Senin , 6 Desember 2021
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Dalang, Program Drama/FTV Terbaik Anugerah KPI 2016

Dalang, Program Drama/FTV Terbaik Anugerah KPI 2016

Wayang. Foto: Ilustrasi.
Wayang. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, ChannelSatu.com. Film Terlevisi bertajuk Dalang yang disiarkan stasiun televisi SCTV meraih penghargaan terbaik Program Drama / FTV Anugerah KPI 2016. 
Ada 14 kategori yang dilombakan dalam Anugerah KPI 2016, selain Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan penghargaan kepada radio komunitas terbaik yang menjalankan kegiatan penyiaran berkualitas di tengah masyarakat, dan penghargaan pengabdian seumur hidup bagi tokoh penyiaran di Indonesia yang diraih Ishadi S.K.

Ishadi S.K. memang layak mendapat penghargaan tersebut, yang benar-benar memiliki sumbangsih besar bagi majunya dunia penyiaran di Indonesia.

Anugerah KPI merupakan kegiatan rutin tahunan bagi insan penyiaran sebagi bentuk apresiasi KPI atas kerja keras Lembaga Penyiaran yang berupaya menyuguhkan program menghibur namun tetap sehat, berkualitas serta mendidik.

Anugerah KPT 2016 untuk yang ke-11 dengan tema Karya Untuk Bangsa. Tema ini bermakna bahwa produksi program siaran merupakan karya yang diperuntukan bagi kebaikan bangsa.

Dari 14 kategori yang dilombakan, terdapat dua kategori yang patut digarisbawahi secara tebal, lantaran berkaitan erat dengan liputan masalah perbatasan di wilayah Indonesia, yakni Program Televisi Peduli Perbatasan dan Program Radio Peduli Perbatasan.

Kedua kategori tersebut patut mendapat anjungan jempol . Setidaknya selama ini program semacam itu tidak banyak digubris. Sedangkan 12 kategori lainnya, sebagaimana biasa dilombakan setiap tahunnya.

Untuk tahun ini KPI menerima 196 program yang dilombakan, terdiri atas 167 tayangan dari televisi dan 44 program radio. Dari seleksi yang dilakukan KPI atas program siaran yang diajukan Lembaga Penyiaran untuk ikut dilombakan dalam Anugerah KPI 2016, maka menghasilkan tiga nominasi untuk masing-masing kategori.

Tiga nominasi untuk masing-masing kategori itulah yang dinilai 18 juri , di antaranya Seto Mulyadi, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak, Meutya Viada Hafid, Wakil Ketua Komisi I DPR –RI dan Wahyu Dhyatmika, Editor Tempo Media Grup.

Peraih terbaik masing–masing kategori Anugerah KPI 2016 diserahkan pada Kamis, 10 November 2016, bertepatan pada hari Hari Pahlawan dan disiarkan secara live melalui stasiun televisi Trans7 pukul 20.00 wib.

Melalui Anugerah KPI diharapkan membuahkan inovasi dan kreativitas dalam kompetensi industri media yang kian ketat. Tentu untuk menghasilkan program yang sehat, berkualitas serta mendidik membutuhkan tingkat kreativitas tinggi dibanding menyuguhkan program yang sekadar menghibur untuk mengejar rating semata. (Syamsudin Noer Moenadi, email: nm.syamsudin@yahoo.co.id)

About ibra

Check Also

Pafindo berbagi ke anak yatim. Tampak Ketua Umum tengah melakukan aksisosialnya. Foto: Ki2.

Pafindo Berbagi ke Anak Yatim & Bukber di Hotel

Jakarta, channelsatu.com: Perkumpulan Artis Film Indonesia atau Pafindo kembali lakukan aksi sosial, dengan berbagi ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *