Minggu , 17 Desember 2017
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Sekali Lagi Tentang Buah Kurma, Dalam Al-Quran disebut Sebanyak 24 Kali

Sekali Lagi Tentang Buah Kurma, Dalam Al-Quran disebut Sebanyak 24 Kali

Kurma. Foto: Ilustrasi.
Kurma. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com: Lebaran sudah melewati kita. Namun yang tersisa di meja makan atau di ruang tamu adalah buah kurma. Di ruang tamu masih tersedia buah kurma yang ditata dalam wadah cantik yang sepertinya menunggu kedatangan para tamu untuk bersilaturahim. Sementara di meja makan, buah kurma disediakan dalam kaitan buka puasa Syawal, yakni puasa Sunnah selama enam hari yang bisa dilakukan secara berturut-turut atau berselang-seling (sehari puasa, lantas sehari -dua hari baru puasa lagi).

Ada beberapa pembaca laman channelsatu.com memberikan komentar tentang tulisan buah kurma yang memiliki banyak jenis. yaitu ada 21 jenis. di antaranya disebut tiga jenis saja : Kurma Wanan, Khidri dan jenis kurma Nabut Ali. Ada pula pembaca laman channelsatu.com yang bertanya mengenai klasifikasi ilmiah buah kurma yang banyak  manfaat.

Tidak dipungkiri buah kurma banyak sekali manfaat, seperti dapat mencegah kanker dan penyakit jantung. Hal ini karena serat buah kurma dapat mencegah penyegah kolesterol. Apalagi kurma mengandung vitamin  A, vitamin K, vitamin B-kompleks, kalsium dan sumber zat besi yang jelas sangat baik untuk tubuh.

Hendaknya buah kurma disediakan di rumah pada setiap saat, tidak dijadikan buah wajib di saat puasa. Sejarah mencatat  kurmah sudah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buah kurma  menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Orang Arab menyebarluaskan kurma di wilayah sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia.

Itulah pasalnya buah kurma identik dengan Timur Tengah. Tapi sekarang ini, menyebar kemana-mana. Di Mexico, California dan di sekitar Mission San Ignacio, kurma sudah diperkenalkan oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765. Dan kini olahan buah kurma pun sudah beraneka macam, antara lain kurma berlapis cokelat, jus kurma bersoda, serta malah kopi kurma.

Daun kurma muda dapat dimasak dan dimakan sebagai sayuran, Kuncup bunga nya sering digunakan dalam salad. Di India, Pakistan, Afrika Utara, Ghana dan Pantai Gading, pohon kurma disadap untuk diambil getah manisnya yang diolah menjadi buah kelapa. Nah, bentuk buah kurma lonjong selinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketikan masih muda warnanya  merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya.

Kurma mempunyai biji tunggal dengan panjang sekitar 2-2,5 cm serta tebal 6-8 mm. Bunga Kurma dikelompokkan menjadi tiga golongan utama : Lunak, semi –kering dan kering. Jenis buah kurma ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa. Perlu diketahui kurma merupakan jenis tanaman palma yang buahnya dapat dimakan.

Menurut berbagai sumber, kemungkinan tanaman kurma berasal dari tanah sekitar Teluk Persia, Tinggi pohonnya sekitar 15-25 m. Ya, tinggi sekali. Pohon kurma dapat tumbuh secara tunggal maupun berumpun. Klasifikasi ilmiah kurma yang masuk kerajaan Plantas, divisi: Magnoliophyta, kelas: Liliopsida, ordo: Arecales, family: Arecaceae, genus: Phoenix, spesies P.dactylitera, dan nama binomial: Phoenix dactylitera L.

Jadi tidak diragukanlah manfaat buah kurma, buah berwana gelap yang legit dan manis ini. Jelas pula kurma bukan buah biasa. Dalam Al-Quran, buah kurama disebut sebanyak 26 kali. Ini artinya menunjukkan bahwa buah kurma memiliki kelebihan  dari buah –buahan yang lain. Sungguh, kurma adalah buah yang menyehatkan. (Syamsudin Noer Moenadi, Jurnalis Senior, Pemerhati Kuliner dan Redaktur channelsatu.com).

About ibra

Check Also

Tomm. W. Sosok pengusaha sukses. Foto: Ibra.

Tommy, “Harus Punya Mimpi Jika Ingin Sukses”

Jakarta, channelsatu.com: Ketika kita berhasil mencapai sekolah tinggi dengan sederet gelar di tangan, awalnya kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *