Minggu , 22 Oktober 2017
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Sepotong Coklat Yang Membuat Banyak Orang Ketagihan

Sepotong Coklat Yang Membuat Banyak Orang Ketagihan

Coklat. Foto: Ilustrasi.
Coklat. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com:Kiranya tidak ada salahnya selama satu minggu, Anda meluangkan waktu seharinya saja untuk menikmati cokelat, entah sekadar meminum secangkir cokelat atau makan sepotong cokelat, mengingat cokelat mempunyai banyak manfaat buat kesehatan tubuh. Anda bisa minum segelas cokelat sebelum atau sesudah sarapan. Juga pada saat akan melakukan makan siang, boleh saja mengganti makan siang Anda dengan makan coket dan kenapa tidak?

Berbagai vitamin yang terkandung pada cokelat, seperti vitamin A,B,C,D,E, zat besi, kalsium maupun kalsium yang memberikan nutrisi bagi tubuh. Zat bernama  phenylethylamine juga ada pada cokelat. Zat tersebut  membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine yang menimbulkan perasaan gembira dan meningkatkan rasa suka cita.

Cokelat pun mengandung banyak zat yang merangsang serotonin di otak untuk aktif sehingga menimbulkan perasaan rileks dan nyaman. Serotonin merupakan bahan kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati, serta mengurangi kesedihan dan depresi. Di satu sisi, cokelat berkualitas tinggi memiliki kandungan lemak yang terbukti bebas kolesterol. Dengan begitu, tidak menyumbat pembulu darah.

Kandungan magnesium alami yang tinggi juga ada pada cokelat. Selain memiliki kandungan zat theobromine yang mempunyai efek bagaikan kafein, yaitu menstimulasi jaringan syaraf dan jantung. Karenanya dengan minum cokelat atau makan cokelat kita menjadi terjaga dan bersemangat. Tidak hanya itu, zat theobromine juga dapat meredakan batuk.

Dulu, fakta mencatat bahwa cokelat dikonsumsi murni untuk kesehatan. Berdasarkan catatan sejarah kesehatan, di Prancis,  pada tahun 1775 ahli kesehatan bernama Sulpice Dehauve menjadi orang pertama yang menggabungkan cokelat dengan mint. Waktu itu Sulpice Dehauve membuat campurannya untuk Ratu Marie Antoinnette, Ratu Prancis terkondang pada zamannya.

Cokelat sudah lama  diketahui manfaatnya untuk kesehatan. Sedangkan mint untuk pencernakan di perut dan membuat rasa nyaman. Campuran cokelat dengan mint, yakni Mint Choco Chip, merupakan minuman yang khas, Di Prancis hanya akan ada sepanjang musim dingin hingga akhir Januari atau awal Februari.

Tidak setiap peramu yang bisa mencampurkan alias memadukan cokelet dengan mint. Ada minuman Mint Choco Chip yang lebih mengedepankan rasa cokelatnya saja. Sebaliknya Mint Choco Chip yang dianggap oke, didominasi warna hijau, dan rasa mintnya pekat (bukan berkat esnya) serta  meninggalkan sensasi dingin yang bertahan lebih lama.

Sejatinya cokelat adalah hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat yang mengandung lebih dari 70 persen  biji kakao memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan antioksidan dalam cokelat mengurangi resiko serangan jantung, stroke, serta darah tinggi, lantaran dapat mengurangi kolesterol dalam darah dan juga mencegah kanker dalam tubuh.

Betapa banyak sekali manfaat makan cokelat. Tetapi yang perlu diingat, jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari cokelat, maka harap dipilih cokelat yang kandungan gulanya sedikit, serta mempunyai kandungan biji kakao minimal 70 % dan hal ini ada pada jenis dark chocolate alias cokelat hitam.

Pabila Anda minum secangkir cokelat atau makan sepotong cokelat, entah itu dalam bentuk kue yang jelas sekali rasanya lezat, pastilah memperoleh sensasi yang tidak terduga–duga. Apa? Sensasinya adalah membuat Anda ketagihan. Bisa-bisa sehari minum secangkir cokelat. Silahkan menikmati enaknya sepotong cokelat, segelas cokelat dengan bermacam variasinya, misal ditambah sedikit susu kental manis, duh betapa nikmatnya. (Syamsudin Noer Moenadi, Jurnalis Senior, Pemerhati masalah kuliner, dan Redaktur channelsatu.com).

About ibra

Check Also

Prescon Wisata halal. Foto.Snm.

Temu Bisnis Wisata Halal Internasional 2, Pererat Silaturahim Membawa Berkah

Jakarta, channelsatu.com: Melanjutkan sukses temu bisnis wisata halal internasional pertama yang dihadiri lebih 120 pelaku …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *