Jumat , 22 Oktober 2021
Home / Hot News / Nasional / PENTAS 25 INSTRUMEN KOLINTANG DI GEDUNG KESENIAN JAKARTA

PENTAS 25 INSTRUMEN KOLINTANG DI GEDUNG KESENIAN JAKARTA

Jakarta, channelsatu.com: Berangkat dari kesadaran bahwa merawat kebudayaan Indonesia sangat perlu dan penting, juga menyangkut masalah pelestarian, maka Sanggar Bopantar yang didirikan Bebby Sumanti, 7 Februari 2002, pentas kolintang di Gedung Kesenian Jakarta, 24 Agustus 2013.
Pementasan yang bertajuk Kolintang Inspirasi Indonesia menampilkan teori dan teknis dari Fanny Lesar, kolintang Technical Expert For Iso 2009. Fanny Lesar adalah pelestari kolintang yang akhir hayatnya berdedikasi pada penyelesaian 25 alat musik tradisional Minahasa ini dengan fungsi serta bunyi yang berbeda. Inilah pegelaran bertajuk Kolintang Inspirasi Indonesia dengan  mengetengahkan 25 instrumen yang diramu dalam sebuah orkestra.

Pementasan dikemas dalam bentuk drama musikal, yang mengambil beberapa bagian dari layar lebar Kolintang Never Day. Film yang diproduksi Sanggar Bapontar, 2011, mengisahkan putra Minahasa bernama Waraney, dalam memperjuangkan kolintang sampai sanggup dikenal dunia. Sejumlah musisi yang tampil pada pementasan itu, seperti Abdee Negara Slank dan Gideon Tengker.

Seperti diketahui Sanggar Bapontar ini memang berupaya keras melakukan pelestarian kolintang. Namun harap dimaklumi sanggar ini justru bukan dari tanah Minahasa, melainkan dari tanah rantau, Jakarta yang bermarkas di daerah Karet Sawah, Semanggi, Jakarta. Dan apa yang dilakukan Sanggar Bapontar adalah kesadaran baru serupa di Minahasa, juga di daerah lainnya di seluruh dunia tempat di mana orang Minahasa berpijak.

Semuanya demi kesadaran dan menyadari pentingnya merawat kebudayaan Indonesia  yang memiliki 1.128 suku bangsa, 746 bahasa daerah, 3000 tarian adat dan 28 alat musik khas, terlebih lagi adanya klaim kepemilikan karya seni oleh negara serumpun.

Tentu kesadaran tersebut membutuhkan daya tinggi serta kerja keras. Maka jika kesadaran itu diserius dengan niat baik tentu akan berbuah lahirnya ribuan pelestari budaya, setidaknya bertanggungjawab terhadap budaya yang dihidup sehari-hari. Pementasan Kontintang Inspirasi Indonesia itu gratis alias tidak dipunggut bayaran. (snm/media center pip)

About ibra

Check Also

Acara Bela Negara. Foto: ist.

Puisi Bela Negara

Jakarta, channelsatu.com: Ingat, besok adalah Hari Bela Negara. Sekadar mengingatkan, penetapan Hari Bela Negara tanggal …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *