Minggu , 22 Oktober 2017
Home / PELUANG / Industri Kreatif / Menyoal Makanan Udon Yang digandrungi Kaum Urban Jakarta

Menyoal Makanan Udon Yang digandrungi Kaum Urban Jakarta

 

Salah satu jenis makanan Jepang. Foto: Ilustrasi.
Salah satu jenis makanan Jepang. Foto: Ilustrasi.

Jakarta, channelsatu.com: Pengamatan channelsatu.com setelah melakukan blusukan di Pusat Perbelanjaan alias Mal di pelosok Jakarta bahwa gerai dan restoran makanan asing yang berasal dari Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Thailand, Taiwan, Timur Tengah dan Italia, yang paling unggul serta happy adalah Jepang.

Tentunya ada alasan kenapa publik memilih restoran Jepang didatangi untuk makan siang atau bersantap malam, karena  selain lezat dan nikmat, sebab makanan Jepang sangatlah sehat. Anggap demikian tentulah benar, menginngat  makanan Jepang selalu  menggunakan bahan segar dan alami.

Sesungguhnya hal itu bukanlah rasahasia, namun kelezatan makanan Jepang  terletak pada pemakaian bumbunya. Meski bumbunya  yang digunakan relatif tidak beraneka ragam, tetapi takaran yang pas menjadi salah satu kuncinya. Misalnya makanan Sukiyaki hanya membutuhkan bumbu kecap, gula dan garam.
Atau makanan Salad Soba yang  tidak perlu banyak bumbu, yakni terdiri mo soba, ini khas mi Jepang, selada, minyak sayur garam dan andaliman. Biasanya andaliman  ini untuk membuat sambal khas dalam masakan Batak. Atau makanan Tempura yang terdiri udang, asparagus dan jamur.

Bahan baku tempura itu dilumuri dengan campuran tepung terigu dan telur, lalu digoreng. Sementara minyaknya dicampur dengan minyak wijen. Begitu masak bisa dinikmati dengan mencocolnya pada kecap asin yang telah ditaburi wijen.

Juga makanan Yaki Gyoza, yang di sini mirip Pastel. Yaki Gyoza atau gyoza panggang yang di Jepang merupakan menu pendamping ramen yang di Indonesia disebut mi. Selain dipanggang Yaki Gyoza bisa dikukus dan digoreng.  Bahan utama untuk membuat  makanan tersebut terdiri daging ayam giling yang dicampur kubis, slawi putih dan kucai.

Bahan utama itu lantas dibumbui dengan Japanase shoyu, sesame oil, Japanase sugar, dan Japanase salt. Semua bahan itupun ditaruh di mangkuk untuk diaduk dengan tangan supaya merata. Jika sudah merata ditumpahkan ke kulit gyoza yang terbuat dari tebung, air dan minyak. Kemudian  melipat bagian atasnya.

Memang seperti membuat Pastel. Untuk itu isi tidak bisa terlalu banyak karena akan kulit gyoza mudah koyak. Sebaliknya jangan terlalu sedikit, pasalnya yang akan dominan adalah rasa tepung kulitnya. Proses selanjutnya gyoza dikukus selama 15 menit untuk mematangkan daging. Lantas dipanggang, dan warna pun berubah menjadi cokelat.

Menyantap Yaki Gyoza akan nikmat, apabila diberi saus yang terbuat dari cuka hitam, dicampur sedikit gula, Japanase shoyu dan chili oil buatan sendiri. Betapa makanan Jepang yang mulai dari Sukiyaki, Tempura, Salad dan Yaki Gyoza merupakan makanan tidak beragam, namun takarannya pas.

Sedangkan menyoal makanan Udon yang digandrungi kaum urban Jakarta benar-benar menjadi keniscayaan, setelah menjamur makanan Ramen. Udon masakan yang merakyat di Jepang, terbuat dari tepung terigu atau gandum dan diolah khusus menjadi mi berbentuk seperti pipa dan lebih tebal dibandingkan dengan mi yang biasa kita kenal.

Udon ialah variasi lain (aneka bentuk) mi, yang bahasa Jepang-nya adalah Ramen. Ya, Udon merupakan aneka bentuk mi, baik warna  maupun rasa. Untuk itu Udon bisa dihidangkan dalam kondisi panas dan berkuah atau tanpa kua, bahkan ada yang disajikan secara dingin. Sedangkan menu pendamping Udon ini antara lain : Tempura dan aneka gorengan lain Jepang.
Tidak diingkari, kini menjamur restoran yang menawarkan sajian makanan Udon, setelah kaum urban Jakarta senang dengan Ramen yang bahasa Indonesia-nya adalah Mi. Jika kita runut waktu ke belakang, diyakini bahwa makanan Mi sudah ada sejak  4.000 tahun lalu yag berasal dari  Qinghai, Tiongkok.

Sekarang ini makanan Mi benar-benar menggurita dengan berbagai bentuk maupun variasi, sehingga menciptakan pula bentuk warna, rasa sampai akhirnya pada masalah harga. Nah, semangkok Udon jadinya sedikit lebih mahal ketimbang makanan Mi yang kita kenal.

Pantauan channelsatu.com, restoran yang khusus menawarkan Udon sebagai menu utama yaitu Marugame Udon yang di beberapa Mal , di Jakarta, sudah hadir. Marugame Udon ini yang mengetengahkan konsep terbuka, termasuk dapur, dan self service.

Pembeli yang biasanya ingin melakukan makan siang, memilih menu sendiri,  lalu melihat koki meracik cepat setiap menu  yang dipilih. Pembeli mengetahui udon yang direbusnya, dan menambah berbagai bahan sesuai menu yang dipesan, sampai  pembuatan aneka tempura atau gorengan.

Semua itu, proses tersajinya udon adalah atraksi. Hal itupun menjadi salah satu daya tarik kaum urban Jakarta untuk mendatangi restoran yang menawarkan makanan Udon. Memang tren silih berganti, pada saatnya Ramen alias mi Jepang menjamur, namun ada kalanya dan saat ini adalah Udon yang naik daun alias digandrungi. (Syamsudin Noer Moenadi, Jurnalis, Pemerhati Kuliner dan Redaktur channelsatu.com).

About ibra

Check Also

Pasar Tanah Aabng. Foto: Ilustrasi.

Tumpah Ruah Berburu Busana Lebaran di Tanah Abang Dengan Harga Miring

Jakarta, channelsatu.com: Sepertinya tak ada yang tidak mengetahui tentang Pasar Tanah Abang, Jakarta, yang dulunya …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *