Senin , 22 Juli 2019
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Sukses Bawa Tenun ke Amerika, Anna Mariana Kini Masuk Timur Tengah

Sukses Bawa Tenun ke Amerika, Anna Mariana Kini Masuk Timur Tengah

Desainer senior Anna Mariana (kiri) dan  Tazbir Abdullah jadi nara sumber talkshow membahas Statergi Bisnis Memasuki Timur tengah yang dipandu  Teti Rompis, Jumat (10/5/2019) di Balai kartini. Foto: dudut Suhendra Putra.
Desainer senior Anna Mariana (kanan) dan Tazbir Abdullah (tengah)  jadi nara sumber talkshow membahas Statergi Bisnis Memasuki Timur Tengah, yang dipandu Teti Rompis (kiri), Jumat (10/5/2019) di Balai Kartini. Foto: Dudut Suhendra Putra.

Jakarta, channelsatu.com: Tenun khas Indonesia yang keren, unik dan penuh daya pikat penggunanya, memang sudah terkenal hingga ke manca negara. Di Amerika misalnya, kain tenun buatan Indonesia sudah populer diperkenalkan oleh disainer senior Anna Mariana. Order dari para buyer dari negeri Paman Sam bisa disebutkan selalu ada sepanjang tahun. Setelah sukses di Amerika, kini kain tenun buatan tangan-tangan trampil dan kreatif anak negeri, akan masuk pasar negara-negara Timur Tengah.

Hal ini terungkapkan lewat Perancang tenun dan songket Nusantara sekaligus bertindak sebagai Penggagas, Pendiri, dan Dewan Pembina Tenun Indonesia, Anna Mariana dalam Talkshow Forum Bisnis Indonesia International Islamic Fair 2019 di Balai Kartini-Jakarta, Jumat (10/5/2019) kemarin, dengan judul “Strategi Bisnis Memasuki Pasar Timur Tengah,” dimana Anna menjadi salah satu narasumber.

Menurut Anna untuk menjajakan tenun dan kerajinan khas Indonesia, kita harus memahami dulu kultur dan budaya mereka yang Islami. “Yang pasti mereka tidak akan membeli motif-motif mahluk yang bernyawa, entah itu bentuk gambar manusia atau hewan,” tutur Anna.

Tenun Indonesia dipastikan akan masuk pasar Timur tengah. Foto: dudut Suhnedra Putra.
Tenun Indonesia dipastikan akan masuk pasar Timur Tengah. Foto: Dudut Suhendra Putra.

“Untuk itu, kita harus bisa terus berinovasi menciptakan motif-motif sesuai yang mereka ingin, tentu dengan menjaga qualiti kontrol standar menuju pasar global. Binaan kami, para pengrajin ada jutaan di seluruh Indonesia, kita akan kembangkan terus dari hulu hingga hilir. Dengan terus meningkatkan kualitas dan kreatifitas tanpa menghilangkan ciri khas Indonesia serta promo yang berkesinabungan, saya optimis pasar tenun menuju Timur Tengah bisa dilakukan,” ujar Anna yakin.

“Kementerian perdagangan tentu sangat mendukung hal ini dan akan memfasilitasi eksport lewat jasa wisata halal, termasuk tenun. Pasalnya, disain kain tenun marketnnya luar biasa di Timur Tengah. Untuk itu, kita tidak boleh kalah dengan tetangga kita, Cina dan Malaysia karena mereka aktif. Kita harus berkolaborasi merebut pasar Timur Tengah,” tambah Tazbir Abdullah dari tim kalender event Kemenpar yang juga hadir sebagai nara sumber talkshow petang itu, yang dipandu Teti Rompis Indonesia Fashion Galerry New York. (Ibra)

About Muhammad Bakti

Check Also

Noveo Alxander tukang make up orang beken. Foto: ist.

Noveo Alexander Tukang Make Up Orang Beken

Jakarta, channelsatu.com: Sederet nama beken dijagat hiburan, seperti Mikha Tambayong, Luna Maya, Ayu Ting Ting …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *