Jumat , 25 September 2020
Home / Talk / Gado-Gado / SEJARAH PANJANG YOGHURT : BMC, CISANGKUY , CIMORY DAN EYOCITY

SEJARAH PANJANG YOGHURT : BMC, CISANGKUY , CIMORY DAN EYOCITY

Bandung, channelsatu.com: Setiap pergi ke Bandung, tidak terkecuali urusan kantor, saya mampir ke Resto Yoghurt Cisangkuy yang beralamat di Jalan Cisangkuy. Di resto itu saya memesan menu andalan yakni es yoghurt. Minuman hasil fermentasi dari susu murni. Harga pergelasnya tujuh ribu – sepuluh ribu rupiah.  Dengan merogoh kocek yang tidak sampai duapuluh ribu rupiah, saya memperoleh suatu kesegaran tiada tara. Barulah setelah itu saya putar-putar kota Bandung yang saat ini dikenal sebagai kota wisata paling sibuk di Jawa Barat. Kota Bandung juga  terkenal dengan wisata kuliner yang praktis sudah berubah menjadi suasana modern. Hal ini dapat dimengerti mengingat pasar yang kiat ketat persaingannya, sertamerta bagaimanapu pula modernitas kuliner tidak mungkin dihalang-halangi.

Hal inilah yang membuat saya  merasa kangen terhadap Resto Yoghurt Cisangkuy yang dikelola secara turun termurun. Resto ini dirintis ibu Hartiah yang mulanya satu ruangan di depan rumah, lantas dalam perkembangannya, karena banyak pengunjung, maka halaman depan serta garasi digunakan. Ditaruh tempat duduk untuk pengunjung.  

Saya mengenali dan hapal tentang ibu Sumarni yang sekarang pewaris resto ini, anak kandung ibu Hartiah. Tapi saya percaya ibu Sumarni tidak begitu mengenali saya, lantaran banyaknya pembeli ke resto itu. Lagi pula saya tidak setiap hari bertandang ke Resto Yoghurt Cisangkuy. 

Walau modernitas kuliner di Bandung demikian gencar. Namun tidak dipungkiri sajian klasik maupun tradisional ternyata makin digemari, dan dinamikanya pun penuh warna warni, tentu dengan segala keunikan dan kelezatannya. Kiranya perkara inilah yang buat saya selalu mengingatkan bahwa mencari yoghurt adanya ya di Resto Yoghurt Cisangkuy. 

Yoghurt merk lain tentu ada, malah dengan kemasan yang apik dan menawan. Seperti merk Cimory dan  Eyocity. Yoghurt Cimory  sudah menjadi sekaligus menjelma industri yang luar biasa. Di mana-mana terdapat outlet (khusus dan berwajah mencolok ) yang menjajakan merk Cimoray. Sementara merk Eyocity, baru dirilis sebulan lalu, dan outletnya terbatas. Itupun berada di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. 

Berbeda dengan yoghurt yang disajikan di Resto Yoghurt Cisangkuy kendati tidak dibuatdi tempat, justru melewati proses pesanan pabrik susu di Lembang,yang jaraknya tidak jauh dari Bandung. Resto Yughurt Cisangkury ini memang sudah lama menjalin kerjasama dengan pabrik susu di Lembang itu, yang kini kerjasama tersebut kian erat.

Demikianpun Resto Yughurt Cisangkury  tidak hanya menjual yoghurt satu rasa. Melainkan ada tambahan rasa lain dan menu makanan. Seperti yoghurt strawbery, grape yoghurt spesial, dan makanan kentang goreng, serta spesial sosis. Yoghurt dan menu makanan itulah yang menjadi favoriy pengunjung. 

Sebenarnya di Bandung tidak Cuma Resto Yighurt Cisangkury yang menyajikan menu minuman yoghurt semata. Sebaliknya ada resto yoghurt lagi, bahkan termasuk populer, yaitu Bandoengshe Mel Centrale ,dikenal dengan nama singkatan BMC yang berada di Jalan Aceh Nomor 30.

BMC punya sejarah panjang dalam menjual minuman susu. Bermacam macam susu murni berkualitas prima dan minuman lainnya yang dicampur susu tersedia di BMC, yang  memang dikenal pusat susu Bandung. Pada akhir abad ke-19 BMC merupakan tempat orang orang mengumpulkan susu sapi dijual ke pasar. Pendirinya dua orang adalah Louis Hirschland dan Vam Zijl. 

Sekarang ini, BMC menjadi resto susu yang populer di Bandung. Banyak wisatawan yang bertandang ke BMC selain ke Resto Yughurt Cisangkuy. Saat ini juga beraneka ragam  menu yoghurt disajikan di BMC. Misalnya milkshake, yughurt shake, yoghurt cocktail dan minuman susu berbagai rasa.

Selain menu minuman, ada menu kue dan makanan. Tentang menu kue, jelas tidak lepas dari bahan utama susu. Seperti black forest dan tiramisu. Sedang menu makanan tersedia sop buntut, gado-gado, nasi bakar dan makanan Eropa. Seperti macaroni, zapa-zapa dan lasagna.

Resto BMC  menempati bangunan gaya Eropa zaman dulu, dan suasananya menjadi teduh, sehingga  membikin pengunjung merasa betah menikmati minuman yoghurt dan makanan, sembari santai ria. Lokasi BMC strategis, berdekatan dengan Taman Balai Kota Bandung. Begitu juga Resto Yoghurt Cisangkuy yang sangat dekat dengan komplek taman Gedung Sate. 

Jadi apa yang akan Anda katakan mengenai minuman yoghurt ? Jawabannya tidak lain (dan harap diingat) ialah : BMC, Resto Yoghurt Cisangkuy, Cimoray dan Eyocity. Selamat menyeruput yoghurt, yang asyik sekali dan penuh dengan kesegaran (Syamsudin Noer Moenadi, jurnalis, pemerhati dan penikmat kuliner)

About ibra

Check Also

Aksi berani anak-anak di Taro Rangers Camp. Foto: ist.

Taro Rangers Camp 2016, Dukung Pembentukan Karakter Anak Indonesia

Jakarta, channelsatu.com: Melanjutkan kesuksesan Taro Rangers Camp 2015 dan merepon antusiasme yang muncul, Taro Rangers …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *