Jumat , 27 November 2020
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Serbuan Cemilan Asing, Mulai Takoyaki Hingga Dorayaki

Serbuan Cemilan Asing, Mulai Takoyaki Hingga Dorayaki

Dorayaki. Foto: Ilustrasi.
Dorayaki. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com: Memasuki mal di Kelapa Gading, Jakarta Utara, tentunya juga di pusat pembelanjaan lain, saya terperanjat dengan banyaknya kedai makanan yang ditata menarik, apik, untuk mengundang pembeli, yang menjajakan makanan termasuk cemilan asing. Saya sangat prihatin soal ini.

Betapa serbuan cemilan asing suatu keniscayaan yang susah untuk ditolak, dibendung maupun dihindari. Mengingat zaman sudah berubah cepat dan demikian global. Sementara jajanan atau kue tradisional seperti serabi nyaris terpinggirkan kendati ada yang mengangkat untuk dijajakan pada kafe atau restoran yang bergengsi.

Tapi baiklah mari menelusuri cemilan apa saja, teristimewa cemilan dari Jepang  yang tersebar di mal-mal itu. Paling tidak empat cemilan asal Negeri Sakura yang dijajakan di mal dan sesungguhnya cemilan tradisional. Hanya saja rasa serta penyajiannya disesuaikan dengan zaman sekarang. Jelas hal yang kreatif.

Cemilan Takoyaki sudah ada sejak tahun 1935. Seorang penjual makanan di Osaka bernama Endo Tomekichi yang membuat cemila Takoyaki. Tako artinya gurita dan yaki artinya digoreng atau dipanggang. Jadi Takoyaki kue berisi potongan gurita kecil. Nah, cemilan ini dimasak di atas penggorengan khusus Takoyaki. Penggorengan khusus itupun akhirnya dinamai pula taroyaki

Cemilan Takoyaki disajikan dengan saus dari buah buahan, mayonaise, nori atau rumput laut dan katsuo odori. Katsuo berasal dari kata katsuobushi, yaitu ikan tuna yang diiris tipis dan diasap. Sedang odori artinya tarian. Maka katsuo ini bergerak seperti menari saat di atas takoyaki yang masih panas.

Dari luar, Takoyaki kelihatan garing karena kecokelatan setelah digoreng. Padahal setelah digigit, bagian dalamnya empuk. Ada beberapa pilihan isi Takoyaki. Selain gurita ada juga  ayam  yang lezat, keju yang rasanya gurih, daging yang pasti membuat ketagihan. Ingin mencoba ? Hem nikmatnya.

Ada lagi cemilan Mochi Es Krim. Ya, mochi berisi es krim. Sekitar tahun 1961 sebuah perusahaan makanan di Jepang membuat mochi dalam kemasan yang kemudian dikenal dengan sebutan Mochi Es Krim. Cemilan Mochi Es Krim berwarna–warni yang sesuai juga dengan aneka rasa es krimnya. Misalnya rasa stroberi, vanila, teh hijau, leci, cokelat, mangga dan lainnya.

Juga ada rasa cookies’n cream. Isinya es krim ditambah potongan kecil biskuit berwarna hitam. Cemilan ini mochinya empuk, lembut. Lantasnya es krimnya sama seperti es krim biasa. Mochi Es Krim bisa dimakan di tempat dan bisa pula dibawa pulang dengan kotak khusus yang diberi es.

Cemilan lain asal Jepang yang patut dicoba yakni Okonomiyaki. Asal katanya okonomi, artinya yang kamu suka. Lantas kata yaki artinya digoreng .Kata lain inilah cemilan Pizza Jepang yang paling populer di Osaka dan Hiroshima. Isi Okonomiyaki bisa disesuaikan dengan kesukaan masing-masing pembeli.

Misal kesukaan Anda gurita, salmon, tuna , keju, kepiting, daging asap dan sebagainya. Begitu Anda sudah memilih isi kesukaan, lantas Anda memasaknya. Cara memasak ini sama seperti cemilan Takoyaki. Okonomiyaki juga dilumuri saus,  mayonnaise, nori dan katsuo odori.

Cicipilah Okonomiyaki, maka telur yang menjadi salah satu bahannya begitu terasa sekali. Walau di Osaka dan Hirosima disebut pizza, namun ukurannya justru imut alias lebih kecil daripada pizza Italia. Soal enaknya, tergantung selera, Memilih Okonomiyaki atau pizza Italia.

Nah, masih ada satu lagi cemilan asal Jepang yang perlu Anda tahu, yaitu kue favoritnya Doraemon, tidak lain cemilan Dorayaki. Dulu, di Jepang, Dorayaki hanya diisi adonan kacang merah saja. Tapi sekarang ini beraneka ragam isinya. Ada isi keju, cokelat, pisang, custand cream, blueberry dan lainnya. Mau dicampur juga boleh. Misalnya keju campur strobery. Dorayaki adalah salah satu wagashi atau cemilan yang paling tradisional di Jepang, ketimbang Mochi Es Krim, Okonomiyaki dan Takoyaki. Seratus tahun lebih yang lalu camilan Dorayaki sudah dikenal.

Dora berarti gong. Harap diperhatikan wajah Doraemon memang mirip  gong kan? Awalnya Dorayaki tidak terdiri dari dua lapisan kue. Hanya satu lapis saja. Tahun 1914 pembuat kue bernama Ueno Usagiya membuat Dorayaki dengan dua lapis. Mau menikmati cemilan yang manakah? Keempat cemilan itu semuanya enak dan tentunya bergizi. Datang saja ke mal yang terdekat dengan tempat tinggal Anda, lantas carilah cemilan yang Anda sukai. (Syamsudin Noer Moenadi, jurnalis, pemerhati kuliner , dan Redaktur channelsatu.com)

About ibra

Check Also

Ketua Umum Pafindo, Gion Prabowo. Foto: ist.

Ketum Pafindo Gion Prabowo, Akibat Covid 19 Himbau Pengusaha dan Produser Film Peduli Pada Pekerja Film

Jakarta, channelsatu.com: Dampak wabah virus Corona-Covid 19, yang mengharuskan masyarakat untuk sementara waktu berada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *