Jumat , 22 Oktober 2021
Home / Talk / Gado-Gado / Waaspers Panglima TNI Tutup Pelatihan Terpusat Mabea TNI

Waaspers Panglima TNI Tutup Pelatihan Terpusat Mabea TNI

Jakarta, channelsatu.com:Pelatihan Terpusat bagi 32 Mahasiswa Beasiswa (Mabea) TNI tahun 2013 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang dilaksanakan selama lima hari (24 s.d. 28 Juni 2013), ditutup secara resmi oleh Wakil Asisten Personel (Waaspers) Panglima TNI Brigjen TNI Tarwin di Pusdik Ajen Kodiklat TNI AD Lembang Bandung Jawa Barat, Jumat sore (28/6/2013). Ke-32 Mabea TNI dari beberapa Fakultas dan Jurusan seperti Fakultas Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Psikologi serta Jurusan  Farmasi  tersebut dibagi menjadi tiga matra yaitu 15 orang TNI AD,  8 orang TNI AL dan 9 orang TNI AU.

Dalam amanatnya Waaspers Panglima TNI mengatakan bahwa, pelatihan terpusat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi, mental idiologi, kesehatan serta kesemaptaan jasmani para Mahasiswa Beasiswa TNI guna menghadapi seleksi tingkat pusat penerimaan calon Perwira  Prajurit Karier (Pa PK) TNI.

Selama lima hari, para Mabea TNI diberikan beberapa pembekalan yang bersifat teori maupun praktek seperti kepribadian, mental idiologi dan kematraan, baik matra darat, laut maupun udara. Selain itu, juga diberikan pelajaran dasar baris-berbaris serta mendapat pembinaan kesegaran jasmani untuk menjaga kondisi fisik dalam menghadapi seleksi tingkat pusat penerimaan Pa PK TNI.

Pada seleksi tingkat pusat penerimaan calon Pa PK TNI yang diselenggarakan setahun sekali oleh Spers Mabes TNI,  Mahasiswa Beasiswa TNI akan bersaing dengan para lulusan sarjana yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Mahasiswa Beasiswa TNI tidak serta merta lulus menjadi calon perwira TNI, namun terlebih dahulu mengikuti seleksi tingkat pusat.

Bagi Mabea TNI yang dinyatakan tidak lulus pada seleksi tingkat pusat diwajibkan mengikuti tes ulang  pada tahun berikutnya karena setiap calon Pa PK Mabea TNI telah terikat kontrak dengan TNI dan telah menandatangani pernyataan yang isinya, antara lain bahwa setiap calon sanggup mengembalikan biaya yang dikeluarkan oleh negara apabila berulang kali tidak lulus dalam seleksi tingkat pusat penerimaan calon Pa PK TNI sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Bagi lulusan sarjana yang ingin berkarier di TNI, dapat mendaftarkan diri di Kodam, Lanal dan Lanud di daerah masing-masing atau dapat mendaftar secara online di alamat : rekrutmen-tni.ilmci.com. Seleksi tingkat daerah akan dibuka pada bulan September s.d. Oktober 2013, sedangkan seleksi tingkat pusat akan dibuka pada bulan Desember 2013.

Pembukaan Pendidikan Pertama (Dikma) Pa PK TNI tahun 2014 yang dilaksanakan pada awal Januari, Markas Besar TNI mengalokasikan sebanyak 146 orang dengan rincian 66 orang TNI AD (53 pria dan 13 wanita), 40 orang TNI AL (35 pria dan 5 wanita) dan 40 orang TNI AU (32 pria dan 8 wanita).(ibra)

About ibra

Check Also

Pasar Baru. Foto: ist.

Jalan-Jalan ke Pasar Baru, Menguak Perjalanan Masa Lalu

Jakarta, channelsatu.com: Bisajadi jalan-jalan sekaligus belanja ke Pasar Baru yang terletak di Jakarta Pusat dianggap …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *