Rabu , 21 April 2021
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / Boven Digoel dirilis Awal Febuari 2017

Boven Digoel dirilis Awal Febuari 2017

Adegan film Boven Digoel. Foto: Ist.
Adegan film Boven Digoel. Foto: Ist.

Jakarta, channelsatu.com: Sempat alami penundaan penayangan di gedung bioskop, malah pernah direncanakan diputar untuk menyambut Hari Kesehatan Nasional 2016, film karya sutradara FX . Purnomo yang bertajuk Boven Digoel, akhirnya dipastikan diputar  serentak di gedung -gedung bioskop seluruh Indonesia awal Februari 2017. Pemutaran perdana dan untuk undangan khusus pada 6 Februari 2017.

Penundaan pemutaran tersebut dikarenakan menunggu jadwal antre penayangan. Mengingat jumlah produksi film Indonesia terus bertambah, grafiknya meningkat. Alih-alih juga pemutaran film Indonesia di gedung bioskop harus sesuai jadwal, pemutarannya tidak bisa mendadak begitu saja. Selesai produksi, memang tidak seketika bisa diputar di gedung bioskop. Setiap minggu pada hari Kamis, merupakan pemutaran pertama untuk jatah film Indonesia dengan judul baru.

Sebelumnya, film Boven Digoel dibuat untuk FTV, Film untuk Televisi, judulnya Silet di Belantara Digoel Papua. FTV inipun meraih penghargaan Piala Maya 2015 kategori Film Daerah Terpilih. Harap maklum Silet di Belantara Digoel Papua, versi bioskop berjudul Boven Digoel, diproduksi perusahaan film asli Papua, yakni Foromoko Matoa Indah Film.

Film Boven Digoel yang lokasi syutingnya di Papua, dilakukan selama kurang lebih 21 hari dan di berapa tempat, seperti di Sentani, Danau Love Yoka Abepura, Pelabuhan Jayapura, Pantai Kelapa Satu Merauke dan tentunya di Boven Digoel, kisahnya diangkat dari pengalaman nyata John Manansang.

Dibintangi Christine Hakim, penyanyi Edo Kondolongit, Putri Papua 2013 Maria Fransisca serta artis lokal lainnya, Boven Digoel bertutur tentang seorang dokter Puskemas di pedalaman Papua yang bersusah payah menolong wanita melahirkan. Lantaran keterbatasan alat, untuk membedah pasien hanya dilakukan dengan pisau silet.

Cerita film Boven Digoel sungguh menggugah. Menarik untuk disaksikan, betapa penonton akan mengetahui perihal situasi  kondisi masyarakat Papua yang jauh dari hiruk pikuk Jakarta, Ibukota Republik Indonesia (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com)

About ibra

Check Also

Andini dan Satvika Iswara. Foto: ist.

Penyanyi Andini dan Satvika Iswara Siap Dirikan Yayasan

Jakarta,channelsatu.com: Sudah semestinya, anak muda ikut berperan aktif dalam membantu persoalan bangsa. Seperti yang dilakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *