Minggu , 14 Agustus 2022
Home / Showbiz / Generasi Muda Harus Turut Melestarikan Upacara Adat Tulude

Generasi Muda Harus Turut Melestarikan Upacara Adat Tulude

Prescon Jelang digelarnya Upacara Adat Tulude, Foto: Win
Prescon Jelang digelarnya Upacara Adat Tulude, Foto: Win

Jakarta, channelsatu.com: Perayaan upacara adat Tulude  untuk ketiga kalinya kembali akan digelar pada 6 Febuari 2016 ini, di Gedung olahraga Jakarta Utara. Kepastian ini diungkapkan langsung Ketua Adat Simson Kation pada awak media, Rabu (3/2/2016) kemarin di Jakarta.

Sementara kegiatan ini sendiri, akan dilaksanakan oleh keluarga besar masyarakat Tampungan  Lawo yang berada di perantau se-Jabodetabek dan diperkirakan akan dihadiri sekitar 2000 orang.

Sedang upacara adat Tulude  atau Mulude sendiri merupakan hajatan tahunan warisan para leluhur masyarakat Sangihe, Sulawesi Utara, yang telah berabad-abad, secara sakral dan relgi terus dilaksanakan. Dan, tentu saja upacara ini tak mungkin dihilangkan atau dilupakan oleh generasi ke generasi. Karena tradisi budaya Tulude secara pasti dan perlahan sudah bisa diterima sebagai tradisi budaya masyarakat Sulawesi Utara dan Indonesia pada umumnya. “Sebab, dimana ada masyarakat Sangihe berada pasti di sana akan ada hajatan upacara adat Tulude,” lanjut Simson.

“Upacara adat Tulude harus tetap ada dan generasi muda, khususnya masyarakat muda Sangihe harus turut melestarikan tradisi ini. Karena ini sudah menjadi salah satu budaya kita,” tutur anggota DPRD DKI Jakarta, Steven Setia Budi Musa. (ibra)

About ibra

Check Also

Bus Om Bebek, Film Anak Pertama Setelah Bioskop Dibuka Kembali

Jakarta, channelsatu.com: Saat bioskop kembali dibuka dan anak-anak diperbolehkan nonton film, ini jadi moment yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *