Jumat , 17 September 2021
Home / Showbiz / Film, Musik, TV / 5 Pemenang Eagle Award Documentary Competition 2016 Dapat Beasiswa

5 Pemenang Eagle Award Documentary Competition 2016 Dapat Beasiswa

10 Peserta yang masuk Piching Forum Eagle Awards Documentary Competition 2016. Foto: Ibra.
10 Peserta yang masuk Piching Forum Eagle Awards Documentary Competition 2016. Foto: Ibra.

Jakarta, channelsatu.com: Tiga juri yang terdiri dari Seno Gumira Ajidarma (wartawan/budayawan), Sha Ine Febrianti (aktris/sutradara) dan Lela S. Chudori (wartawan/kritikus film), Selasa (26/7/2016) kemarin, menetapkan lima pemenang film dokumenter di Eagle Award Pitching Forum 2016 yang digelar di Grand Studio MetroTV.

Mereka lolos ke babak berikutnya dengan hadiah beasiswa dan pelatihan membuat produksi film dokumenter, setelah menyisihkan dari 10 peserta sebelumnya.

Eagle Award Documentary Competition (EADC) 2016 pada pelaksanaannya yang ke-12 ini, mengusung tema “Indonesia Sehat”. Melalui tema tersebut, kegiatan ini menurut Ketua yayasan Eagle Institute Indonesia yang juga sekaligus Director Program & Divelopment Metro TV, Kioen Moe, mengajak kaum intelektual muda Indonesia untuk kembali berpikir secara kritis dan memberikan alternatif sudut pandang terhadap realitas perkembangan kesehatan dan seluruh dinamikannya di Indonesia.

Menyoal dipilihnya tema ” Indonesia Sehat”, Kioen memaparkan, ” Karena dilomba-lomba sebelumnya banyak para peserta yang mengirimkan tema seperti ini. Akhirnya kita putuskan, untuk memberikan tema “Indonesia Sehat” di Eagle Award 2016 ini,” tutur Kieon yang merasa bangga film-film yang turut berlomba dari ajang ini sudah banyak berprestasi di tingkat ajang festival film international.

“Ke depannya bukan tidak mungkin kita juga akan mencoba Eagle Award film dokumenter untuk tingkat internasional,” ujar Kioen.

Berikut inilah kelima film yang masih berbentuk ide dengan proposal, yang mendapat beasiswa dan pelatihan untuk produksi film dokumenter, diantaranya:

1. Kutukan Tak Bertuan: Mitos Indonesia Bebas Kusta 2019 (Rahmi Rizqi & Ariza Saputra, Aceh),
2. Mama Amamapare (Yonri Soesanto Revolt & Febian Kakisina, Papua)
3. Merangkul ODHA–Lutfi Yulisa & Muhamad Burhan (Lampung).

4. Aku perlu Tahu (Mufti Rasyid & Fery Sriafandi Sal, Jawa Timur),
5. Aplikasi Programmer Cilik untuk Wong Cilik yang sakit (Ruth Angela Christie Kirana & Asep Saka Saputra, DKI    Jakarta).

Program Eagle Award Pitching Forum 2016 ini sendiri, rencananya akan ditayangkan di Metro TV pada 6 Agustus 2016 pukul 22.30 – 23.30 WIB. (Ibra)

About ibra

Check Also

Kelompok Shivaband 20. Foto: Ist.

Shivaband 20 Sudah Punya 40 Stock Lagu dan Siap Diluncurkan

Jakarta, channelsatu.com:Pendatang baru grup musik, Shivaband 20 siap meramaikan industri musik Indonesia diawal 2021 ini. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *