Rabu , 28 Februari 2024
Home / Showbiz / Selebriti / Ayu Azhari Main Ketoprak Bersama Dubes Jerman

Ayu Azhari Main Ketoprak Bersama Dubes Jerman

Jakarta- channelsatu.com: Artis senior Ayu Azhari punya pengalaman spesial. Maklum ini pertama kali istri musisi Mike Trump itu bermain Ketoprak bersama Pawarta Jogya, Kagama Depok dan Banhubda DIY yang sukses digelar di Binakarna, Bidakara, Jakarta, Jumat 28 Juli 2023.

Yang terasa lebih istimewa lagi bagi Ayu, yang tampil di Ketoprak Damarwulan tersebut. Ia tampil bersama Duta Besar (Dubes) Jerman.

Ayu Azhari Main Ketoprak. Foto : Ist.
Ayu Azhari Main Ketoprak. Foto : Ist.

“Seneng banget bisa main sama orang-orang besar ya,” ungkap Ayu Azhari kepada wartawan usai perhelatan Ketoprak Damarwulan feat Minak Jinggo.

Berperan sebagai Ratu Kencono Wungu, sebagai artis yang sudah membintangi puluhan judul film maupun sinetron, Ayu Azhari merasa tak mengalami kesulitan meski berbahasa Jawa.

Berbagai persiapan khusus pun dilakukan Ayu Azhari sehingga mendapatkan chemistry bersama tokoh panggung seperti Marwoto, Susilo Nugroho “Den Baguss Ngarso”, Angger sebagai Damarwulan, Rini W sebagai Anjasmara, Dalijo sebagai Minak Jinggo, dan figur publik lainnya

“Ada beberapa kali latihan, tapi memang dukungan dari tim sangat berpengaruh dan menjadi poin yang membuat kita jadi semangat,” aku Ayu.

Perhelatan Ketoprak Damarwulan feat. Minak Jinggo, dihadiri oleh Menkopolhukam, Mahfud MD, Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu RI, Umar Hadi, Duta Besar Negara Sahabat, PJ. Gubernur Sulawesi Barat, Zudan Arif Fakrulloh, Walikota Yogyakarta, Singgih Raharjo, Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto.

Bagi Ayu, ini adalah kali pertama dirinya main di kesenian Ketoprak. Ia pun berharap bisa kembali tampil di kesenian asal Jawa ini. “Enggak (kapok main di acara Ketoprak), malahan mau main lagi nanti kalau ada waktu insyaallah,” tegas Ayu.

Ayu Azhari senang kesenian Ketoprok kini semakin disenangi masyarakat, sehingga kesenian ini terus berkembang. “Sudah mendapatkan perhatian dan dukungan dan semua saling support gitu,” papar Ayu Azhari.

Yang istimewa dalam perhelatan ini Ketoprak Damarwulan feat Minak Jinggo ini, Duta Besar Jerman, Ina Ruth Luise Lepel ikut bermain membuat ibu dari Isabel, Lenon, Maryam, Sean, Atiq dan Axel benar-benar bahagia.

Ayu Azhari dan kawan2 saat main Ketoprak. Foto: Ist.
Ayu Azhari dan kawan2 saat main Ketoprak. Foto: Ist.

Damarwulan feat Minak Jinggo yang disutradarai oleh Agus Marsudi, juga melibatkan Menkopolhukam, Mahfud MD berperan sebagai tokoh Pandito. Dengan perannya itu Mahfud MD berpesan menceritakan tentang keamanan dan kestabilan serta menjaga keutuhan negara Majapahit. Semua warga harus taat hukum yang berlaku.

Kembali ke Ayu Azhari dan Ina Ruth Luise Lepel sama-sama baru pertama kali main Ketoprak. “Karena ini kan tadi bicara sama Duta Besar Jerman yang ikut main juga, saya tanyakan bagaimana perasaan dia, dia juga merasakan hal yang sama karena baru pertama kali dan bilang, teman-teman sangat mendukung dan membantu kita untuk lebih percaya diri tampil,” ungkap Ayu Azhari.

Sebagai ungkapan rasa bangga Ina Ruth Luise Lepel menuturkan Ketoprak jadi salah satu alat untuk memperkenalkan Indonesia. ”Tadi dia bilang, orang di Jerman atau di Eropa tahunya Wayang, ketoprak belum tahu. Jadi, bagus juga ketoprak jadi salah satu alat untuk memperkenalkan Indonesia,” lanjut Ayu Azhari.

Sebagai seniman Ayu Azhari senang berhasil memerankan sosok Ratu Kencono Wungu dengan baik. “ Sebagai Ratu Kencono Wungu, menarik, lucu, alhamdulillah, menarik ya. Selamat untuk teman-teman dari Yogya dan teman-teman tim dari Kagama, kemudian temen-temen bagian yang lain dan UMKM juga,” ucap Ayu Azhari.

Harapan Ayu Azhari pertunjukan Ketoprak makin banyak digelar. Agar bisa dinikmati anak-anak milenial sebagai tontonan yang menarik. Sehingga Ketoprak bisa dilestarikan. ” Kilahnya.

“Apa Lagi Itu ‘kan bagian dari kearifan lokal, jadi memang sesuatu yang harus diperkenalkan kepada generasi muda untuk kenal kayak budaya Ketoprak Indonesia. Zaman kan berbeda ya,” pungkas
Ayu Azhari. (Ja2).

About ibra

Check Also

Foto: Dok.

FFWI Dirancang Jadi Festival Film Bergengsi di Asean

Jakarta, Channelsatu.com: Presiden Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII Tahun 2023, Wina Armada Sukardi, menyebut, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *