Rabu , 8 Juli 2020
Home / PELUANG / Inspirasi Usaha / Merpati Layani Penerbangan Perintis di Wilayah Maluku

Merpati Layani Penerbangan Perintis di Wilayah Maluku

Jakarta, channelsatu.com: PT Merpati Nusantara Airlines (Persero), memenuhi harapan masyarakat Propinsi Maluku. Mulai Sabtu (4) Mei 2013,  perusahaan penerbangan plat merah ini memulai penerbangan perintisnya, menerbangi berbagai daerah di propinsi Maluku.

Penerbangan ini, Menggunakan pesawat type A/C Casa 212, Merpati akan meningkatkan mobilitas masyarakat Maluku yang akan melakukan kegiatan bisnis maupun kegiatan sosial politik dan budaya dari satu daerah ke daerah lainnya.

“Mulai 4 Mei kami akan melayani masyarakat Maluku yang akan melakukan perjalanan dari berbagai daerah di wilayah Maluku. Merpati akan melayani penerbangan dari Ambon menuju Kisar pulang pergi dengan frekwensi penerbangan sebanyak satu kali seminggu. Dari Ambon pesawat berangkat pukul 09:40 Waktu Indonesia Timur (WIT) tiba atau  mendarat di Kisar pukul 11:40 WIT,” papar  Vice President Corporate Secretary Merpati, Herry Saptanto, kemarin di Jakarta.

Selain melayani penerbangan Ambon – Kisar, Merpati juga melayani penerbangan dari Kisar menuju Saumlaki pulang pergi (PP) sebanyak satu kali dalam satu minggu. Juga penerbangan Langgur – Larat dengan frekwensi penerbangan yang sama, satu kali dalam satu minggu. Sementara penerbangan dari Ambon menuju Namlea, dilayani sebanyak dua kali dalam satu minggu.

“Penerbangan jurusan Kota Ambon menuju Bandaneira pulang pergi dilayani sebanyak 3 kali penerbangan pulang pergi selama satu minggu. Dari Ambon Merpati  berangkat pukul 07:00 WIT dan Tiba di Bandaneira pukul 08:00 WIT. Untuk Hari Senin dari Bandaneira pukul 08:20 WIT penerbangan dilanjutkan menuju Amahai. Tiba di Amahai  diperkirakan pukul 09:20 WIT pagi. Selain itu, Merpati juga melayani penerbangan  dari Kota Ambon yang berangkat pukul 11:40 menuju  Namrole pulang pergi. Tiba di Namrole diperkirakan pukul 12:25 WIT.

Kedua rute penerbangan tersebut dilayani Merpati sebanyak 1 kali dalam satu minggu. Bila permintaannya tinggi, tidak tertutup kemungkinan, bila diijinkan pihak yang berwenang, kami akan tingkatkan frekwensi penerbangannya,” tambah Herry Saptanto.

Dijelaskan  Herry Saptanto, selama tahun 2013 Merpati telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dan Rakyat Indonesia untuk menambah penerbangan perintisnya, di delapan lokasi. Ke delapan lokasi tersebut masing masing, Papua sebanyak 3 daerah yang diterbangi.

Sementara penerbangan perintis di Maluku  sebanyak 2 daerah yakni Langgur dan Bandanaira. Di Wilayah Sulawesi, Merpati tahun ini menambah dua penerbangan perintis melayani dua daerah masing masing Toli toli dan Mamuju.

“Tambahan penerbangan perintis di Papua sudah mulai dilakukan 11 April yang lalu, sementara Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur (NTT)  sudah dimulai pada 20 April 2013. Penerbangan perintis masih dibutuhkan di sejumlah wilayah kepulauan. Penerbangan ini dirasakan sangat membantu warga setempat untuk meningkatkan akses kedaerah luar. Merpati siap meneruskan tradisi bahwa selama ini Penerbangan Perintis identik dengan Merpati Nusantara Airlines,” kata Herry Saptanto.

Ditambahkan  Herry Saptanto, Saat ini Merpati memiliki 32 pesawat. Sementara pesawat yang digunakan untuk penerbangan perintis sebanyak 7 (tujuh) pesawat terdiri dari jenis DHC dan Casa. Sedangkan rute yang dimiliki Merpati tidak kurang dari 100 rute dan 40 kota yang dikunjungi (ibra).

About ibra

Check Also

Ketua Umum Kowani DR.Ir. Dra. Hj. Giwo Rubianto Wiyogo, MPD. Foto: Ibra.

Giwo Bangga Kowani Fair 2018 dihadiri 3 Menteri

Jakarta, channelsatu.com: Kowani Fair 2018, yang dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 24-27 Mei 2018 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *