Jumat , 22 Oktober 2021
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Film Kukejar Cinta ke Negeri Cina, Siapa Lelaki Yang dipilih Jia Li?

Film Kukejar Cinta ke Negeri Cina, Siapa Lelaki Yang dipilih Jia Li?

cinta cina 01Jakarta, channelsatu.com: Berangkat dari pepatah Islam ‘Kejarlah ilmu hingga ke negeri Cina,’ dan hadist HR Muslim ‘Menuntut ilmu, hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim’, cerita Kukejar Cinta ke Negeri Cina dibuat untuk novel, skenario dan film yang jadi produksi terbaru Starvision.

Lalu Chand Parewz Servia selaku produser dengan jeli mengkolaborasi novel dengan skenario yang ditulis Novia Faisal dan dieksekusi dengan manis oleh Fajar Bustomi dirasakan begitu utuh mengantar rangkaian peristiwa pencarian cinta dalam editing apik Cesa David Luckmansyah. Musik yang melibatkan pemain biola dan violin asli Cina terasa begitu indah diciptakan oleh Andhika Triyadi, dalam ramuan sound designing Khikmawan Santosa.

Semua ini membuat cinta gamblang terekspresikan, ‘Cintailah apapun dan siapapun karena Allah’. Begitu pesan yang ingin disampaikan di film ini tanpa harus menggurui.

Perlu diketahui digarapnya film ini, tak sekedar menuturkan kisah cinta remaja yang religius, romantis dengan keelokan wisata kota Semarang dan tembok Cina dan objek wisata di Beijing dan Xi’an. Tapi juga mengawinkan kisah peninggalan Laksamana Cheng Ho di Semarang, dengan muslim di Cina ex Indonesia dan yang telah ada sejak dulu. Sesungguhnya sejarah Islam di Cina lebih tua dari sejarah Islam di negeri kita, tapi pertumbuhannya tidak sepesat di Indonesia.

yang pasti walaupun minoritas ternyata pemahaman Islam tokoh kisah ini di Cina ada yang lebih baik dari tokoh lokalnya.
Kukejar Cinta ke Negeri Cina yang akan mulai beredar 4 Desember ini, berceritera tentang Imam (Adipati Dolken) dan Widya (Nina Zatulini) pasangan yang akhirnya putus karena kedatangan Chen Jia Li (Eriska Rein) ke Semarang untuk melihat peninggalan leluhurnya.

Imam malah menyusul Jia Li hingga ke Beijing bersama Billy (Ernest Prakasa). Imam tiba saat Jia Li khitbah (bertunangan) dengan Ma Fu Hsien (Mithu Nisar). Widya yang dihubungi Billy juga menyusul, kini dia sudah berhijab. Melalui berbagai romantika di Beijing dan Xi’an, pengertian kecintaan atas nama Allah menemukan pencerahannya di Cina.

Namun Kukejar Cinta ke Negeri Cina dari novel karya Ninit Yunita,tidak hanya penonton ikut larut siapa lelaki yang akhirnya dipilih Jia Li sebagai pendamping hidupnya. Namun juga berhasil mengusik keimanan sekaligus menggugah emosi.

Tepatnya, film Kukejar Cinta ke Negeri Cina bertema tentang Hablum Minnanas dan Hablum Minallah, Cinta manusia kepada manusia dan Cinta manusia kepada Allah.

“Saya sangat menikmati setiap proses dalam pembuatan film ini, banyak hal yang menjadi pengamalan tak terlupakan dalam hidup saya. Shooting di lokasi masjid agung Jawa Tengah, masjid Agung Demak hingga masjid bersejarah yang sudah lebih dari 500 tahun di Xi’an (Cina) menambah indah visual film ini,” ungkap Fajar Bustomi selaku sutradara.

Sinopsis

Ridwan Imam Fadhil (Adipati Dolken) mahasiswa abadi yang dipanggil Imam, namanya sangat Islami tapi nyaris tidak melakukan kewajiban sebagai muslim. Kekasihnya Widya (Nina Zatulini) adik kelasnya, sudah selesai kuliah dan kerja. Mereka pacaran 4 tahun, Widya mulai tidak sabaran karena Imam belum juga lulus, sebaliknya Imam kecewa karena Widya harus berpakaian kantor yang sexy.

Ketika Imam menemani sahabatnya Billy (Ernest Prakasa) ke kelenteng Sam Po Khong, dia berkenalan dengan Chen Jia Li (Eriska Rein), wanita muslim dari Cina yang berlibur ke tempat leluhurnya sebelum bertunangan (khitbah) dengan Ma Fu Hsien (Mithu NIsar), pemilik padepokan Wing Chun dan Pesantren di Beijing. Imam terpesona keramahan dan keanggunan Chen Jia Li yang berhijab.

Kenyamanan yang dirasa Imam membuatnya betah bersama Chen Jia Li. Chen Jia Li tidak pernah memaksa, menyuruh bahkan bertanya ketika Imam tidak sholat. Baginya, Imam tidak perlu diingatkan ibadahnya, semua itu harus dari dirinya sendiri.

Imam memilih putus dengan Widya dan siap menyatakan cintanya ke Chen Jia Li. Terlambat, Chen Jia Li sudah kembali ke Cina. Imam menyusul Chen Jia Li ke Cina bersama Billy.

Sesampai di Beijing Imam bertekad melamar Chen Jia Li. Namun, Imam kecewa mengetahui Chen Jia Li sedang khitbah dengan Ma Fu Hsien. Imam tidak menyerah, dia mengikuti saran sahabatnya untuk “meminta” Chen Jia Li dari tunangannya. Chen Jia Li bimbang, dia menyukai Imam tapi tidak ada alasan untuk tidak menerima Ma Fu Hsien.

Saat Imam berharap, Widya menyusulnya ke Beijing untuk minta maaf. Widya memakai hijab, dan ingin hubungannya dengan Imam kembali seperti dulu. Tapi Imam menolak. (Ibra)

About ibra

Check Also

Kado Ultah Kim Soo Hyun. Yang spesial dapat Roma Kelapa. Foto: Ist.

Kim Soo Hyun Ultah. Banjir Ucapan dan Dapat Kado Roma Kelapa

Jakarta, channelsatu.com: Siapa tak kenal dengan Kim Soo Hyun? Pecinta Korea pasti tidak asing dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *