluruh dana pendukung itu dimaksimalkan untuk mewujudkan gagasan di kalangan komunitas film yang ingin berperan serta dalam perayaan HFN tahun ini. “Dukungan dari Kemendikbud, membuat kegiatan HFN tahun ini semakin berwarna dan lebih melibatkan masyarakat luas, terutama kalangan remaja,”tuturnya.

 

“Pada acara Peringtan Hari Film Nasional ke 64 ini, kami menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pemangku kepentingan perfilman nasional serta kepada masyarakat luas pecinta film, karena berkat peran serta semua pihak maka sampai hari ini kita memiliki perfilman nasional yang patut dibanggakan dan patut untuk terus-menerus diperjuangakn sebagai karya cipta budaya yang menjadi bagian dari identitias bangsa,” kata M. Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudyaan dalam sambutan di press release.

 

“Peringtan Hari Film Nasional sebagaimana tertuang dalam surat Keputusan presiden No.25 tahun 1999,tentang Hari film Nasional, kita selenggarakan, adalah dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri, motivasi, dan krativitas para insan film Indonesia, serta meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat film Indonesia secara regional, nasional, dan internasional,” tegasnya lagi.

 

Dan, dimana dalam kegiatan ini sebagai tanda syukur dilangsungkan prosesi Tumpeng Robyong Hari Film, dengan harapan perfilman nasional bisa mencapai kejayaan dan memberi manfaat serta kesejahteraan lahir batin bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Sore harinya juri yang diketuai Rea Sita Supit, mengumumkan para pemenang lomba main Kostum yang mendapat piala In-Cosplay Kine Klub serta hadiah dana pembinaan dari kemendikbud. Acara pun ditutup dengan orasi film yang disampaikan tokoh perfilman Slamet Rahardjo. (Ibra) foto-Foto Dudut dan Ibra.

About ibra

Check Also

Kelompok Shivaband 20. Foto: Ist.

Shivaband 20 Sudah Punya 40 Stock Lagu dan Siap Diluncurkan

Jakarta, channelsatu.com:Pendatang baru grup musik, Shivaband 20 siap meramaikan industri musik Indonesia diawal 2021 ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *