Minggu , 17 Desember 2017
Home / SPORT / All Sports / Sungailiat Triathlon Habiskan Dana APBD RP 886 Juta, Perputaran Uang Sebesar Rp 2,6 Milyar

Sungailiat Triathlon Habiskan Dana APBD RP 886 Juta, Perputaran Uang Sebesar Rp 2,6 Milyar

Sungailiat Triathlon. Foto: Ist.
Sungailiat Triathlon. Foto: Ist.

Sungailiat, channelsatu.com: Usai sudah Sungailiat Thriathlon 2017 digelar. Sedangkan yang tersisa dari pelaksanaan even tersebut adalah kesuksesan luar biasa, mengingat perputaran uang dalam ajang tahunan ini mencapai Rp 2,6 miliar. Angka itu berdasarkan kalkulasi dari uang pendaftaran saja.

Peserta Sungailiat Thriathlon 2017 diikuti 523 peserta dari 16 provinsi  dan 16 negara. Rinciannya:  Untuk kategori long distance yang terdiri 1,9 kilometer renang, 90 kilometer bersepeda dan 21,1 kilometer lari, diikuti  47 peserta.

Kategori standart distance (1,5 kilometer renang, 40 kilometer bersepeda dan 10 kilometer lari) diikuti 214 peserta. Kategori sprint distance (750 meter renang, 20 kilometer bersepeda dan 5 kilometer lari) dengan peserta 238 orang. Sedangkan kategori standar relay diikuti 8 tim alias 24 peserta.

Adapun pemenang Sungailiat Triathlon 2017 yang startnya dimulai dari  Tanjung Pesona  Beach  Resort and Spa, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka-Belitung, adalah untuk kategori long distance men: Abdoullah Mitiche. Lantas untuk long distance woman: Eva Desiana. Kategori standart distance men/woman : Jauhari Johan dan Rosanna Bille.

Pemenang kategori sprint distance men/wowan, yakni Muhammad Ahlul Firman dan Inge Prasetyo. Terus pemenang kategori standart distance relay diraih Tim 272 Marinir Angkatan Laut Jakarta. Disusul Timim 273 Marinir Angkatan Laut Jakarta sebagai juara dua. Juara tiga: Serpong Cycling Team.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bangka, Tony Marza, kepada channelsatu.com, bahwa biaya kegiatan Sungailiat Triathlon 2017 yang besar itu, Rp 998 juta dari APBD,  “Memang hitungannya segitu. Pihak kami menganggarkan dana sebesar itu. Ya, memang membutuhkan biaya besar. Ada uang untuk belanja publik, untuk promosi, dan ada uang keluar, serta ada uang yang didapat.“

Sementara Ketua Panitia Sungailiat Triathlon 2017, Arman Agus, kepada channelsatu.com menegaskan perihal pemutaran uang selama even berlangsung, yakni sebesar Rp 2,6 miliar lebih. “Jumlah itu dari uang pendaftaran saja. Belum lagi dari akomodasi, penginapan, hingga kebutuhan lainnya, termasuk beli oleh-olehnya. Uang pendaftaran setiap peserta besarnya Rp 5 juta hingga Rp 8 juta, ya sesuai kategori. Nah, dikalikan  523 peserta, maka sudah kehitung kan jumlahnya hampir tiga miliar rupiah. Uang pendaftaran Sungailiat Triathlon ini termasuk murah dibanding Bintan Triathlon yang dua kali lipatnya.“

Pada sisi lain, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disparpora Kabupaten Bangka, Indrata Yusaka, mengatakan, “Dana yang terkumpul dari peserta semuanya kembali kepada peserta dalam bentuk perlengkapan, seperti penginapan, makan selama even berlangsung, dan lain-lain yang tidak dicover APBD. Apa yang dibayarkan peserta kembali kepada mereka “

Lalu apa kata Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung, Yan Megawandi? Kepada channelsatu.com membeberkan pernyataan,
“Kita berharap dengan kegiatan ini, ke depannya kepariwisataan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, teristimewa Kabupaten Bangka makin maju, khususnya di bidang sport tourism. Even ini terbukti telah memberikan kontribusi besar bagi percepatan, pertumbuhan, pengembangan wilayah, serta kepariwisataan di Bangka Belitung. Namun ingat ya, silakan beri kritik maupun saran.“  (Syamsudin Noer Moenadi, email nm.syamsudin@yahoo.com)

About ibra

Check Also

sabang fest1

Sabang Marine Festival 2017, Silaturhim Para Yachter

Jakarta, channelsatu.com: Sabang Marine Festival yang tahun 2017 ini untuk ketiga kalinya, akhirnya digelar juga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *