Jumat , 22 Oktober 2021
Home / Hot News / Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016, NTB dan Sumbar Berjaya

Anugerah Pariwisata Halal Terbaik 2016, NTB dan Sumbar Berjaya

World Islamic Tourism, Aceh juga menang. Foto: Ilustrasi.
World Islamic Tourism, Aceh juga menang. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com. Untuk pertama kali, 2016, Kompetisi Pariwisata Halal Nasional digelar. Penyelenggaranya Kementerian Pariwisata bersama Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata. Kompetisi tersebut memberikan penghargaan yakni Anugerah Pariwisata Terbaik 2016 untuk 15 kategori.

Dari 15 katagori,  Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sumatera Barat, masing-masing meraih anugerah empat kategori. Disusul Aceh menyabet tiga kategori. Lantas Bali mendapat satu kategori yakni The Rhadana terletak di Kuta untuk kategori Hotel Keluarga Ramah Wisatawan Muslim Terbaik.

Daerah Bandung mendapat penghargaan satu kategori. Adalah kategori Sentra Kuliner Halal Terbaik yaitu Kantin Salman ITB Bandung. Lalu kota Bogor memperoleh satu kategori Pusat Belanja Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. Dan satu kategori berikut digenggam ESQ Tours Travel dari Jakarta Selatan untuk kategori Operator Haji & Umroh Terbaik.

NTB  menyabet kategori Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik diraih Novotel Lombok Resort & Vilas yang berada di Lombok Tengah, NTB, kategori Website Travel Ramah Wisatawan Terbaik (Wonderful Lombok Sumbawa), kategori Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik (Kawasan Lembah Sembalun di Lombok timur) dan kategori Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik (rumah makan Ayam Taliwang Moerad).

Provinsi Sumatera Barat juga meraih empat kategori. Yaitu kategori Destinasi Wisata Halal Terbaik, Destinasi Kuliner Terbaik, Restoran Halal Terbaik, yaitu Rumah Makan Lamun Ombak di kota Padang dan kategori Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik yakni Ero Tour.

Sedangkan Aceh memperoleh kategori terbaik di bidang Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik (Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Aceh), Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan kategori Daya Tarik Wisata Terbaik untuk Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh, Aceh.

Menurut Riyanto Sofyan, Ketua Juri sekaligus Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP5H) kepada channelsatu.com di Jakarta akhir pekan September 2016, bahwa penyelenggaraan kompetisi ini disambut gembira oleh masyarakat, terutama pemangku kepentingan pariwisata daerah atau destinasi pariwisata dan pelaku industri pariwisata.

“Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang semula ditargetkan hanya 100 peserta. Namun jumlah pendaftarnya mencapai 117 hingga akhirnya juri menetapkan 111 nominator untuk 15 kategori,“ kata Riyanto Sofyan. Antusiasme masyarakat pun luar biasa. “Terlihat pada saat Kementerian Pariwisata dan TP3H melakukan voting terbuka melalui website maupun tautan sejak 26 Agustus hingga 15 September untuk memilih 111 nominator favorit,“ tegas Riyanto.

Jumlah peserta mencapai 115.462 atau jauh melampaui target semula yang hanya 50 ribu. Perihal penilaian ada tiga aspek. Yaitu pertama meliputi profil destinasi atau usaha dan komitmen pada kepatuhan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan muslim, sertifikasi halal untuk produksi makanan dan minuman, serta penyediaan kemudahaan beribadah.

Aspek kedua meliputi masalah key achievement yang menggambarkan penampilan destinasi atau usaha, data pasar dan perkembangannya, capaian dan target pasar serta kepuasan konsumen. Ketiga aspek keunikan karakter yang tentunya berkaitan erat dengan hal inovasi maupun terobosan produk dan pelayanan yang sesuai pada komitmen pemenuhan kebutuhan wisatawan muslim.

Sesuai rencana penghargaan pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 akan diserahkan pada 7 Oktober 2016 di Jakarta. Dan patut digarisbawahi kompetisi ini diharapkan dapat memacu pariwisata halal Indonesia. Patut pula ditegaskan bahwa pemenang KPHN akan mewakili Indonesia ikut dalam ajang World Halal Tourism Award (WHTA) 2018 yang akan berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emeriat Arab pada Desember 2016.

Di ajang WHTA 2016, Indonesia diharapkan dapat berprestasi kembali atau setidaknya meraih prestasi yang sama pada WHTA 2015 dengan meraih lima awards, yakni World,s Best Halal Tourism Destination (Lombok, NTB), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Lombok, NTB) dan World’s Best Family Friedley Hotel yang diraih Sofyan Betawi Hotel, Jakarta. (Syamsudin Noer Moenadi/ nm.syamsudin@yahoo.com. channelsatu.com).

About ibra

Check Also

Furi Hasan dan 7 Koleksi Bonekanya. Foto: Ibra

Ketika Furi Harun Memilih Mengadopsi Mahluk Astral

Jakarta, channelsatu.com: Kisah mengadopsi anak manusia atau binatang, tentulah sudah menjadi hal biasa. Tapi jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *